Bahaya Login via Wifi


Bahaya Login via Wifi

Siapa yang tidak suka wifi gratis? Berselancar di internet dan mendownload sepuasnya secara gratis adalah hal yang manis untuk dilewatkan. Namun tahukah Anda bahwa tentang bahaya login via wifi? Silahkan baca ulasan saya tentang bahaya ngenet di warnet beberapa hari yang lalu.

Bahaya login via wifi

Juga memiliki resiko yang sama, internet mengunakan fasilitas wifi umum yang bisa menjadi malapetaka bagi Anda. Utamanya Anda bisa kehilangan akun, baik email, sosial media, bahkan perbankan. Wifi yang tersedia di fasilitas umum dan gratis umumnya adalah wifi yang tidak terenkripsi (unencrypted). Ini berarti ada resiko dimana Anda diawasi oleh seseorang saat menggunakannya.

Wifi bekerja menggunakan jaringan radio yang terpancar kesegala arah. Siapapun yang berada di radiusnya, dan terhubung dengan jaringan tersebut, maka semua orang dapat melihat siapapun yang masuk dalam jaringan wifi tersebut. Blogputra pernah membahas tentang aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan ini. Namun saya tidak ingin memberikan linknya karena tulisan artikelnya belum saya perbaiki (maklum tulisan anak muda). Jika Anda penasaran dengan aplikasinya, silahkan cari di blog ini.

Lebih dahsyat lagi, tidak hanya dapat mengetahui siapa saja yang ikut berinternet dengan wifi umum tersebut, seseorang bisa mengetahui semua kegiatan yang Anda lakukan, termasuk situs mana saja yang Anda kunjungi, text apa saja yang sudah Anda ketik, dan yang paling berbahaya, informasi login akun Anda.

Berbeda dengan wifi milik Anda pribadi yang terenkripsi (encrypted), dimana tidak semua orang bisa terkonesi dengannya, kecuali orang yang mengetahui passwordnya.

Situs ber-HTTPS

Namun ada yang bisa membentengi Anda dari kejahatan di jaringan wifi ini. Salah satunya adalah OpenSSL. Yaitu teknologi yang digunakan oleh kebanyakan website besar untuk mengenkripsi lalu lintas data Anda. Cirinya adalah ketika Anda mengetikkan alamat websitenya, muncul tambahan "HTTPS" disebelahnya. Contohnya pada situs Paypal, youtube, dan Google. Dengan adanya OpenSSL ini kita (sedikit) terhindar dari penyadapan.

Sudah amankah Anda?

Ternyata belum! Jika Anda menemukan wifi gratis di tempat umum yang tidak diketahui siapa pemiliknya, Anda masih berpotensi tersadap walaupun situs yang Anda kunjungi berenkripsi HTTP. Para scammer (pembobol akun) biasanya menggunakan trik wifi gratis untuk mendapatkan informasi login situs penting.

Biasanya mereka membuat hotspot dengan nama "Free Wifi" atau "Wifi Gratis" untuk menarik minat Anda agar terkoneksi dengannya. Biasanya wifi abal-abal ini tidak dienkripsi password dan tidak juga memiliki welcome screen untuk mengisi username dan password.


Hati-hati jebakan!

Wifi jebakan ini biasanya sudah tersetting dimana ketika Anda terkoneksi dengannya, kemudian mengunjungi sebuah situs penting, wifi ini mengalihkan Anda ke situs palsu yang serupa dengannya. Anda tidak akan mengira kalau itu bukan situs asli. Ketika Anda login dengan username dan password, informasi ini terekam dan terkirim kepada si empunya wifi abal-abal tersebut. OpenSSl tidak dapat memproteksi hal ini karena itu bukan situs asli.

Untuk menghindari hal ini, Anda harus tahu benar siapa pemilik wifi tersebut. Walaupun gratis, pastikan terlebih dahulu bahwa itu bukan wifi jebakan yang membawa petaka. Update terus firewall Anda dan login-lah hanya pada situs yang terenkripsi HTTPS jika Anda menggunakan wifi umum. Semoga kita bisa selalu ingat bahaya login via wifi agar tidak menjadi korban kejahatan wifi.

Wahyu Putra Perdana

30 comments:

  1. Untung saya tak tertarik WiFi gratis
    Jadi terhindar dari tragis
    Sebab jika blogku habis
    Hatiku bisa nangis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini ga ada gerimis.
      Mbaknya tiba-tiba datang memberi komentar puitis.
      Hari kartini pas hari kamis.
      Ini saatnya saya cukur kumis. (Agak kurang nyambung ya)
      Terims kunjungannya mbak Anisa

      Delete
    2. rumah baru ya mang, berapa harga kontraknya mang?

      Delete
  2. Saya itu paling suka berburu wifi gratis, sebenarnya sih sudah tahu resikonya. Ya karena gratis itu mengalahkan hal segala-galanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus hati-hati mas kalau gitu. Jangan ngobral username password sembarangan ya

      Delete
  3. kalau di tempat saya rata-rata menggunakan password mas, dan untuk wifi gratis ketika mau log in di akun sebaiknya lihat alamatnya dulu, misalnya akun google. Sebab saya pernah kejebak mas, untungnya saya tahu alamatnya heehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia maksud saya! Situs abal-abal biasanya interfacenya aja yang sama. Alamatnya kacau

      Delete
  4. eya ternyata ada bahayanya banget ya login via wifi, padahal tiap kali login saya mah selalu menggunakan wifi, siapa yang tanggungjawab kalau begitu, coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Erte mang. Datengin aja, terus minta pertanggung jawaban. Gimana sih ...

      Delete
    2. kok minta pertanggungjawababn Pak RT, emang bisa? Hehehheeh

      Delete
    3. Kalau ketua KPK yang nanya balesannya harus kaya gitu mas. Serius

      Delete
  5. Oh jadi gitu yah, pantesan akun FB, Gmail, yahoo, sering ada peringatan, Makasih nih! Mantap sekali artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mas Zdaki! Datang lagi lain waktu ya

      Delete
  6. selain free wifi biasanya jika menggunakan http injector juga sangat rawan... lebih baik pake kuota sendiri hehe...

    ReplyDelete
  7. Kalau facebook, google dkk, pastinya sudah pakei https,,, jadi bisa dikatakan aman yah mang,,,meskipun ada orang yang mencoba mengetahui sumber lalu lintas data yang ada di jaringan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada kemungkinan kecolongan. Dibaca lagi yah

      Delete
  8. owh ternyata seperti itu ya mas, saya baru tahu, trims infonya

    ReplyDelete
  9. Kalau wifi gratis di resto2 gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menghindari kecolongan baiknya ga login lewat wifi umum mbak.
      Kalau sekedar browsing atau download sih aman aja.

      Delete
  10. waah... baru tau saya, ternyata harus berhati2 ya... untungnya jarang juga sih menggunakan fasilitas wifi gratis. makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Dewi. Jauh lebih baik menggunakan internet sendiri.

      Delete
  11. waduh, padahal seneng banget kalau ada wifi yang bisa di akses tanpa password itu mas, :)
    kalau riwayat penulusuran sebelum konek ke wifi apakah bisa juga dikeyahui datanya ame yg punya jebakan itu Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya riwayat sebelum konek ga terekam mas. Hanya pada saat konek aja yang terekam.

      Delete
  12. Mending dihindari log-in pake free wifi aja ya, cari aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Kecuali yakin wifi itu bukan jebakan dan hanya login ke web yang HTTPS

      Delete
  13. Saya demen bgt sama wifi gratis makanya ngak jarang saya jalan jlan cuma nyari sumber wifi. Tp dg adanya informasi diatas jadi serem deh klo sembarangan nyerobot wifi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu waspada mas Ihsan. Biar ga nyesal kalau akun sudah dibajak orang hehe

      Delete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !