Friday, January 29, 2010

Posting Pertama Obama di Twitter


Presiden Barack Obama terkesan cuek dengan Twitter. Terbukti, meski sudah punya account dengan follower jutaan, ia belum pernah memposting pesan. Namun akhirnya, presiden Amerika Serikat ini mengirim tweet pertamanya.

Tweet pertama sang presiden berdarah Kenya ini, diposting ketika ia mengunjungi kantor pusat American Red Cross di Washington.

Sang presiden sebenarnya memiliki account Twitter di @barackobama. Namun account yang diikuti sekitar 3 juta follower ini dikendalikan oleh pihak ketiga dan Obama tidak pernah menulis pesan di dalamnya.

Ternyata, tweet pertama Obama juga tidak diposting di account tersebut melainkan di halaman Twitter milik palang merah Amerika, @redcross.

"Presiden Obama dan First Lady berada di sini mengunjungi pusat operasi bencana kami" demikian bunyi tweet pertama Obama. Pesan itu memang tak ditulis oleh sang presiden, tapi oleh staff palang merah. Akan tetapi yang mempostingnya ke Twitter adalah Obama, dengan menekan tombol update.

Hal itu dikonfirmasi dalam pesan berikutnya. "Presiden Obama menekan tombol pada tweet sebelumnya. Itu adalah tweet-nya yang pertama!" Barangkali postingan pertama ini akan membuat Obama terpicu mengutak-atik Twitter.

Mungkin sekian info kali ini. Karena saya agak sibuk, jadi saya hanya mengambil artikel ini dari detik.com.

Tuesday, January 26, 2010

Dollar Pertama Dari Perfect Money


Sedikit ringkasan, Perfect Money atau yang sering di kenal dengan PM adalah salah satu situs pembayaran. Ya mirip seperti paypal gitu.
Berbeda dengan paypal yang sudah berdiri sejak beberapa tahun yang lalu, perfect money masih bisa dibilang baru di dunia situs pembayaran.

Oleh karena itu, PM membuat program paid to put logo. Artinya kita (blogger) akan dibayar untuk menaruh banner PM perbulannya. Dengan begitu diharapkan Perfect Money bisa dikenal banyak orang dan tentu saja akan bersaing dengan paypal.

Silahkan anda baca di postingan saya sebelumnya tentang Perfect Money, jika anda ingin mengetahui lebih.
Nah, sebenarnya banner PM sudah lebih dari 3 bulan menempel di sidebar blogputra.com, namun bulan ini adalah gaji pertama saya. Lho ? jadi yang kemaren kemaren gimana ?

Jawabannya adalah karena kesalahan saya sendir. Hehe. Begini, sewaktu saya daftar pertama kali ke Perfect Money, dan sekaligus mendaftarkan blogputra.com untuk ikut program paid to put logo. Salahnya, saya memasang banner PM sebelum blogputra di approve (diterima) sama PM-nya. Jadi selama 2 bulan berturut turut akun saya di PM nggak terisi 1 dollar pun.

Kemudian saya coba untuk mendaftarkan kembali blogputra.com dan ALhamdulillah, diterima. Setelah itu banner langsung saya pasang di blog ini. Dan huhui, inilah dollar pertama saya dari Perfect Money.















Saya mendapatkan 30$. Sesuai dengan peraturan yang mereka buat. Yaitu besar pembayaran tergantung pada PR dari blog. 10 x PR blog. Jadi, karena blogputra ber PR 3, maka mendapatkan 30$ per bulannya.
Mudah mudahan akan terus dibayar setiap bulannya. Aamiin. Lumayan kan buat jajan di scul. Hehe.

Sekian posting singkat kali ini. Mudah mudahan pengalaman saya ini bisa bermanfaat jika anda memiliki masalah yang sama. Go blogger !

Sunday, January 24, 2010

BV Terlambat Membayar


BV atau Blogsvertise adalah sebuah broker yang membayar seorang publiser seperti saya untuk menulis review dari client mereka. Jika anda ingin mengetahui labih lanjut tentang BV, silahkan anda baca postingan saya sebelumnya di Blogsvertise.

Nah, ceritanya begini. Pada tanggal 14 bulan 12 tahun 2009 saya mendapat job dari BV yang bernilai 10 $. Kemudian saya kerjakan di tanggal 17. Nah, seharusnya saya mendapat bayaran di tanggal 16 bulan januari 2010. Ini screenshotnya :












Hah, saya tunggu tunggu kok nggak ada kiriman. Setelah seminggu nggak dikirim, akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi langsung ke admin nya melalui menu contact. Saya protes kepada adminnya bahwa saya nggak dibayar bayar. Padahal waktunya sudah lewat seminggu. Tapi tentunya dengan bahasa inggris yang sopan.

Akhirnya BV membayar saya hari ini. Thanks BV. Dan jangan telat lagi ya bayarnya. Satu hal yang bisa saya ambil dari pengalaman ini yaitu

Jangan sungkan untuk menghubungi admin BV jika anda nggak dibayar bayar


Mungkin sekian dulu posting kali ini. Semoga berguna bagi yang dollarnya belum di bayar oleh BV. Salam blogger.

Thursday, January 21, 2010

Tips Menghindari Pembobolan Nasabah Bank


Kali ini saya agak sedikit sok tahu nih. Tapi mungkin tips ini ada benernya juga sih. Hehe.
OK, kali ini saya akan kasih sedikit tips untuk menghindari pembobolan nasabah bank yang lagi marak terjadi di tanah air kita ini. OK, berikut tips tips nya.

1. Apabila anda akan melakukan transaksi melalui mesin ATM, pastikan anda menggunakan mesin ATM yang benar benar aman (safety). Misalkan terdapat satpam, ruangan tertutup rapat, sehingga kemungkinan orang lain mengintip kecil.

2. Setelah anda mencabut kembali kartu ATM anda (transaksi sudah selesai), usahakan anda memasukkan kartu ATM anda kembali dan kemudian login dengan PIN yang salah (bukan PIN asli).

3. Sering sering ganti PIN anda. Usahakan setiap melakukan transaksi atau sekedar login. Tapi jangan sampai lupa. Kalau lupa ya ...

Mungkin ini aja ya. saya harap sobat semua bisa menambahkan agar postingan ini menjadi lebih sempurna.

Sunday, January 17, 2010

Best Google Logo Doodle Montage Ever


Halo sobat, gimana kabarnya hari ini ? Mudah mudahan tetap sehat. Aamiin.
Karena hari ini lagi nggak ada ide posting, jadi saya hanya akan memberikan video yang saya ambil dari youtube, yang berjudul "Very Best Google Logo Doodle Montage Ever". Video ini berisi kumpulan gambar logo google di hari spesial. Jadi untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat sendiri ya.


Thursday, January 14, 2010

Cara Menyembunyikan Folder Di Windows


Halo, posting lagi nih. Mumpung nggak sibuk. Hehe. OK, kali ini saya akan share sedikit trik komputer (windows).
Yaitu cara menyembunyikan folder. Maksud saya membuat folder menjadi "hidden". Tapi hidden disini beratribut protected by system (diproteksi oleh sistem).
Jadi meskipun mengaktifkan "show hidden file" di folder option, folder yang kita sembunyikan tidak akan muncul.


Ok, mungkin nggak sudah banyak pengantar, langsung saja saya contohkan ya.
Kali ini saya akan menyembunyikan sebuah folder bernama "doc" di dalam flash disk saya.
Pertama buka cmd, tekan start, run, dan ketikkan "cmd" tanpa tanda petik.

OK, yang harus kita lakukan adalah masuk ke drive tempat folder yang akan kita sembunyikan. Karena flash disk saya berada di drive E, maka saya akan ketikkan :E













[klik gambar untuk memperbesar]
Sekarang saya sudah memasuki flash disk, kemudian langkah terakhir adalah membuat folder "doc" tadi menjadi folder yang diproteksi oleh sistem, dengan cara mengetikkan attrib +s +h nama_folder.













Selesai. Sekarang folder "doc" di flash disk saya sudah hilang (disembunyikan).
Oya, satu hal yang harus anda ketahui, bahwa folder ini masih bisa dilihat dengan mengaktifkan "show hide protected operating system files" di folder options (tetapi hal ini jarang dilakukan karena berbahaya).

Untuk mengembalikan folder tadi ke keadaan semula, kita hanya perlu mengganti perintah tadi menjadi attrib -s -h nama_folder. Maka folder akan dimunculkan kembali seperti semula.

Sekian posting singkat kali ini. Semoga bermanfaat.

Tuesday, January 12, 2010

Blog Penghina ISLAM


Kali ini saya akan memberikan kabar buruk bagi sobat blogger muslim sekalian. Telah terpublikasi blog dengan alamat http://beritamuslim.wordpress.com. Blog ini
telah mempermainkan Agama ISLAM dengan menghina umat muslim, kitab suci Al-Quran, Nabi besar Muhammad saw, sampai Allah SWt pun dia hina habis habisan.
Dan yang bikin kesal lagi adalah pemilik blog ini mengajak umat muslim untuk sadar (meniggalkan ISLAM) dalam artian "murtad".

Saya tidak begitu mengetahui pasti mengapa orang yang punya blog ini bergitu membenci ISLAM. Ya kalau benci sih nggak papa, tapi kalau mempengaruhi orang lain itu yang membuat tangan saya geram.

Seperti yang saya pernah baca salah satu postingan blog ini, yang berjudul "Islam adalah agama yang paling benar, mana buktinya ?". (Silahkan anda kunjungi situs sialan ini di http://beritamuslim.wordpress.com. Tapi ingat jangan percaya apapun yang dikatakannya).
Wah ,, postingan itu membuat tangan saya gatal untuk memberikan komentar (caci maki) namun apa boleh buat, yang komentar harus daftar dan login.

Untuk itu saya mengajak sobat muslim sekalian (yang menggunakan mesin wordprees) untuk ikut MEMUSNAHKAN situs ini dengan cara :

1. Silahkan masuk ke http://wordpress.com/report-spam/
2. Masukkan email anda pada kolom your email
3. Masukkan http://beritamuslim.wordpress.com pada kolom blog url
4. Masukkan alasan anda pada kolom "Why". (Tulis alasan dalam bahasa Inggris. Atau tulis "Content is obscene and defamation cause religious and racial hatred".

Saya harap dengan usaha yang telah kita lakukan ini, blog penghina ISLAM ini akan segera banned. Aamiin. Dan saya ucapkan terima kasih kepada OM Ihsan yang sudah memberikan kabar ini. Salam blogger.

Sunday, January 10, 2010

Mengedit Opera Mini (kecil kecilan)


Lho, kok kecil kecilan ???
Iya. Karena saya bukan seorang programer dan kali ini saya hanya akan sharing tentang gimana cara merubah nama dan icon Opera Mini (tanpa efek lain).
Ok, tak usah basa basi lagi.

Disini saya akan merubah nama dan icon Opera Mini Mod v3.11.
Pertama, extract dulu file Opera mini.jar nya. (klik kanan, pilih exctract here)



















Agar tidak membingungkan, sebaiknya anda menghapus file Opera Mini.jar yang sudah kita extract tadi.
Nah, anda akan melihat sebuah folder, beberapa file class, dan juga file image.
Untuk merubah nama "Opera Mini", yang harus kita lakukan adalah, mengedit file bernama "MANIFEST" yang berada dalam folder META-INF.

Buka file MANIFEST tadi dengan notepad.
Maka akan terlihat isi file tadi seperti ini.














Ganti semua nama "Opera Mini" dengan sesuka anda.
Saya akan mencontohkan menggganti "Opera Mini mod" dengan "Opera Putra".
Maka akan menjadi seperti ini :














Saya sarankan untuk tidak merubah yang lain, karena akan memperngaruhi kinerja Opera Mini.
OK, setelah nama Opera Mini anda rubah, silahkan save (CTRL + S).

Nama sudah terganti, sekarang saya akan merubah icon tampilan dari Opera Mini ini.
Secara default, icon Opera Mini mod 3.11 adalah seperti ini :


















Jika anda ingin merubah icon ini, yang harus anda lakukan adalah mengganti iconnya dengan gambar lain. Saya akan contohkan dengan merubahnya dengan gambar ini :




Perhatikan nama file icon Opera Mini tadi. Namanya adalah "i". Jadi anda juga harus mengganti
file gambar tadi dengan nama "i".

Maka akan menjadi seperti ini :

















Nah, sampai disini, berarti kita sudah selesai mengedit nama dan icon Opera Mini.
Selanjutnya adalah membuat semua file file tadi menjadi bentuk jar kembali.
Caranya, block semua file > klik kanan > add to archive.

















Pada Archive format, pilih "ZIP" dan Archive name ganti "zip" dengan "jar".
Selasai.

File installer Opera Putra telah jadi dan siap dikirim ke HP.
Setelah saya kirim ke HP saya, dan kemudian saya install, tampilan Opera Mini tadi akan menjadi seperti ini :




















Sekian trik sederhana kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Catatan : Segala kemungkinan yang terjadi adalah tanggung jawab anda sendiri.

Saturday, January 9, 2010

Download KGB Keylogger



Halo sobat blogger. Apa kabar ? Semoga masih semangat seperti saya. Setelah kemaren saya memberikan review dan juga link donwload invisible browsing, rasanya saya ingin kembali mereview software yang sangat saya sukai. Namanya KGB Spy.
Ini adalah salah satu dari sekian banyaknya keylogger.
Sudah tahu kan, apa itu keylogger. Keylogger adalah software yang digunakan untuk merekam semua ketikan keyboard.

Kali ini saya hanya akan membahas tentang keylogger yang bernama KGB Spy. Karena saya belum pernah
menggunakan software keylogger yang lain. Hehe. Ok, untuk lebih jelas, saya akan memberikan contoh.


Pertama saya akan menjalankan KGB Spy dengan mengklik tombol start. Kemudian saya close. Perlu diketahui, walaupun sudah saya close, tetapi keylogger ini sama sekali tidak ada di taskbar. Jadi, sulit untuk mengetahui keberadaan keylogger ini.
















[silahkan clik gambar untuk memperbesar]
Kemudian saya mengetikkan sebuah kalimat di notepad.














Kemudian saya buka keylogger KGB Spy dengan mengetikkan shortcut (default) CTRL + Alt + Shift + K.

















Nampak KGB Spy berhasil merekam ketikan saya.

Sebenarnya, keylogger KGB Spy tidak hanya bisa merekam ketikan keyboard, tapi karena terlalu panjang, jadi saya hanya mencontohkan ketikan keyboardnya saja.
Bila kita setting lebih lanjut, software ini bahkan bisa merekam aktifitas layar
(screenshot), applikasi yang dijalankan dan yang paling hebat adalah software ini bahkan bisa
mengirimkan file rekaman tadi ke email kita secara otomatis.

Software ini baik digunakan oleh para orang tua yang tidak bisa mengawasi langsung sang anak yang suka bermain internet.
Ok. Saya kira cukup, dan bagi anda yang ingin mendownload KGB Spy, silahkan klik link di bawah ini.

Download KGB keylogger

Semoga Bermanfaat.

Friday, January 8, 2010

Download Invisible Browsing v5.0


Sudah tahu kan apa itu invisilbe browsing ..
OK Ok .. sebelumnya saya akan jelaskan sedikit tentang invisible browsing. Sesuai namanya, invisible browsing adalah
sebuah software yang digunakan khusus untuk merubah IP komputer. Nah, trus untuk apa merubah IP komputer ??
Banyak keuntungan yang bisa kita dapat jika kita bisa merubah IP komputer kita, diantaranya :

1. Download di rapidshare berulang ulang kali.
Kita tahu bahwa Rapidshare menggunakan sistem IP untuk membatasi akses download untuk kita yang menggunakan free akun.
Biasanya kita diperbolehkan hanya sekali download saja, jika kita ingin mendownload file lagi, maka akan muncul notifikasi bahwa IP komputer kita sudah pernah download. Dan kita disuruh beli akun premium untuk bisa download lebih.
Nah, dengan merubah IP komputer kita, maka sudah bisa ditebak bukan ? Yap, kita bisa download sepuasnya tanpa harus membeli akun premium rapidsahre (download berulang kali). Jahatnya ...

2. Mengklik iklan sepuasnya.
Nah, ini yang biasa digunakan para pemburu dollar yang memasang iklan di blog/ situs mereka. Iklan juga menggunakan sistem IP untuk menghindari kecurangan.
Jika anda mengklik berulang ulang kali iklan yang anda pasang di blog anda sendiri, maka
saya yakin akun anda akan banned. Kenapa ?? Sama seperti kasus rapidshare tadi. Anda menggunakan IP yang sama untuk mengklik iklan anda.
Dan pihak broker (penyedia iklan) yang anda ikuti akan mengetahui hal itu, dan itu adalah sebuah pelanggaran. Mereka akan membanned akun anda dengan alasan anda telah mengklik iklan anda sendiri.
Disinilah invisible browsing berfungsi. Yang anda harus lakukan adalah mengklik iklan anda dengan IP yang berbeda beda. Dengan begitu pihak broker mengira yang mengklik iklan anda adalah pengunjung lain.

Sebenarnya ada banyak keuntungan menggunakan software ini, tapi saya kira cukup, sisanya silahkan anda cari sendiri. Dan sebenarnya Invisible Browsing sekarang sudah menerbitkan software ini dengan versi 7.xxxx (lebih baru).
Tetapi saya sarankan untuk menggunakan yang versi 5.0. Kenapa ? Karena pengalaman saya, invisible browsing v5.0 ini lebih mudah digunakan dibanding yang versi terbarunya. Tetapi jika anda ingin mencoba versi terbarunya, silahakan anda kunjungi situs resminya di http://www.amplusnet.com.

Untuk mendownload invisible browsing v5.0, silahkan anda klik link dibawah ini :

Download invisible browsing 5.0

Selamat mencoba.

Catatan :
Ini hanya sekedar ilmu. Keputusan ada di tangan anda dan saya tidak bertanggung jawab atas segala kemungkinan yang terjadi.

Thursday, January 7, 2010

Chat Room

Live Chat

Halo, selamat datang di blogputra. Kali ini saya mencoba membuat chat room yang bisa digunakan untuk umum. Saya harap laman ini berguna bagi anda yang ingin chat langsung bersama saya dan juga pengunjung yang lain.

Cara penggunaan :

1. Klik "edit nickname" di bagian bawah untuk mengedit nama anda.
2. Klik "Type here" untuk menulis pesan anda.


Wednesday, January 6, 2010

Web 2.0 Suicide Macine, Mesin Bunuh Diri Otomatis


Ini bukan mesin untuk membunuh manusia lho ya ...
Kali ini saya akan mereview sebuah situs yang sangat menarik (menurut saya).
Sesuai namanya, situs ini bisa membunuh akun anda. Wow !!! Ganaz.
Nampak jelas ketika kita membuka halaman utama situs ini [silahkan buka alamatnya di http://suicidemachine.org/], kita disuguhi dengan beberapa selogan, diantaranya :

Wanna meet your real neighbours again?

Open, Smart and 100% satisfaction guaranteed!

You want your actual life back?

Sign out forever!

Make the switch to web2.0 free life

Stop Self-Procrastination!

Jika diartikan (dengan google translate) maka artinya akan seperti ini :

Anda ingin bertemu dengan teman (nyata) anda lagi?

Telah dibuka, pintar dan 100% garansi !

Anda ingin kehidupan nyata kembali ?


Sign out selamanya !


Beralih ke hidup bebas
Jangan ditunda !


Prinsip mereka memang mengajak orang lain untuk tidak mengikuti situs situs jejaring sosial untuk mencari teman. Dan seharusnya mereka bisa langsung mencari teman yang nyata, bukan di dunia maya. Untuk itu mereka membuat situs yang ditujukan untuk mempermudah kita untuk menghapus akun di situs jejaring sosial dengan cara bunuh diri.

Dengan menggunakan jasa situs ini, akun anda akan secara otomatis terhapus dari server untuk selamanya. Walaupun sebenarnya kita juga bisa menghapus akun kita sendiri seperti yang sudah disediakan oleh facebook. Namun mereka bilang cara ini lebih efektif.

Beberapa situs jejaring sosial yang akunnya sudah bisa dihapus oleh Web 2.0 Suicide Macine diantarnya facebook, twitter, linkedin, dan myspace. So bagi anda yang telah menjadi member situs tersebut dan anda ingin mencoba menghapus akun anda, silahkan coba dengan Web 2.0 Suicide Macine.

Sekian review situs kali ini. Semoga bermanfaat.

Tuesday, January 5, 2010

ShopWiki UK Gift Buying Guides


OK. Now I will description about ShopWIki again. If the last my posting for ShopWiki about ShopWiki.com, now I will description about ShopWiki.co.uk. Just little information. If the shopwiki.com, the place is in the America, and the Shopwiki.co.uk is the online shop in UK (England). ShopWiki is the big online store that you can find in internet. You can find anything in there, housewiferys, gifts toys, games, and many more. ShopWiki give you one of the most popular type, that is gift. You can find the guides in there, ShopWiki UK gift buying guides.

There is some guides for you.
1. Gifts for women.
This guides is the best for your couple (women).

2. Party Gifts.
Nice for you who have an invitation of the party.

3. Halloween Gifts.
Macth to give something gift in halloween day's.

Actually ,, there is many guides in ShopWIki.co.uk. But I think thats too much. So I just can show you 3 guides. You can read the complete guides in ShopWiki.co.uk. And if you want to read 3 of them, just click the tittle (link) you will direct to the site.
Ok. I think enough. Thanks for read my post.

Monday, January 4, 2010

Backlinkwatch Error


Nah, saat ini saya nggak bisa buka situs pengecek jumlah backlink, backlinkwatch . Nggak tau kenapa saat saya coba buka halamannya, malah jadi seperti di samping ini ... [silahkan klik gambar untuk memperbesar]

DNS lookup error !! Itulah yang muncul. Apa mungkin ini adalah akhir dari situs pengecek backlink ini ??? Karena mungkin nggak bayar tagihan domain dan hosting ?? Wah ,, kalau itu kayanya nggak mungkin.

Ada yang tau apa sebenarnya yang terjadi pada backlinkwatch.com ??? Silahkan share ya ...
Buat admin backlinkwatch.com, segera baikin situsnya ya ... Saya doakan semoga cepat baik kembali ya. Aamiin

Sunday, January 3, 2010

Mengganti Warna Background Blog


Wah, sepertinya sudah lama sekali saya tidak menulis tentang tutorial blogging ya.
Ok, sekarang saya tidak akan basa basi lagi. Kali ini saya akan kasih tutor cara mengganti warna dasar (background) blog.
Simple sekali.

1. Masuk ke Blogger (daskboard)

2. Klik tata letak

3. Edit HTML

4. Nah, sekarang coba cari kode ini ...

body {

Lengkapnya seperti ini ...

body {
background:#ffffff;
margin:0;
padding:40px 20px;
font:x-small Georgia,Serif;
text-align:center;
color:#333;
font-size/* */:/**/small;
font-size: /**/small;
}

Gimana ?? Dapat ??
Untuk mengganti warna background blog, kita hanya perlu mengganti kode background yang berwarna merah itu.
Sebagai contoh, saya merubah warna putih (ffffff) tadi menjadi hitam (000000). Maka akan menjadi seperti ini.


body {
background:#000000;
margin:0;
padding:40px 20px;
font:x-small Georgia,Serif;
text-align:center;
color:#333;
font-size/* */:/**/small;
font-size: /**/small;
}

Gantilah sesuai selera. Kode warna bisa anda dapat di dalam applikasi photoshop.

Saturday, January 2, 2010

Biografi Gus Dur


Jakarta, 30/12/2009 (Kominfo–Newsroom) – Mantan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid, akrab dipanggil Gus Dur (lahir di Jombang, Jawa Timur, 7 September 1940, dan meninggal di Jakarta, 30 Desember 2009 pada umur 69 tahun).

Ia adalah tokoh kiai muslim Indonesia dan pemimpin politik yang menjadi Presiden Indonesia yang keempat dari tahun 1999 hingga 2001. Ia menggantikan Presiden BJ Habibie setelah dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) hasil Pemilu 1999.

Penyelenggaraan pemerintahannya dibantu Kabinet Persatuan Nasional. Masa kepresidenan Abdurrahman Wahid dimulai 20 Oktober 1999 dan berakhir setelah diturunkan melalui Sidang Istimewa MPR pada tahun 2001.

Tepat 23 Juli 2001, kepemimpinannya digantikan oleh Megawati Soekarnoputri setelah mandatnya dicabut oleh MPR.
Abdurrahman Wahid adalah mantan ketua Tanfidziyah (badan eksekutif) PB Nahdlatul Ulama dan pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Gus Dur lahir pada hari ke-4 dan bulan ke-8 kalender Islam tahun 1940 di Desa Denanyar, Jombang, Jawa Timur dari pasangan Wahid Hasyim dan Solichah.
Terdapat kepercayaan bahwa ia lahir tanggal 4 Agustus, namun kalender yang digunakan untuk menandai hari kelahirannya adalah kalender Islam yang berarti ia lahir pada 4 Sya'ban, sama dengan 7 September 1940.

Ia lahir dengan nama Abdurrahman Addakhil. "Addakhil" berarti "Sang Penakluk". Kata "Addakhil" tidak cukup dikenal, dan diganti nama "Wahid", dan kemudian lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur.
"Gus" adalah panggilan kehormatan khas pesantren kepada seorang anak kiai yang berarti "abang" atau "mas".

Gus Dur adalah putra pertama dari enam bersaudara. Wahid lahir dari keluarga yang sangat terhormat dalam komunitas muslim Jawa Timur. Kakek dari ayahnya adalah KH Hasyim Asyari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU), sedangkan kakek dari pihak ibu, KH Bisri Syansuri adalah pengajar pesantren pertama yang mengajarkan kelas pada perempuan.
Ayah Gus Dur, yaitu KH Wahid Hasyim, terlibat dalam gerakan nasionalis dan menjadi Menteri Agama pada tahun 1949. Ibunya, Ny Hj. Sholehah adalah putri pendiri Pondok Pesantren Denanyar Jombang.

Gus Dur secara terbuka pernah menyatakan bahwa ia memiliki darah Tionghoa. Ia mengaku keturunan dari Tan Kim Han yang menikah dengan Tan A Lok, saudara kandung Raden Patah (Tan Eng Hwa), pendiri Kesultanan Demak.
Tan A Lok dan Tan Eng Hwa ini merupakan anak dari Putri Campa, putri Tiongkok yang merupakan selir Raden Brawijaya V.
Tan Kim Han sendiri kemudian berdasarkan penelitian seorang peneliti Perancis, Louis-Charles Damais, diidentifikasikan sebagai Syekh Abdul Qodir Al-Shini yang makamnya ditemukan di daerah Trowulan, Jatim.

Pada tahun 1944, Wahid pindah dari Jombang ke Jakarta, tempat ayahnya terpilih menjadi Ketua I Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi), sebuah organisasi yang berdiri dengan dukungan tentara Jepang yang saat itu menduduki Indonesia.
Setelah deklarasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, Gus Dur kembali ke Jombang dan tetap berada di sana selama perang kemerdekaan Indonesia melawan Belanda.
Pada akhir tahun 1949, Wahid pindah ke Jakarta, dan ayahnya ditunjuk menjadi Menteri Agama. Abdurrahman Wahid belajar di Jakarta, masuk ke SD KRIS sebelum pindah ke SD Matraman Perwari. Wahid juga diajarkan membaca buku non-Muslim, majalah, dan koran oleh ayahnya untuk memperluas pengetahuannya.
Gus Dur terus tinggal di Jakarta dengan keluarganya meskipun ayahnya sudah tidak menjadi menteri agama pada tahun 1952. Pada April 1953, ayah Wahid meninggal dunia akibat kecelakaan mobil.

Pendidikan Wahid berlanjut dan pada tahun 1954, ia masuk ke Sekolah Menengah Pertama. Pada tahun itu, ia tidak naik kelas. Ibunya lalu mengirim Gus Dur ke Yogyakarta untuk meneruskan pendidikannya. Pada tahun 1957, setelah lulus dari SMP, Wahid pindah ke Magelang untuk memulai Pendidikan Muslim di Pesantren Tegalrejo. Ia mengembangkan reputasi sebagai murid berbakat, menyelesaikan pendidikan pesantren dalam waktu dua tahun (seharusnya empat tahun). Pada tahun 1959, Wahid pindah ke Pesantren Tambakberas di Jombang. Di sana, sementara melanjutkan pendidikannya sendiri, Abdurrahman Wahid juga menerima pekerjaan pertamanya sebagai guru dan nantinya sebagai kepala sekolah madrasah. Gus Dur juga dipekerjakan sebagai jurnalis majalah seperti Horizon dan Majalah Budaya Jaya.



Didikan Luar Negeri


Pada tahun 1963, Wahid menerima beasiswa dari Kementerian Agama RI untuk belajar di Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir.
Ia pergi ke Mesir pada November 1963.
Meskipun ia mahir berbahasa Arab, Gus Dur diberitahu oleh universitas bahwa ia harus mengambil kelas remedial sebelum belajar Islam dan bahasa Arab. Karena tidak mampu memberikan bukti bahwa ia memiliki kemampuan bahasa Arab, Wahid terpaksa mengambil kelas remedial.

Abdurrahman Wahid mulai menikmati hidup di Mesir pada tahun 1964, menonton film Eropa dan Amerika, dan juga menonton sepak bola. Wahid juga terlibat dengan Asosiasi Pelajar Indonesia dan menjadi jurnalis majalah asosiasi tersebut.
Pada akhir tahun, ia berhasil lulus kelas remedial Arab-nya. Ketika ia memulai belajarnya dalam Islam dan bahasa Arab tahun 1965, Gus Dur kecewa. Ia telah mempelajari banyak materi yang diberikan dan menolak metode belajar yang digunakan universitas.

Di Mesir, Wahid dipekerjakan di Kedutaan Besar Indonesia. Pada saat ia bekerja, peristiwa Gerakan 30 September 1965 terjadi. Mayor Jenderal Soeharto menangani situasi di Jakarta dan upaya pemberantasan komunis dilakukan.
Sebagai bagian dari upaya tersebut, Kedutaan Besar Indonesia di Mesir diperintahkan untuk melakukan investigasi terhadap pelajar universitas dan memberikan laporan kedudukan politik mereka. Perintah ini diberikan kepada Wahid, yang ditugaskan menulis laporan

Namun ternyata Wahid bisa dikatakan mengalami kegagalan di Mesir. Ia tidak setuju dengan metode pendidikan serta pekerjaannya setelah G 30 S/PKI yang sangat mengganggu dirinya.
Pada tahun 1966 ia diberitahu bahwa ia harus mengulang belajar. Pendidikan prasarjana Gus Dur diselamatkan melalui beasiswa di Universitas Baghdad. Maka Wahid pun kemudian pindah ke Irak dan menikmati lingkungan barunya.
Meskipun ia lalai pada awalnya, Wahid dengan cepat belajar. Ia juga meneruskan keterlibatannya dalam Asosiasi Pelajar Indonesia dan juga menulis majalah asosiasi tersebut.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Baghdad tahun 1970, Gus Dur pergi ke Belanda untuk meneruskan pendidikannya. Wahid ingin belajar di Universitas Leiden, tetapi kecewa karena pendidikannya di Universitas Baghdad kurang diakui. Dari Belanda, Wahid pergi ke Jerman dan Perancis sebelum kembali ke Indonesia tahun 1971.



Karir Awal

Gus Dur kembali ke Jakarta dan mengharapkan ia akan pergi ke luar negeri lagi untuk belajar di Universitas McGill di Kanada. Hal itu membuat dirinya sibuk dengan bergabung ke Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), organisasi yg terdiri dari kaum intelektual muslim progresif dan sosial demokrat.
LP3ES kemudian mendirikan majalah yang disebut Prisma, dan Wahid menjadi salah satu kontributor utama majalah tersebut. Selain bekerja sebagai kontributor LP3ES, Wahid juga berkeliling pesantren dan madrasah di seluruh Jawa.
Pada saat itu, pesantren berusaha keras mendapatkan pendanaan dari pemerintah dengan cara mengadopsi kurikulum pemerintah. Wahid merasa prihatin dengan kondisi itu karena nilai-nilai tradisional pesantren semakin luntur akibat perubahan ini.
Gus Dur juga prihatin dengan kemiskinan pesantren yang ia lihat. Pada waktu yang sama ketika mereka membujuk pesantren mengadopsi kurikulum pemerintah, pemerintah juga membujuk pesantren sebagai agen perubahan dan membantu pemerintah dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Wahid memilih batal belajar luar negeri dan lebih memilih mengembangkan pesantren.

Abdurrahman Wahid kemudian meneruskan karirnya sebagai jurnalis, dan menulis untuk majalah Tempo dan koran Kompas. Artikelnya diterima dengan baik, dan ia mulai mengembangkan reputasinya sebagai komentator sosial.
Dengan popularitas itu, ia mendapatkan banyak undangan untuk memberikan kuliah dan seminar, membuat dia harus pulang-pergi antara Jakarta dan Jombang, tempat Wahid tinggal bersama keluarganya.

Meskipun memiliki karir yang sukses pada saat itu, Gus Dur masih merasa sulit hidup hanya dari satu sumber pencaharian, dan ia bekerja untuk mendapatkan pendapatan tambahan dengan menjual kacang dan mengantarkan es untuk digunakan pada bisnis Es Lilin istrinya.
Pada tahun 1974 Wahid mendapat pekerjaan tambahan di Jombang sebagai guru di Pesantren Tambakberas, dan segera mengembangkan reputasi pribadinya. Satu tahun kemudian, Wahid menambah pekerjaannya dengan menjadi guru Kitab Al Hikam.

Pada tahun 1977, Wahid bergabung ke Universitas Hasyim Asyari sebagai Dekan Fakultas Praktek dan Kepercayaan Islam. Sekali lagi, Wahid mengungguli pekerjaannya dan universitas itu ingin agar Wahid mengajar subyek tambahan seperti pedagogi, syariat Islam dan misiologi.
Namun kelebihannya menimbulkan ketidaksenangan dari sebagian kalangan universitas, dan Wahid mendapat rintangan untuk mengajar subyek-subyek tersebut. Sementara menanggung semua beban tersebut, Wahid juga berpidato selama ramadhan di depan komunitas muslim di Jombang.



Nahdlatul Ulama


Latar belakang keluarga Wahid kemudian segera menjadi berarti. Ia akan diminta untuk memainkan peran aktif dalam menjalankan NU. Permintaan ini berlawanan dengan aspirasi Gus Dur dalam menjadi intelektual publik, dan ia dua kali menolak tawaran bergabung dengan Dewan Penasehat Agama NU.
Namun, Wahid akhirnya bergabung dengan dewan tersebut setelah kakeknya, Bisri Syansuri, memberinya tawaran ketiga. Karena mengambil pekerjaan ini, Wahid juga memilih untuk pindah dari Jombang ke Jakarta dan menetap di Ibu Kota. Sebagai anggota Dewan Penasehat Agama, Wahid memimpin dirinya sebagai reforman NU.

Pada saat ituGus Dur juga mendapat pengalaman politik pertamanya. Pada pemilihan umum legislatif 1982, Wahid berkampanye untuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP), sebuah partai Islam yang dibentuk sebagai hasil gabungan empat partai Islam, termasuk NU.
Wahid menyebut bahwa pemerintah mengganggu kampanye PPP dengan menangkap orang seperti dirinya. Namun, Wahid selalu berhasil lepas karena memiliki hubungan dengan orang penting, di antaranya adalah Jenderal Benny Moerdani.



Pemilu 1999 dan SU MPR


Pada Juni 1999, PKB ikut serta dalam arena pemilu legislatif. PKB memenangi 12 persen suara, sedangkan PDI-P menang dengan raihan 33 persen suara.
Dengan kemenangan partainya, Megawati memperkirakan akan memenangkan pemilihan presiden pada SU MPR. Namun PDI-P tidak memiliki mayoritas penuh, sehingga membentuk aliansi dengan PKB.
Pada Juli, Amien Rais membentuk Poros Tengah, berisi koalisi partai-partai Islam. Poros Tengah kemudian mulai menominasikan Gus Dur sebagai kandidat ketiga pada pemilihan presiden, dan komitmen PKB terhadap PDI-P mulai berubah.

Pada 7 Oktober 1999, Amien dan Poros Tengah secara resmi menyatakan Abdurrahman Wahid sebagai calon presiden. Pada 19 Oktober 1999, MPR menolak pidato pertanggungjawaban Habibie, dan Habibie harus mundur dari pemilihan presiden.
Beberapa saat kemudian Akbar Tanjung, Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua DPR menyatakan bahwa Golkar akan mendukung Gus Dur. Pada 20 Oktober 1999, MPR kembali berkumpul dan mulai memilih presiden baru. Abdurrahman Wahid kemudian terpilih sebagai Presiden Indonesia ke-4 dengan 373 suara, sedangkan Megawati hanya meraih 313 suara.

Tidak senang karena calon mereka gagal memenangkan pemilihan, pendukung Megawati mengamuk, dan Gus Dur menyadari bahwa Megawati harus terpilih sebagai wakil presiden.
Setelah meyakinkan Jenderal Wiranto untuk tidak ikut serta dalam pemilihan wakil presiden dan membuat PKB mendukung Megawati, Gus Dur pun berhasil meyakinkan Megawati untuk ikut serta.
Pada 21 Oktober 1999 Megawati ikut dalam pemilihan wakil presiden dan mengalahkan Hamzah Haz dari PPP.

Sumber : http://www.bipnewsroom.info/index.php?&newsid=58420&_link=loadnews.php

Friday, January 1, 2010

Tahun Baru, Goolge Update


Rupanya, di tahun baru Google juga nggak mau ketinggalan mengadakan pesta. Ya. Google telah mengupdate pagerank.
Tapi sayang blogputra nggak ada perubahan. Tetap di angka 3. Tapi nggak papa lah. Yang penting nggak turun aja saya sudah bersyukur. Karena saya memang sudah takut digebuk google gara gara saya ikut program paid review. Eh, Si google nggak ngerubah pagerank saya. Terima kasih Goolge.
Selain itu juga Google merayakan tahun baru dengan mengganti logo kesayangannya dengan logo tahun baru 2010. Makin keren aja google.

Oya, gimana nih, apakah blog sobat naik pagerank semua ??
Bagi pengalamannya ya ...