Strategi Promo Lebaran 2018 Yang Dilakukan Oleh Kebanyakan Ecommerce



Tentu saja setiap ecommerce memiliki strategi berbeda dalam memberikan Promo Lebaran 2018. Namun, karena media yang digunakan adalah media online, strategi antara ecommerce satu dengan yang lain itu biasanya relatif sama.

Namun, ada sentuhan yang dilakukan agar promosi yang mereka lakukan tersebut lebih efektif. Mau tahu caranya?

Ucapakan

Tidak semua promosi itu dilakukan secara hard selling meskipun momen Ramadhan ini hanya 1 bulan saja. Ada juga yang menggunakan cara yang soft selling. Salah satu caranya adalah dengan memberikan ucapan selamat Ramadhan. Iklan seperti ini bisa dilakukan melalui media TV. Atau ada juga yang menggunakan banner yang kemudian di pasang di website dan di media sosial. Namun, itu tidak hanya sekedar iklan berupa banner. Ada sisipannya juga terkait dengan Promo Lebaran 2018 yang mereka berikan.

Cara ini akan sangat efektif jika promo yang diberikan saat Ramadhan ini menarik. Contohnya saja memberikan promo selama Ramadhan hingga 50% dan bahkan lebih. Jadi, ucapan ini sebagai cara branding sekaligus mengkonversi penonton atau pengunjung menjadi pembeli.


Promo Terbatas

Semakin lama jangka harga promo yang ditetapkan biasanya semakin lama pula tingkat konversinya. Secara psikologis, orang mungkin bisa menunda sampai waktu tertentu baru kemudian mereka memutuskan untuk membeli.

Maka dari itu, banyak pemain ecommerce yang menetapkan promo terbatas. Artinya, harga promo hanya diberikan pada kurun waktu tertentu seperti menetapkan tanggalnya dan juga jenis barangnya. Dengan demikian, orang akan semakin tertarik untuk segera membeli barang tersebut mengingat barang tersebut hanya dijual dengan harga murah pada waktu tertentu saja.

Tentu saja Anda sebagai konsumen akan berkompetisi dengan konsumen lain untuk mendapatkan barang tersebut. Sebaiknya, Anda tidak menunggu hingga last minute untuk dapat segera mendapatkan barang tersebut.


Promo Di Akhir Ramadhan 

Ini sebenarnya yang sering dilakukan oleh ecommerce, yaitu memberikan diskon besar-besaran di akhir Ramadhan.

Setidaknya ada tiga alasan mengapa ini dilakukan. Pertama, pada akhir Ramadhan, orang mau tidak mau harus membeli kebutuhan untuk lebaran. Mereka seolah tidak punya pilihan lain selain segera membeli. Apalagi jika ada barang yang didiskon. Hasrat untuk membeli semakin besar.

Yang kedua, di akhir Ramadhan, para pekerja sudah mendapatkan THR (tunjangan hari raya). Selain itu, banyak juga yang sudah mengambil tabungan untuk bisa segera dibelanjakan.

Dan yang terakhir, banyak orang yang memang menunggu momen ini. Biasanya, mereka sudah tahu bahwa ecommerce selalu memberikan diskon besar-besaran di akhir Ramadhan. Ini juga yang sering dilakukan oleh pusat perbelanjaan. Namun, karena sudah ada ecommerce, tentu lebih mudah untuk membeli barang di ecommerce karena Anda tidak perlu bermacet-macetan atau berdesak-desakan dengan yang lain.

Itulah beberapa strategi promosi yang biasanya dilakukan oleh ecommerce. Yang pasti, mereka tidak segan-segan mengeluarkan budget untuk beriklan. Pasalnya, Ramadhan merupakan momen yang tepat bagi mereka untuk meraih untung sebesar-besarnya. Makanya, mereka mempersiapkan matang-matang semua hal, mulai dari cara mereka beriklan hingga berapa diskon yang harus mereka berikan.

Ada banyak sekali stock barang yang harus dihabiskan ketika lebaran. Jadi, ketika ada stock barang yang selama satu tahun belum habis, mereka akan berusaha untuk menghabiskan stock barang tersebut di bulan Ramadhan ini. Makanya, mereka tidak ragu untuk memberikan Promo Lebaran 2018 sebesar mungkin.


http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !