Penataan Pantai Pangandaran Menuju Destinasi Wisata Kelas Dunia



Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, memiliki objek wisata yang sangat dikagumi yaitu Pantai Pangandaran. Ini adalah salah satu pantai yang paling banyak didatangi oleh wisatawan lokal maupun asing. Mereka yang datang ke sini kebanyakan untuk melihat keindahan dari matahari terbit dari pinggir pantai dan melihat pemandangan matahari terbenam dari pinggir pantai pada saat petang hari.

Karena memiliki potensi yang sangat besar, membuat pemerintah daerah setempat melakukan pembenahan dengan membuat tata pantai yang lebih baik. Hal itu agar objek wisata di Pangandaran ini bisa mendunia. Dan proses pembenahannya sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak awal 2018 lalu. Dimana pemerintah provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran sudah berhasil membuat Pantai Barat dan Timur bebas dari pegangan kaki lima untuk membuatnya semakin terlihat bersih dan indah.

Langkah Cepat Pemerintah untuk Mewujudkan Wisata Kelas Dunia
Dengan perubahan ini, tak ada lagi PKL yang selama ini memang sangat menghalangi pemandangan indah dari pantai, membuat keunggulan dari Pantai Pangandaran terlihat lebih baik dan jauh lebih bersih. Serta keindahan dari pesona pantainya juga saat ini sudah lebih terlihat. Hal ini tentu saja sesuai dengan harapan pemerintahan daerah setempat yang berharap untuk bisa menjadikan pantai Pangandaran menjadi salah satu destinasi tujuan wisata internasional.

Langkah yang dilakukan untuk mewujudkan hal ini adalah hasil kerjasama dengan pemerintah daerah, POLRI dan TNI serta juga bantuan dari masyarakat yang sadar akan potensi pantai. Mereka mengadakan aksi bersih – bersih di kawasan pantai. Selain itu juga dengan tambahan dari kebijakan yang sangat selaras dalam hal membuat Pantai Pangandaran ini menjadi salah satu destinasi wisata kelas dunia. Sehingga bisa menjadi salah satu destinasi yang bisa setara atau jauh lebih baik dari Pantai-Pantai yang ada di Bali.

Selain itu, pemerintah provinsi Jawa Barat juga sangat berusaha dalam mewujudkan cita – cita untuk menjadikan Pantai Pangandaran ini menjadi salah satu destinasi wisata yang berkelas dunia. Hal ini dikarenakan Pantai Pangandaran sendiri menjadi salah satu destinasi tujuan untuk wisata yang selama ini memang sangat disukai oleh wisatawan yang datang. Sehingga sangat diharapkan untuk dirancang menjadi salah satu destinasi wisata di ujung timur dari Jawa Barat dengan predikat yang sama dengan kelas dunia.

Tiga Program Pemerintah untuk Wisata Kabupaten Pangandaran Kelas Dunia
Untuk mewujudkan Kabupaten Pangandaran menjadi wisata kelas dunia maka Pemerintah Provinsi Jawa Barat sendiri sudah melakukan langkah dengan melakukan tiga program unggulan utama yang dibangun dalam sektor industri pariwisata yang ada di Kabupaten Pangandaran, sehingga bisa memberikan banyak keuntungan dan manfaat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari masyarakat di sekitarnya. Salah satunya yang sedang diupayakan tersebut yaitu untuk meminta pemerintah pusat agar bisa mengabulkannya dengan rencana pelebaran jalan darat dari kawasan kota Banjar hingga ke Pangandaran.

Selanjutnya adalah rencana untuk mengaktifkan kembali jalur kereta api jalur Banjar- Pangandaran yang selama ini memang sudah tidak lagi beroperasi. Dengan hadirnya kereta api ke Pangandaran diharapkan akan menambah pilihan moda transportasi bagi wisatawan ketika berkunjung ke daerah selatan Jawa Barat ini.

Sementara program terakhir adalah pengembangan Bandar Udara Nusawiru. Dengan pelebaran run way atau jalur pendaratan pesawat menjadi lebih panjang akan memungkinkan pesawat komersial mendarat di Bandara Nusawiru. Dengan begitu, wisatawan dari berbagai daerah, akan lebih mudah menjangkau Pangandaran hanya dengan beberapa jam dengan menggunakan pesawat komersil.
Potensi Wisata Kabupaten Pangandaran

Apabila Kabupaten Pangandaran ingin memiliki potensi untuk menjadi wisata kelas dunia, maka harus mewujudkan tiga A sebagai persyaratan. Untuk persyaratan ini sendiri diantaranya adalah atraksi, aksesibilitas dan amenitas.

Untuk atraksi sendiri meliputi beberapa objek wisata dari Kabupaten Pangandaran yang berupa wisata budaya, alam dan buatan yang sangat menari. Sedangkan untuk Aksesibilitas adalah mengenai infrastruktur dari kawasan wisata dan infrastruktur pendukung dari objek wisata misalnya pelebaran jalan, akses transportasi hingga bandara untuk kelas internasional yang didasarkan dengan pengunjungnya sendiri berasal dari banyak wisatawan asing.

Sedangkan untuk amenitas sendiri adalah fasilitas umum bintang lima dimulai dari hotel, restoran hingga toko cinderamata, taman hingga fasilitas untuk kesehatan dan fasilitas untuk umum.
Selain itu diperlukan juga tiga C yang diperlukan untuk membuat kawasan bertransformasi diantaranya adalah CEO Commitment yang mana terkait dengan komitmen dan juga diberikan dari pejabat pemerintah yang sangat berhubungan dengan daerah kawasan tujuan wisata.

Selanjutnya change agent sendiri adalah tim khusus untuk bisa melakukan proses pengembangan wisata dan juga menjadi pengawas kebijakan dari transformasi yang ada di kawasan wisata tersebut. Selanjutnya adalah competence yang didasarkan dengan pendidikan untuk SDM dalam hal mendukung kawasan wisata yang harus terus menerus dilakukan, dan secara khusus untuk memanfaatkan generasi muda sehingga bisa terlibat dalam proses pembentukan transformasi wisata yang unggul.

Sehingga untuk bisa menjadi salah satu wisata kelas dunia, maka dengan bantuan wisata Kabupaten Pangandaran ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan pariwisata Indonesia hingga 22% atau setidaknya tiga kali lipat.

Dan seiring dengan komitmen dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Pangandaran yang ingin bisa menjadikan Jawa Barat imenjadi salah satu provinsi wisata, akhirnya bisa menjadi wisata kelas dunia dan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. ***


http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !