Intip Daftar Lengkap Makanan Pantangan Asam Urat yang Jarang Diketahui



Asam urat merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menimbulkan rasa nyeri atau sakit dibagian sendi. Penyakit yang satu ini dinilai sangat mengganggu karena menimbulkan dampak tidak nyaman terlebih lagi jika sedang beraktivitas. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya waspada sejak dini karena asam urat dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Umumnya disamping menjalani masa pengobatan, para penderita penyakit ini juga memiliki berbagai makanan yang dilarang atau disebut pantangan asam urat yang harus di patuhi agar proses penyembuhan dapat lebih cepat.

Gejala paling umum yang dirasakan oleh para penderita asam urat adalah adanya sejenis material yang mengkristal di persendian dan menyebabkan peradangan serta terkadang disertai pembengkakan. Jika tidak segera ditangani, maka gangguan kesehatan sendi tersebut dapat berpengaruh pada kualitas hidup Anda. Oleh sebab itu, untuk mendukung proses penyembuhan berikut ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari saat menderita asam urat, antara lain:

1.    Jamur
Pada setiap 100 gram jamur, terdapat sekitar 92-17 gram purin, yaitu jenis zat yang memicu terjadinya asam urat. Untuk itu, Anda sebaiknya menghindari konsumsi jamur jika menderita asam urat.

2.    Bayam
Meskipun bayam memiliki berbagai kandungan baik untuk tubuh, seperti zat besi dan berbagai vitamin serta beta karoten, namun karena sayur hijau yang satu ini juga memiliki kandungan purin, maka para penderita asam urat di sarankan untuk menghindari sayur bayam.

3.    Kembang kol

Kembang kol merupakan kategori sayuran silangan yang cukup jarang digunakan pada jenis makanan lain. Namun, sering digunakan sebagai campuran olahan tertentu. Sayangnya kembang kol terbukti memiliki kandungan purin tinggi yaitu 51 gram per 100 gram sayur kembang kol, sehingga sayur ini masuk sebagai makanan pantangan asam urat.

4.    Seafood

Ada banyak jenis makanan laut yang memiliki kandungan purin atau penyebab utama sakit asam urat, seperti tiram, udang, kepiting dan cumi-cumi serta berbagai olahan seafood kalengan yang sebaiknya Anda hindari agar tidak memperburuk sakit asam urat tersebut.

5.    Jeroan
Jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat selanjutnya adalah jeroan. Hal ini dikarenakan jeroan memiliki kandungan purin yang tinggi seperti usus, hati, limpa, otak, paru dan jantung.

Perawatan asam urat umumnya didukung menggunakan obat-obatan tertentu dari resep dokter untuk mencegah serangan dan kekambuhan pada tingkat akut, semua upaya tersebut juga sebagai antisipasi agar tidak terjadi komplikasi asam urat seperti deposit kristal urat dan pengembangan tophi. Selain itu, beberapa tips di bawah ini juga bisa Anda lakukan untuk membantu penyembuhan asam urat, yaitu:

•    Batasi semua jenis minuman yang didalamnya terdapat komposisi pemanis dari gula buah atau fruktosa, Anda sebaiknya juga menghindari semua jenis minuman beralkohol.
•    Lakukan olahraga secara teratur karena untuk menjaga berat badan pada kondisi ideal. Langkah ini selain dapat membantu masa penyembuhan, juga dapat membantu mencegah penyakit asam urat.
•    Batasi konsumsi semua jenis makanan yang memiliki kandungan purin tinggi seperti makanan laut, daging organ dan semua jenis daging merah.

Demikian ulasan mengenai makanan pantangan asam urat yang harus dibatasi atau akan jauh lebih baik jika dihindari sepenuhnya oleh para penderita penyakit tersebut. Dampak yang akan Anda rasakan setelah menghindari semua jenis makanan di atas dan melakukan berbagai pengobatan akan sangat bergantung pada kondisi dan daya tahan tubuh. Untuk itu, tetap lakukan gaya hidup sehat agar memiliki kualitas hidup yang baik serta terhindar dari semua jenis gangguan kesehatan berat.



http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Putra

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !