Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Gambar: http://www.chicagoparent.com/media/7315305/pregnant_320.jpg
Seorang Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan sembarangan. Hal ini untuk menjaga kesehatan bayi dan Ibu. Blogputra ingin memberikan sedikit info bagi Ibu hamil tentang apa saja yang baik untuk dikonsumsi. Berikut adalah makanan sehat untuk Ibu hamil.

Telur

Seorang ahli gizi bernama Elizabeth Ward berkata bahwa telur adalah hal yang menakjubkan, dimana Anda mendapatkan banyak manfaat dalam satu telur dan itu hanya sekitar 90 kalori (cukup rendah). Selain lebih dari 12 vitamin dan mineral, telur mengandung banyak protein berkualitas, yang penting untuk kehamilan. Tahukah Anda bahwa unsur utama pembentuk sel adalah protein. Tidak hanya sel sang bayi yang dibangun dengan protein, tapi Ibu juga memerlukannya untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

Ikan Salmon

Tidak hanya karena salmon dipenuhi dengan protein kualitas tinggi, tapi salmon juga merupakan sumber omega-3 lemak. Kandungan gizi pada salmon ini bagus untuk ibu hamil, selain juga ikan ini memiliki jumlah merkury yang lebih rendah. Bahaya ikan lainnya bagi ibu hamil adalah kandungan merkury yang tinggi, dimana bisa berbahaya dalam proses pengembangan system saraf bayi.

Kacang

Ada begitu banyak pilihan, manfaat kacang bagi wanita hamil sudah tidak diragukan. Dari semua jenis kacang, buncis mengandung yang terbaik untuk serat dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran.

Ubi jalar

Satu pengetahuan baru tentang manfaat ubi jalar bagi wanita hamil, ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

Popcorn dan biji-bijian lainnya

Popcorn adalah gandum. Seluruh butir penting dalam kehamilan karena gandum tinggi serat dan nutrisi, termasuk vitamin E, selenium, dan fitonutrien – tanaman senyawa yang melindungi sel-sel. Bukan hanya popcorn. Ada banyak biji-bijian lain di luar sana, dari oatmeal untuk roti gandum sampai untuk gandum.

Walnut

Tidak suka ikan atau telur, tapi masih ingin mendapatkan omega-3 yang sangat penting untuk pertumbuhan otak bayi Anda? Coba walnut, ini adalah salah satu sumber nabati omega-3 terkaya. Sejumlah walnut adalah pilihan yang cocok untuk snack atau bahan salad.

Yogurt Yunani

Yoghurt yunani biasanya memiliki kandungan protein dua kali protein yogurt biasa, hal ini menjadikannya salah satu makanan favorit selama kehamilan. Dan segala jenis yoghurt merupakan sumber kalsium, yang penting dalam diet kehamilan. Jika Anda tidak mendapatkan kalsium yang cukup, maka jumlah kalsium yang akan sampai pada perkembangan bayi Anda juga terbatas.

Tujuan selama kehamilan adalah untuk memastikan Anda memberikan segalanya yang dibutuhkan bayi tanpa mengorbankan kesehatan Anda sendiri dan gizi,.Kalsium akan membantu menjaga tulang Anda sendiri agar tetap utuh sambil membuat kerangka yang sehat untuk bayi Anda.

Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua.

Manfaat sayuran untuk wanita hamil sudah tidak diragukan, terutama sayuran yang berwarna hijau tua. Contohnya bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting. Sayuan juga telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan mata.

Daging tanpa Lemak

Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi, carilah daging tanpa lemak atau lemak yang telah dipisahkan. Ketika membeli daging merah, sangat susah untuk mendaptkan daging yang bebas lemak. Jangan makan hot dog, meskipun, kecuali jika dagingnya dipanaskan dengan uap panas. Ada risiko kecil untuk dalam makanan seperti ini karena bisa menjadi perantara bakteri dan parasit dari daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella pada bayi.

Buah-buahan dan sayuran Beraneka Warna

Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Keuntungan lain di seluruh spektrum makan buah dan sayuran adalah Selama tahap akhir kehamilan, bayi ‘mencicipi’ makanan yang Anda makan melalui cairan ketuban. Jadi jika Anda sudah memperkenalkan bayi Anda pada berbagai buah-buahan sehat dan sayuran dalam rahim, Anda akan meningkatkan peluang bayi Anda akan mengenali dan menerima mereka rasa nanti.


Susu

Terakhir yang paling penting bagi Ibu hamil adalah mengkonsumsi susu sehat. Yakni susu yang banyak mengandung kalsium. Jika Ibu kurang mengkonsumsi kalsium, maka bayi akan mengambil kalsium yang ada di tubuh sang Ibu untuk pembentukan tulangnya. Sehingga ini meningkatkan resiko osteoporosis pada Ibu nantinya.

Referensi: http://www.bunda.co.id/spa/content/10-makanan-sehat-untuk-wanita-hamil.php
http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

16 comments:

  1. seumur umur aku belum pernah makan ikan salmon, berasa apa ya ikan salmon itu :)

    ReplyDelete
  2. seorang ibu yang lagi hamil harus selalu memperhatikan makanannya ya mas, gak boleh sembarangan makan, harus juga memperhatikan asupan gizinya :)

    ReplyDelete
  3. Bukan baik buat ibu hamil, buat kita semua kayaknya neh enak bergizi hehe

    ReplyDelete
  4. Makanan yang banyak mengandung gizi pastinya diperlukan untuk ibu hamil ya mas... cocok nih buat yang udah berkeluarga... :n:

    ReplyDelete
  5. pas pas...
    makasih infonya sob
    izin simpan ya :j:

    ReplyDelete
  6. @Cilembu Thea
    Saya kang? Ya ga lah Hahaha

    @Dwiex'z Someo
    Sama Mbak .. Liat pun cuman di tv :'(

    @Marnes Kliker
    Yap, benar sekali.

    @Abu Zaini
    Sepertinya sih gitu. Asal ga kebanyakan aja dong yaa.

    @Achmad Fazri
    Sippp. Semoga bermanfaat yaa.

    @Desi Isna Hernayanti
    Nah! Pasti Mbak desi lagi hamil :))

    ReplyDelete
  7. ikan salmon itu yang mantap buat ibu hamil

    ReplyDelete
  8. tambahan mas,minum air kelapa muda juga bagus untuk ibu hamil

    ReplyDelete
  9. calon bapak yang baik sepertinya agan ini hehe

    ReplyDelete
  10. tips yang bermanfaat,,ibu hamil harus di ksih tau nih :)

    ReplyDelete
  11. wahhhh kayaknya ini info saya wajib simpen dehh untuk istri :D haha #sok beneran padahal belom nikah :v

    ReplyDelete
  12. wah jadi kacang-kacangan juga bagus ya .. jd gapapa makan popcorn juga :D

    ReplyDelete
  13. Wuuuuu.. Makanannya enak semuaaaa :D

    ReplyDelete
  14. Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi suplemennya dengan Fenza hehehe

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !