Tuesday, December 16, 2014

Mematikan HP di Pesawat?

Gambar: http://ichef.bbci.co.uk/wwfeatures/624_351/images/live/p0/1b/00/p01b0074.jpg
Survey menunjukkan bahwa 4 dari 10 penumpang udara di Amerika Serikat mengaku tidak mematikan gadget mereka saat berada didalam pesawat. Bahkan seorang aktor Alec Baldwin pernah marah ketika terpaksa diturunkan dari pesawat sebelum take off karena ia menolak menonaktifkan gadgetnya dan terus bermain game online didalam pesawat.

Menurut peraturan yang cuku seragam di dunia, penggunaan perangkat elektronik tidak diperbolehkan dibawah ketinggian 3000 m (10.000 kaki), bahkan dalam mode “airplane mode” sekalipun.  Pada ketinggian lebih dari 3000 m perangkat lain seperti laptop dan pemutar music masih masih dapat digunakan, tetapi ponsel harus tetap off. Kita diberitahu bahwa aturan ini sangat penting untuk menghindari potensi gangguan signal didalam pesawat. Tapi apakah aturan ini punya dasar ilmiah yang jelas?

Hal yang ditakutkan adalah ketika gadget terhubung dengan internet atau jaringan telepon menggunakan gelombang radio. Peter Ladkin, professor Computer Networks, dari Universitas Bielefeld menjelaskan teori ini dengan menganalogikan ketika Anda memegang sebuah pipa obor di dalam ruangan yang menggunakan sistem pemanas otomatis. Sistem pemanas ruangan Anda membuat perubahan berdasarkan pembacaan thermometer. Ketika panas obor terdeteksi, maka sistem pemanas akan secara otomatis mengubah pembacaan suhu dan memicu sistem untuk melakukan penyesuaian.

Sama seperti penggunaan ponsel di dalam pesawat, dimana ada beberapa sensor yang melibatkan instrument kokpit. Tidak hanya ponsel, tapi menyalakan iPod, laptop, dan game konsol juga dapat memancarkan gelombang radio. Jika frekuensinya dekat dengan sistem dalam pesawat, maka bisa mengakibatkan kerusakan signal dalam pesawat. Hal ini mempengaruhi sistem radar, sistem penghindar tabrakan, dan masalah ini akan menjadi lebih besar jika ternyata ada gadget rusak yang digunakan dalam pesawat, yang memancarkan gelombang radio lebih kuat dari yang seharusnya.

Jadi, perintah mematikan HP didalam pesawat itu memang benar, untuk menjamin keamanan kita dalam menggunakan transportasi pesawat.

17 comments:

  1. Kadang-kadang beberapa kelakuan penumpang pesawat ada yang gak mau mematikan hpnya. Mungkin karena hpnya terlalu bagus, mangkanya gak dimatikan. Padahal itu membahayakan semuanya..

    ReplyDelete
  2. Owh begitu ya gan alasannya mematikan HP, saya sering naik pesawat dan matiin HP tapi taunya itu aturan hehe... ternyata berbahaya kalo dinyalain yah...

    Salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  3. Penting banget nie buat para sobat blogger yang suka naik pesawat ya mas, jangan pernah mengabaikan aturan seperti mematikan HP ketika naik pesawat, yang pasti aturan tersebut buat kebaikan semuan penumpang juga... Sepertinya saya baru berkunjung kesini ya mas, sekalian ijin follow blognya kalo gitu biar urusan silaturahmi makin lancar...

    ReplyDelete
  4. wahhh ternyata itu toh alasannya namun pada faktanya masih banyak aja orang yang ngeyel yah :v

    ReplyDelete
  5. Saya sih selalu mematikan hp di pesawat, ngga usah nunggu ditegur pramugari. Sebelumnya ngga tau detail kenapa perlunya dimatikan hp, cuma tau sedikit ada kaitannya dengan gangguan sinyal.
    Ternyata sangat penting untuk keselamatan penerbangan ya.

    ReplyDelete
  6. Banyak yang menganggap remeh soal ini. Padahal bisa membahayakan nyawa sendiri hohohoo

    ReplyDelete
  7. giliran ada kecelakaan pada nyalahin maskapai penerbangan, bisa jadi penyebab kecelakaan karena radar yang keganggu oleh sinyal hp.
    salam kunjungan mas

    ReplyDelete
  8. Melihat perkembangan teknologi suatu saat nanti pasti kita bisa bermain dan menyalakan HP d pesawat

    ReplyDelete
  9. Ohh gitu yah.. nice info mas (y) :) Ini kunjungan perdana hehe, dan dolong difollback mas :D

    ReplyDelete
  10. Herannya, orang lebih sayang matiin hp ketimbang kehilangan nyawa.. Ironis. :(

    ReplyDelete
  11. ternyata tidak diperbolehkan ya walaupun sudah di mode pesawat, saya kira cukup ke mode pesawat aja :D

    ReplyDelete
  12. bahaya juga, sebab kalau pake bisa mengganggu sistem komunikasi. padahal komunikasi itu penting untuk penerbangan untuk mengetahui rute rute dan pesawat pada jalur tertentu. termasuk juga untuk memberikan informasi cuaca pada jalur penerbangan, sehingga pilot dapat mengambil jalan tertentu untuk menghindari badai dan lainnya. ok terima kasih infonya gan.

    ReplyDelete
  13. terima kasih infonya, ternyata gadget harus benar-benar dimatikan ya,, saya kira dulu airplane mode saja sudah cukup :)

    ReplyDelete
  14. itu memang peraturan ya mas, sebab kalau hidup bisa bahaya benarkan?

    ReplyDelete
  15. mas putra makasih udah ninggalin jejak di blog saya , blog mas juga keren saya tertarik banget sama gambar headernya :j: salam kenal juga ya mas , mungkin pesawat-pesawat yang jatuh di indonesia gara2 ponsel ya :i:

    ReplyDelete
  16. boring juga ya di pesawat, nggak bisa mijit2 hp, tapi kan cuma sebentar naik pesawat paling 2 jam ya mas :)

    ReplyDelete
  17. Ow baru tau..dikokpit ternyata bisa terganggu dengan signal hp

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !