Info Tentang Janin Trimester Pertama

Gambar : Lactamil.co.id

Kehamilan merupakan momen yang menyenangkan karena menAndakan akan segera datangnya si buah hati. Fase kehamilan sendiri dibagi menjadi 3 fase atau 3 trimester. Trimester pertama terjadi di 0-3 bulan, trimester kedua di 4-6 bulan, dan trimester 3 terjadi di 7-9 bulan. Wanita yang sedang menikmati masa kehamilan yang pertama pastinya harus mengetahui tentang janin trimester pertama, kedua, dan ketiga. Masing masing fase mengundang konsekuensi perubahan yang menarik untuk si mama.


Tentang janin trimester pertama, para wanita harus mengetahui karena trimester pertama merupakan fase yang krusial. Si calon mama biasanya akan mengalami banyak keluhan mengenai perubahan dalam dirinya, di trimester pertama ini mama akan mengalami atau menjadi sering merasa mual, terkena morning sickness, dan sebagainya. Hal ini karena terjadi karena disebabkan atau sebagai tAnda bahwa janin sebenarnya mulai muncul di Rahim wanita. Pada fase trimester yang pertama ini akan muncul juga kantung dan juga kemudian terisikan air ketuban. Kantung tersebut terbentuk di sekitar embrio. Fungsi air ketuban untuk kehamilan yakni sebagai pelindung janin selama kehamilan. Kemudian mama juga akan mulai mengalami pembentukan plasenta yang berbentuk bulat, rata, dan berfungsi sebagai penyalur nutrisi dari ibu ke bayi serta digunakan juga untuk mengeluarkan kotoran bayi. Pada trimester pertama ini yang terjadi pada janin Anda adalah, mulai terbentuk wajah bayi, yang dimulai dari lingkar hitam tempat mata, mulut, rahang bawah, dan tenggorokan,. Sel sel darah janin mulai membentuk dan sirkulasi darah pun dimulai.

Jika Anda mempelajari tentang janin trimester pertama biasanya Anda akan melihat beberapa perubahanan tiap bulannya. Setelah melewati bulan pertama di trimester pertama ini, janin biasanya mencapai ukuran panjang 6-7 mm atau seukuran dengan sebutir beras. Memasuki bulan kedua wajah si bayi akan terus menerus mengalami perkembangan, di bulan kedua trimester pertama ini juga mata mulai terbentuk. Di akhir bulan kedua embrio sudah  menjadi fetus, memiliki panjang sekitar 2,54 cm atau satu inchi dengan bobot sekitar 9 gram. Memasuki bulan ketiga trimester pertama bayi mulai terbentuk secara sempurna dan utuh. Pembentukan gigi juga terbentuk di bulan ketiga trimester pertama ini. selain itu sirkulasi dalam tubuh si janin seperti misalnya sirkulasi darah dan system sirkulasi urin sudah mulai berjalan.

Wahyu Putra Perdana

1 comment:

  1. terima kasih infonya. Kebetulan istri saya baru hamil 2 bulan heheh

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !