Cara Mudah Mengobati Darah Tinggi dari SehatQ.com


Jika Anda melakukan berbagai tips dan cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, ini dapat dikatakan hal yang susah-susah gampang. Tekanan darah tinggi, atau juga disebut hipertensi, merupakan kondisi kronis dimana tekanan darah di dinding pembuluh meningkat. Hipertensi dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup, faktor keturunan (genetik) atau keduanya. Meski terlihat sepele, hipertensi tentu saja dapat membahayakan jika tidak ditangani dengan cepat, karena dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke. Untuk mengetahui tekanan darah, yang bisa Anda lakukan hanya mengukur tekanan darah.

Jika hipertensi yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, Anda diharuskan untuk minum obat tertentu untuk dapat menurunkan tekanan darah. Namun, jika hipertensi yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, maka ubahlah gaya hidup Anda menjadi gaya hidup yang lebih sehat. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah mencapai 140/90 mmHg. Tekanan darah orang sehat biasanya berkisar antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dikutip dari Sehatq.com

Melakukan kegiatan di luar ruangan

Kadar vitamin D yang rendah dalam tubuh tampaknya berperan dalam meningkatkan tekanan darah. Selain itu, menurut sebuah penelitian diketahui bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin D ternyata tidak berkontribusi untuk meningkatkan tekanan darah. Karena itu cara terbaiknya adalah keluar rumah agar kulit Anda terkena sinar matahari. Berdasarkan penelitian pada tahun 2014, dikatakan bahwa ketika kulit terpapar sinar matahari, reaksi kimia akan menyebabkan pembuluh darah mengembang dan tekanan darah akan turun.

Makan makanan yang sehat

Sebagai bagian dari menurunkan tekanan darah tinggi, cobalah makan makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu yang rendah lemak dan kolesterol. Meskipun tidak mudah untuk mengubah kebiasaan makan makanan sehat, akan tetapi hal ini harus Anda lakukan.

Kurangi konsumsi garam

Salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah penggunaan garam yang berlebihan. Karena itu, kurangi konsumsi garam hingga kurang dari kira-kira satu sendok teh garam per hari untuk dapat membuat perbedaan besar dalam tekanan darah Anda.

Jaga berat badan

Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan mempertahankan berat badan ideal, yang berarti Anda harus memiliki berat tergantung pada tinggi badan Anda. Mempertahankan agar berat badan anda tetap sehat untuk tipe tubuh Anda dapat membantu menjaga tekanan darah Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk membuang kelebihan berat badan sebagai keberhasilan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk itu anda bisa menghubungi dokter anda atau mencari promo Medical Check Up agar tubuh anda tetap sehat tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Olahraga

Berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit sehari dalam seminggu, bisa menjadi cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara bertahap. Mengapa itu harus terjadi secara teratur? Alasannya adalah jika Anda berhenti berolahraga, tekanan darah Anda akan naik lagi. Jika Anda memiliki pra-hipertensi, berolahraga dapat membantu Anda mencegah hipertensi. Atau, jika Anda sudah memiliki hipertensi, berolahraga akan membantu menjaga tekanan darah Anda ke tingkat yang lebih aman.

Olahraga yang mungkin Anda coba untuk menurunkan tekanan darah Anda meliputi berjalan, jogging, bersepeda, berenang, atau bahkan menari. American College of Sports Medicine (ACSM) mengatakan bahwa berolahraga sederhana seperti misalnya berjalan atau melakukan pekerjaan rumah tangga dapat menurunkan tekanan darah. ACSM merekomendasikan setidaknya setengah jam aktivitas fisik-sedang lima hari seminggu. Menggabungkan latihan kardiovaskular (seperti berlari atau berenang) dalam rutinitas Anda dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kapasitas paru-paru dan juga dapat meningkatkan efisiensi jantung. Kombinasi ini sangat ampuh menurunkan tekanan darah Anda.


http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Putra

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !