Software untuk Belajar Melodi Gitar

Software untuk Belajar Melodi Gitar
Dulu ketika masih sekolah di SMA, saya sebagai anak muda merasa harus memiliki sesuatu untuk ditonjolkan (show off) di depan teman-teman sebaya. Agar bisa dilihat lebih keren dan agar tidak dicap sebagai anak “cupu”. Nah musik ketika itu menjadi pilihan saya untuk “menjadi keren”, gitar tepatnya.

Entah kenapa saya yang awalnya tidak tahu menahu tentang gitar ini malah memililh memulai menggilai gitar. Saya pun belajar dari no ketika itu.

Beberapa kali saya sempat minta teman kelas saya untuk mengajari beberapa teknik dasar gitar pada waktu itu. Namun terbatasnya waktu membuat saya harus belajar otodidak. Saya banyak belajar teknik dasar gitar dari youtube dan forum gitar. Walaupun harus saya baca praktikkan berulang-ulang kali sampai benar-benar memahaminya.

Lambat laun saya mulai menguasai teknik dasar. Cukup untuk memainkan rithm lagu-lagu mellow. Namun hal itu rupanya tidak membuat saya puas. Saya selanjutnya belajar teknik solo yang biasanya lebih dikenal anak muda dengan sebutan “melodi gitar” yang memang membutuhkan lebih dari sekedar teknik dasar bermain gitar.

Teknik melodi ini membuat saya semakin penasaran karena sulitnya mempelajarinya secara otodidak. Beberapa teman yang menurut saya sudah cukup ahli mengaku telah belajar lebih dari 3 tahun untuk bisa menguasai teknik tersebut. Bukan waktu yang singkat menurut saya.

Nah, akhirnya pada saat itu saya menemukan satu software untuk belajar melodi gitar. Software ini seperti segelas air di padang pasir waktu itu. Ketika belajar melodi sudah hampir membuat saya putus asa, saya menemukan sebuah jalan praktis untuk belajar.


Namanya Guitar Pro. Ketika itu saya masih menggunakan Guitar Pro versi 5 yang hanya compatible dengan Windows dan Mac. Sampai saat tulisan ini dibuat, Guitar Pro sudah sampai pada versi 7 yang juga compatible dengan Android dan IOS. Tentunya dengan tambahan fitur-fitur menarik yang belum ada di versi sebelumnya.

Guitar Pro Versi 5

Dengan software Guitar Pro, kita bisa dengan mudah menemukan lick-lick (melodi) yang ada di dalam sebuah lagu. Tanpa harus capek-capek mengulik lagu tersebut. Tinggal download file gtp-nya, kita bisa langsung melihat lick didalamnya.

Praktis ini membuat saya dengan mudah menguasai lagu-lagu seperti “Swee Child O’ Mine” dari Gun N’ Roses dan “One Last Breath” dari Creed. Dan dengan bangganya saya tunjukkan kebolehan saya memainkan melodi tersebut di depan teman-teman kelas saya. Hasilnya? Sukses! Saya berhasil membuat mereka terpesona dengan permainan saya yang baru 3 bulan belajar gitar.

Bagi Anda yang ingin mencoba software ini Anda bisa download trialnya di situs Guitar Pro. Anda bisa mencoba beberapa hari sebelum Anda memutuskan untuk membeli lisensinya.

Untuk file lagu-lagunnya yang berformat gtp, Anda bisa mengunjungi Ultimate-Guitar.com. Anda bisa download gratis disana. Selamat mencoba software untuk belajar melodi  gitar.

http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

21 comments:

  1. seep,akhirnya, kalo ada situs yg nyediain tab2 guitarpro,gampang neh gw...
    thx bgt bro....
    terus dukung gw ya di kontes Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

    ReplyDelete
  2. Woke, sama sama bro,, semoga sukses,,

    ReplyDelete
  3. bro sofwr guitar berpa kpasitas ya ko lma bngt ch..

    ReplyDelete
  4. koq kga ada ya gan?? :a
    apa saya sudah telat?? :c :i:
    nasib nasib :k:

    ReplyDelete
  5. nah ini utuk versi full ny tpi cuma key id nya aja klo user id nya cri sendiri
    Key ID : AEAAK-ANR60-AAAAZ

    ReplyDelete
  6. donlot lagunya gimana niih , kok ga bisa ????????????

    ReplyDelete
  7. :h:

    linknya ga bisa bro yg utk donlot guitar pronya

    Makasih, IMNM.Inf

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Sudah diperbaiki. Silakan dicoba lagi ya :)

      Delete
  9. jual gitar akustik Custom

    https://www.facebook.com/pages/Jual-Gitar-Custom-Murah/399600416826076

    ReplyDelete
  10. Saya tak bisa gitar, mas, tapi kok tiba-tiba tertarik, mungkin saya bisa memulai belajar gitar dari sekarang. Hehe

    ReplyDelete
  11. wah mantap kali mas, saya paling hobi yang seperti ini, kalau bisa ada software yang lengkap ya biar bisa buat musik terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di versi ke 7 ini, Guitar Pro sudah berfitur editing part mode. Jadi bisa dijadikan alat nge-take juga.

      Delete
  12. aku ga bisa main gitar (ayun-ayun bendera putih) tapi suka denger instrumen gitar ala-ala cafe. nice info nih mas, share di grup pecinta musik pasti banyak yg mampir baca postingan ini :D

    suika-lovers.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mbak Annafi berbaik hati ngeshare-in :D

      Delete
  13. Belajar melodi gitar pake buku menurut saya bagus mas, hanya saja butuh kesabaran karena berkaitan dengan banyak karakter dan angka-angka, saya sendiri bisa main gitar hanya dasarnya saja, itupun belajar secara otodidak, belajar sm temen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk belajar dasar teorinya sebaiknya memang pakai buku. Jadi tau asal muasal teorinya.

      Delete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !