Tips Melakukan Stimulasi Musik Untuk Anak



Mendengarkan musik memang merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan dan juga menghibur. Musik dapat menjadi salah satu penghilang penat saat kita sedang merasa bosan dan dapat merubah mood dengan seketika serta tak jarang musik mampu membuat hati kita kembali menjadi senang.

Selain berguna bagi orang dewasa ternyata musik juga berguna bagi anak-anak bahkan bagi mereka yang masih di dalam kandungan. Hal ini dikarenakan musik mampu memberikan stimulasi bagi tumbuh kembang anak. Tak jarang dengan adanya kegunaan tadi banyak orang tua yang mulai menerapkan stimulasi musik untuk anak sejak dini.

Dengan menerapkan stimulasi musik untuk anak diharapkan mampu merangsang pertumbuhan otak anak menjadi lebih cepat dan optimal terutama pada saat mereka yang masih belia yang masih memungkinkan otak mereka untuk terus berkembang. Untuk menerapkan musik sebagai stimulan ada baiknya Anda memilih dan memilah musik yang di berikan agar stimulan tersebut lebih maksimal.

Jika Anda ingin melakukan stimulan pada bayi yang masih di dalam kandungan pilihlah musik yang berirama ringan dan menenagkan. Salah satu contoh musik ringan yang bisa di terapkan yaitu musik klasik. Musik ini terdiri dari alunan musik yang lembut dengan melodi yang menenangkan sehingga sangat pas.

Pada fase selanjutnya yaitu usia 1-3 tahun anak mulai belajar kata, pada tahap ini berikan musik yang sudah dilengkapi dengan lirik namun usahakan untuk memberikan lagu dengan lirik yang sederhana agar anak mudah mencerna dan menirukan.

Kemudian di fase umur selanjutnya usahakan untuk tidak hanya mendengarkan mereka musik saja namun juga mengajari mereka gerakan yang sesuai dengan lagu yang didengarkan dengan tujuan agar anak bisa lebih memahami apa isi dari lagu tersebut.


Untuk Anda yang memiliki anak usia sekolah taman kanak-kanak, Anda bisa menggunakan musik sebagai media belajar. Cara melakukannya yaitu masukan materi pelajaran seperti berhitung mengenal huruf atau pelajaran ringan lainnya menjadi sebuah lirik lagu. Biasanya ketika kita menggunakan metode tersebut anak akan mudah memahami dan juga akan dapat mengingatnya dengan lebih mudah.

Itu beberapa cara menerapkan musik untuk stimulan pada anak. Usahakan jika memberikan stimulasi musik untuk anak pilihlah lagu yang sesuai dengan umurnya dan usahakan tidak mengandung kata-kata yang kurang pantas. Pada tahap ini anak akan sangat mudah belajar dan selalu penasaran terhadap suatu hal.

Jika Anda memberikan musik yang kurang pantas dikhawatirkan anak Anda akan meniru dan mencerna hal yang kurang baik tadi. Agar stimulan musik ini dapat berhasil Anda harus konsisten dalam melakukannya. Percuma saja jika Anda tidak konsisten, hal tersebut akan mengakibatkan stimulan yang Anda berikan tidak dapat berjalan secara maksimal dan mengakibatkan anak akan lambat dalam mempelajarinya.


http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

2 comments:

  1. Menarik, jadi kepikiran kalau saya belum menstimulasi Ziqri melalui belajar alat musik apapun, karena saya sendiri tidak menguasai alat musik apa2. Kalau didengarkan musik lumayan sering lah yaa

    ReplyDelete
  2. sering dengar ibu-ibu mendengarkan musik semenjak anaknya dalam kandungan ternyata manfaatnya bagus ya.. umumnya musik klasik, kalo dikasih dubstep/EDM piye yak...

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !