Jual Tinta Printer: Berikut 4 Cara Merawat Cartridge Agar Awet

Bagi Anda yang memiliki printer tentunya akan rutin mengunjungi toko yang jual tinta printer, entah berupa toko online maupun konvensional. Tinta ini bisa dikatakan sebagai jantung pada printer yang memungkinkan mesin ini mampu mencetak dokumen dengan tepat dan berkualitas. Lewat kualitas tinta pula mesin printer bisa berumur panjang atau bahkan justru sebaliknya, maka pemilik printer diharuskan teliti pada saat belanja tinta. Jangan asal kalau tidak mau printer yang digunakan cepat rusak.

Jenis tinta ini pun ada banyak, namun dibedakan ke dalam dua golongan besar yakni tinta suntik untuk dipakai ke printer infus. Kemudian ada tinta berbentuk cartridge yang digunakan ke mesin printer yang menggunakan teknologi tersebut. Sebenarnya masih ada tinta printer berbentuk gulungan kertas, yang biasanya dipasangkan ke printer untuk mencetak continuous form yang biasa ada di bank maupun perkantoran. Namun paling sering dipakai adalah tinta infus dan cartridge, karena tidak hanya dipakai perusahaan namun juga personal.

Ketika di rumah menggunakan printer maka biasanya memakai antara printer dengan tinta infus ataupun cartridge. Paling sering adalah cartridge karena printer dengan teknologi ini biasanya dijual dengan harga lebih murah dibanding tinta infus. Hanya saja harga tintanya jauh lebih mahal karena sekali pakai, setiap habis perlu diganti dengan cartridge baru yang masih penuh. Namun berhubung dipakai di rumah dijamin tidak boros sehingga tetap hemat.

Cara Merawat Cartridge Pada Printer

Bagi pengguna printer cartridge tentu tidak hanya perlu tahu toko jual tinta printer yang perlu dikunjungi. Melainkan paham bagaimana merawat cartridge tersebut, berikut tata caranya:


Atur jangka waktu mencetak dokumen
Penggunaan cartridge memang tidak bisa disamakan ketika menggunakan printer dengan tinta infus yang tidak ada masalah jika dipakai mencetak banyak dokumen. Baiknya cartridge ini dipakai mencetak dengan diberi jeda sekitar beberapa menit setelah mencetak belasan dokumen, sehingga cartridge bisa dipakai penuh sampai habis.

Baiknya printer digunakan secara teratur
Membiarkan printer yang dimiliki tidak terpakai sama sekali untuk waktu yang lama bukanlah tindakan yang tepat. Sebab bisa merusak printer tersebut begitu juga cartridge yang ada di dalamnya, sehingga perlu digunakan secara teratur. Cartridge yang tidak pernah terpakai biasanya juga akan ikut rusak maka baiknya digunakan secara rutin. Paling tidak beberapa hari sekali dipakai mencetak dokumen, dokumen apa saja untuk memastikan printer dan cartridge berfungsi normal.

Biarkan printer menyala lebih lama
Kebiasaan menyalakan sebentar lalu mematikan printer dan kemudian dinyalakan lagi dan berulang-ulang rupanya memperbesar resiko cartridge menjadi rusak parah karena banyak tinta yang terbuang untuk ditampung ke bagian khusus yakni penampung tinta cartridge. Jika sudah penuh biasanya cartridge tidak bisa berfungsi dengan baik dan pada akhirnya menjadi rusak. Baiknya nyalakan printer sekali dan biarkan tetap menyala, sehingga cartridge lebih awet.


Segera ganti cartridge saat sudah habis
Apabila cartridge di printer Anda sudah dalam kondisi kosong alias habis maka baiknya segera memesan ke toko online langganan. Sebab perlu segera diganti karena ketika cartridge kosong ini dibiarkan berada di dalam printer malah merusak printer tersebut. Saluran tinta cartridge pun menjadi macet dan tidak berfungsi sebagaimana mustinya. Maka setelah kosong segera ganti dengan yang baru, supaya cartridge dan printer tersebut awet. Pilih toko jual tinta printer terpercaya agar bisa mendapatkan cartridge berkualitas.


http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

1 comment:

  1. terimakasih, dikantor saya sampai malu karena saking keseringannya mengganti catridge

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !