Apa itu Rendering?



Dalam dunia design, kita pasti sering atau pernah mendengar kata “rendering”. Dan biasanya kata ini identik dengan waktu menunggu yang membosankan.

Apa itu rendering?

Rendering adalah proses membangun/menyatukan kepingan-kepingan berkas adegan melalui aplikasi di komputer. Aplikasinya bisa bermacam-macam, tergantung dari jenis berkas yang di proses. Misalkan untuk berkas jenis video pada Adobe Premier Pro dan berkas design 3D pada Google Sketchup, dan masih banyak aplikasi lainnya.

Nah, proses ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Lama prosesnya tergantung dari berkas yang di-render dan spesifikasi dari komputer yang digunakan.

Untuk video berdurasi 3 menit saja bisa memakan waktu sampai 6 jam pada Adobe Premier Pro yang berjalan di komputer dengan prosesor Intel Core i7. Untuk prosesor yang lebih rendah pastinya akan memakan waktu lebih lama lagi.

Berikut screenshot proses rendering dari komputer i7 generasi ke 2.



Itu sebabnya rendering menjadi kegiatan yang paling membosankan karena harus menunggu prosesnya selesai tanpa bisa melakukan apapun pada aplikasi yang digunakan (tetap bisa menggunakan aplikasi lain saat rendering).

Apa yang Bisa Mempercepat Proses Rendering?

Hampir semua komponen penting dalam CPU berperan dalam hal rendering. Prosesor, RAM, motherboard, dan VGA. Dan masing masing memiliki porsi tersendiri dalam menentukan kecepatan render.

Berikut adalah tabel terbaru tentang prosesor terbaik yang digunakan untuk merender dari Cgdirector -update terakhir pada bulan Agustus 2018.


Kalau kita perhatikan, ternyata core yang tinggi bukanlah faktor utama penentu sebuah prosesor bisa bekerja cepat pada rendering. Dan memang top list didominasi oleh vendor AMD.

Sekian penjelasan singkat tentang apa itu rendering. Semoga dapat sedikit mencerahkan!

http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !