Cara Menghilangkan Plak Gigi Dengan Mudah





Plak ialah salah satu lapisan halus bakteri lengket yang menumpuk pada gigi, tambalan gigi, gusi, lidah, dan gigi palsu. Ketika beberapa lapis plak bercampur dengan mineral dari air liur, maka plak mengeras menjadi zat putih berkapur yang disebut karang atau yang biasa kita kenal dengan tartar gigi. Hal ini yang mengakibatkan tempat berkembang biak bagi bakteri dalam mulut yang memakan gula dari makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Namun selain itu juga membentuk asam selama proses tersebut yang memecahkan email gigi, sehingga memicu gigi Anda berlubang. Bakteri juga mengakibatkan racun - racun penyebab berbagai masalah gusi. Beberapa hal yang memicu menumpuknya plak antara lain kebersihan mulut tidak dijaga dengan baik, teknik menyikat gigi yang salah, pilihan makanan yang kurang bagus, keturunan, dan kurangnya perawatan dari dokter gigi. Kunci utama dalam mencegah penumpukan plak dan karang gigi ialah menjaga kebersihan mulut Anda. Maka dari itu Anda perlu tahu bagaimana cara menghilangkan plak gigi.

Cara menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang bagus setidaknya 2 kali sehari. Gunakan sikat gigi berbahan nilon lembut dengan bulu - bulu yang bulat dan halus pula. Tahan posisi sikat gigi pada sudut 45 derajat melawan garis gusi Anda. Dan pastikan Anda juga menyikat lidah untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang memicu penumpukan plak di dalam mulut Anda. Gunakan benang gigi dengan teratur untuk membersihkan gigi dan gusi Anda.

Disamping menjaga kebersihan mulut, Anda juga perlu memanfaatkan sejumlah bahan alami untuk cara menghilangkan plak gigi. Ingatlah, begitu karang gigi telah terbentuk di gigi, sangatlah sulit untuk menghilangkanya karena memang sudah menempel pada gigi Anda. Akan tapi, jika Anda secara teratur menghilangkan plak gigi, hal ini bisa membantu mencegah kerusakan pada gigi permanen. Baking soda, juga disebut sodium bikarbonat, adalah bahan alami untuk menghilangkan plak gigi. Baking soda akan menetralkan asam di dalam mulut Anda, sehingga mengurangi jumlah bakteri berbahaya dalam mulut dan gigi. Juga membantu memutihkan dan mencerahkan gigi kuning.

Para peneliti pada tahun 2008 yang diterbitkan The Journal of Clinical Dentistry menganalisa 5 studi klinis dan menyimpulkan bahwa baking soda pasta atau bubuk akan lebih efekftif untuk cara menghilangkan plak gigi daripada produk non-baking soda. Buah maupun daun jambu biji juga dianggap sebagai bahan anti plak yang sangat baik untuk menghilangkan plak gigi yang menumpuk pada gigi Anda. Selain itu juga buah daun jambu biji juga punya kemampuan anti inflamasi dan analgesik yang membantu mengurangi bengkak dan nyeri di gusi.

Pada penelitian tahun 2014 yang diterbitkan International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences menyimpulkan bahwa ekstrak daun jambu biji mengurangi kelengketan plak. Daun jambu biji memiliki aktivitas anti bakteri dan biofilm inhibition untuk melawan Streptococcus mutans yang menyebabkan plak gigi Anda. Selain itu Lidah buaya juga efektif untuk cara menghilangkan plak gigi. Sebagai antimikroba, lidah buaya membunuh bakteri penyebab plak. Disamping itu juga bermanfaat mengatasi bau mulut. Penelitian pada tahun 2014 yang dirilis Journal of Oral Health and Dental Management mendapati jika lidah buaya memberikan efek serupa pada plak dan penyakit gusi dibandingkan dengan obat kumur chlorhexidine. Demikian cara menghilangkan plak gigi semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang saat ini memiliki masalah karang gigi.



http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !