Manfaatkan Software Restoran untuk Optimalkan Bisnis Resto Sekarang Juga


Mungkin diantara Anda yang merupakan pemilik usaha restoran, baik yang masih berkembang atau bahkan yang sudah lama sedang memikirkan bagaimana cara untuk mengoptimalkan usaha. Usaha resto sendiri sejatinya juga tidak harus stagnan berada pada metode yang itu-itu saja. Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk meningkatkan jumlah pesanan, menggunakan software restoran misalnya. 

Mengenal Fitur-Fitur Unggulan pada Aplikasi Restoran

Bisa dikatakan kehadiran software restoran bertujuan untuk memudahkan operasional usaha Anda. dengan berbagai macam otomasi, Anda juga bisa lebih fokus pada pengembangan usaha daripada menghabiskan energi untuk operasional resto saja. Ada berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk semakin  mengoptimalkan usaha Anda tersebut.

Sebut saja seperti aplikasi kasir restoran yang memungkinkan pembayaran cash, debit dan kartu kredit lebih mudah, menangani struk dengan cara cetak maupun kirim email, manajemen stok di cabang-cabang hingga memeriksa laporan penjualan dan analisis pelanggan. Berbagai fitur tersebut dapat menghemat waktu dan biaya, menekan kesalahan yang tidak perlu serta berbagai risiko lain dalam bisnis restoran.

Beberapa fitur yang layak dipertimbangkan diantaranya.

Laporan Penjualan Real-time

Anda bisa melakukan analisa tren penjualan dari mana saja kapan saja tanpa harus repot-repot mengunjungi setiap cabang yang ada. Dengan demikian, Anda dapat memaksimalkan potensi  restoran lebih mudah dengan cara yang lebih efisien. Cukup dengan membuka smartphone atau laptop, Anda siap menganalisa lebih jauh.

Solusi Pembayaran Lengkap

Anda bisa menawarkan pembayaran di depan ataupun bayar belakangan mengurangi risiko lupa bayar dan meningkatkan kenyamanan pelanggan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan untuk mencetak struk langsung atau mengirimkannya melalui email, membuat brand Anda semakin berkesan, menerima pembayaran secara terpisah (split bill), pembayaran cash, pembayaran digital, debit dan credit card.

Pesanan Langsung

Maksudnya pesanan pelanggan restoran Anda secara otomatis diteruskan ke kasir dan dapur. Dengan begitu, jarak antara layanan Anda dengan pelanggan menjadi semakin dekat. Pelanggan tidak harus menunggu dihampiri oleh pelayan agar pesanannya bisa disampaikan ke dapur. Hal ini juga dapat menghidari adanya kesalahan order.

Aplikasi Kasir

Pertimbangkan pula aplikasi kasir restoran yang mudah untuk dipelajari oleh karyawan kasir Anda. percuma saja memiliki aplikasi POS yang bagus tapi sulit digunakan karyawan. Pastikan pula aplikasi kasir Anda juga dapat dioperasikan dengan mudah sehingga transaksi dapat ditangani lebih cepat.

Sebaiknya pilih aplikasi yang tidak tergantung pada internet. Dengan demikian, operasional restoran tida terganggu meskipun sedang tidak ada koneksi internet. Bisa juga bermanfaat saat kualitas koneksi tidak dapat diandalkan. Biasanya aplikasi yang baik menawarkan database offline.

Manajemen Stok

Menggunakan aplikasi, Anda juga dapat mengetahui biaya harga pokok produk (HPP) untuk tiap produk dan bahan baku secara lebih ringkas. Anda bisa mengetahui berapa laba kotor atas penjualan dari setiap HPP secara cepat dan ringkas. Lupakan hitungan manual yang memakan banyak waktu berharga Anda.

Anda juga bisa menyimpan daftar berbagai bahan baku untuk produk olahan tertentu. Stok bahan baku juga akan disesuaikan saat terjadi transaksi olahan tertentu tersebut. Anda juga lebih mudah dalam menambah stok, membagi stok antar cabang, order ke supplier dan rutinitas stok opname. Dengan demikian Anda bisa memahami kebutuhan bisnis lebih detail lagi.

Selain beberapa fitur unggulan di atas, masih ada banyak fitur lain pada software restoran berkualitas yang pastinya  juga dapat mengoptimalkan restoran Anda. Sebut saja seperti keamanan dengan otorisasi pegawai, menerapkan harga berbeda  sesuai lokasi cabang, memberlakukan promo, diskon, poin hingga voucher, menerapkan manajemen pelanggan  dan lain sebagainya.




http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Putra

1 comment:

  1. Baru taau mas kalau ada software restoran, mantaap jugaa banyaak fitur" yg bermanfaat banget 😁😁

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !