Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara ke Palangkaraya


Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara ke Palangkaraya - Sepertinya Presiden Joko Widodo serius untuk mengkaji kemungkinan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkaraya di Kalimantan Tengah. Presiden telah meminta kajian khusus tentang rencana pemindahan ibu kota RI pada Bappenas.

"Kita perlu kajian-kajian itu dan Bapak Presiden sangat serius untuk mempertimbangkanya (pemindahan ibu kota)," kata Menteri Bappenas, Bambang Brodjonegoro, saat membuka Musrenbang Kalteng 2017 di Palangkaraya pada 6 April 2017.

Pemprov Kalteng juga telah menyiapkan lahan seluas 500 ribu hektare sebagai lokasi bila kelak jadi ditunjuk menjadi ibu kota RI.

Wacana pemindahan ibu kota negara ini sebenarnya telah lama ada. Yakni sejak era Presiden Indonesia pertama kita, Soekarno. Beliau pernah menginginkan ibu kota pindah ke Palangkaraya karena merasa tidak nyaman di Jakarta.

Pemindahan sebuah ibu kota negara tentu memerlukan persiapan yang sangat matang. Karena jika sebuah ibu kota pindah, bukan hanya orangnya saja yang ikut pindah, tapi segala infrastrukturnya pun juga akan ikut berpindah.


Presiden Jokowi menginginkan agar pemindahan ibu kota ini tidak memberatkan APBN dan tidak ingin jika nantinya harus berhutang demi melaksanakan rencana besar tersebut.

Hal ini tentu mengundang banyak opini di masyarakat. Sebagian yang sutuju berpendapat bahwa memang sudah seharusnya Jakarta (ibu kota) dipindahkan dengan harapan bisa mengurangi macet, banjir dan segala macam kekompleks-an  masalah yang dihadapi Jakarta saat ini.

Sebagian masyarakat yang kontra berpendapat bahwa nama Jakarta sudah terlalu melekat dengan Indonesia. Akan sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk membangun (nama) Ibukota baru.

Jika benar terjadi, maka Negara Indonesia telah berpindah ibu kota sebanyak 3 kali. Karena pada Januari 1946, ibu kota Indonesia resmi dipindahkan ke Yogyakarta dikarenakan keamanan Jakarta yang sempat terancam saat Belanda kembali datang ke Indonesia membonceng sekutu.


Wahyu Putra Perdana

6 comments:

  1. pro-con pasti banyak tapi aku setuju kalau ibu kota pindah.. di sini udah nggak nyaman kecuali di kawasan yg estate. Kalau ibu kotanya jadi dipindahkan semoga perkembangan ekonomi dll bisa meluas.

    Suika-lovers.com

    ReplyDelete
  2. Dengan pindahnya ibu kota semoga negara Indonesia nyaman dan tak ada kemiskinan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn. Kita doakan yang terbaik saja ya mbak

      Delete
  3. Saya juga setuju dengan ide pemindahan ibukota negara. Jsksrta tepatnya sebagai pusat bisnis saja. Tapi pindah ke mananya itu lho....sulit banget diputuskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalau dipindah ke tempat yang masih minor bagus aja mbak. Ngangkat perekonomian disana ya kan ..

      Delete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !