Tips Menggunakan Kartu Kredit secara Bijak

Gambar: http://kartukreditan.com/wp-content/uploads/2013/01/bcaa-rev.jpg
Kartu kredit bisa sangat berguna dan membantu dalam kehidupan Anda. Tapi juga bisa menjadi masalah keuangan yang serius jika Anda tidak berhati-hati dalam menggunakannya. Anda bisa menghabiskan uang Anda hanya untuk melunasi kartu kredit Anda. Blogputra ingin berbagi sedikit tips untuk menggunakan credit card/kartu kredit Anda secara cerdas.

Jika Anda beniat untuk mengajukan permohonan kartu kredit ada baiknya Anda perhatikan hal berikut.

1.Ketahuilah bahwa ketika Anda mendaftar untuk kartu kredit, Anda masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hokum. Jadi sangat penting untuk memahami persyaratan dan ketentuan yang berlaku dalam kepemilikan dan penggunaan kartu kredit.

2. Ingatlah bahwa memiliki kartu kredit bukanlah alasan untuk Anda belanja over dosis. Jalanilah hidup Anda seperti biasa, seperti sebelumnya.

3. Batasi limit kartu kredit Anda. Jangan menerapkan terlalu banyak kredit. Karena akan merusak peringkat kredit Anda dengan menciptakan kesan bahwa Anda mungkin terlalu mengandalkan kredit.

Dan bila Anda sudah memiliki kartu kredit, dibawah ini beberapa tips menggunakan kartu kredit secara cerdas.

1. Jika Anda tidak memiliki uang yang cukup di rekening bank Anda untuk membayar sebuah pemesanan/barang, tanyakan kepada diri Anda, apakah Anda benar-benar memerlukannya sekarang, atau bisa menunggu sampai Anda memiliki uang untuk membayar itu. Pilihan yang kedua adalah yang lebih baik.

2. Selalu lunasi tagihan kartu kredit Anda setiap bulan. Karena jika Anda tidak melunasinya sampai tanggal jatuh tempo, maka Anda harus membayar bunganya.

3. Lakukan pembayaran secara rutin untuk membangun track record kredit Anda lebih baik. Membayar tagihan secara penuh setiap bulannya menunjukkan bahwa Anda adalah peminjam yang bertanggung jawab.

4. Jika pengerluaran bulanan Anda membengkak, berhentilah menggunakan kartu kredit Anda sementara, sampai Anda bisa mengontrol pengeluaran Anda. Gunakanlah uang tunai, bukan kartu kredit. Pangkas pengeluaran Anda yang tidak perlu!

5. Hindari mengambil uang tunai pada kartu kredit Anda. Karena Anda akan dikenakan biaya bunga yang terhitung dari hari Anda mengambil uang tersebut, sampai Anda membayar penuh tagihan bulanan Anda. Sebaiknya gunakanlah kartu debit untuk mengambil uang di ATM.

6. Periksa secara cermat laporan bulanan kartu kredit Anda, dan pastikan tidak ada kesalahan. Verifikasi semua nilai yang tertera dan jika Anda menemukan kesalahan, laporkan ke penerbit kartu kredit Anda.

7. Simpan kartu kredit Anda baik-baik. Jangan beritahukan PIN dan kode kemanaan kartu kredit Anda kepada orang lain. Jika Anda berbagi PIN atau kode keamanan, Anda beresiko dianggap bertanggung jawab secara financial untuk transaksi yang mungkin tidak Anda ketahui.

Apapun yang digunakan secara bijak akan mendatangkan manfaat. Jika masih ada yang belum Anda pahami tentang kartu kredit, Anda bisa menanyakannya pada penerbit yang Anda pilih. Salam.

Wahyu Putra Perdana

15 comments:

  1. saya masih belum berani pakai kartu kredit, Takut di kejar depkoleptor :g: lebih baik pakai ATM aja deh... yang penting cash :n:

    ReplyDelete
  2. @Achmad Fazri
    Limit kartu kredit harus dibawah 20% penghasilan supaya aman :)

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas share tipsnya mas...
    saya mah blom punya kartu kredit mas, adanya kartu keluarga sama kartu tanda penduduk aja nie :D

    ReplyDelete
  4. Jangan sampek kelilit utang deh :D

    ReplyDelete
  5. @Marnes Kliker
    Itu mah semua orang juga wajib punya :D

    @Beby Rischka
    Kaya ular aja bisa ngelilit :D

    ReplyDelete
  6. saya blum tergoda utk pny kartu kredit :D
    tp bagus nih tipsnya :)

    ReplyDelete
  7. yapz benar sekali kita harus jaga pinnya baik itu terhadap sahabat dekat sendiri...

    ReplyDelete
  8. kartu kredit malah bisa mendatangkan masalah bila kita tidak hati2 menggunakannya yamas

    ReplyDelete
  9. tips yang bermanfaat, tapi sayang belum punya Kartu Kredit :)

    ReplyDelete
  10. sangat membantu sekali artikelnya setelah membaca dan terima kasih kang

    ReplyDelete
  11. memang bener juga dengan adanya kartu krdit semuanya menjadi mudah ,namun kalau kita kurang hati-hati bisa jadi bencana,tips diatas sangat membantu sekali bagi para pemegang kartu kredit nih,kalau sayamah belum pakai taut kebobolan hahahaha

    ReplyDelete
  12. waduh takut lah pakai kartu kredit nanti belanja terus tagihannya lebih besar dari penghasilan tambah berabe apalagi ada penjahat penjahat cyber yang sangat bikin tidak tenang :f:

    ReplyDelete
  13. Untuk kartu kredit sendiri saya belum punya mas tapi kayaknya tips nya sangat berguna dehh soalnya biasanya untuk yang sudah punya suka kebablasan kalo belanja betul tidak ? :D

    ReplyDelete
  14. Makasih tipsnya mas..
    Walau sekarang belum punya cc, tapi mungkin lain hari tips ini akan berguna :)

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !