Sering Bingung dengan Green Tea dan Matcha? Inilah Perbedaannya!



Minuman green tea (teh hijau) dan matcha pastilah sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, terutama kaum wanita, karena sebagian besar dari pecinta minuman-minuman ini adalah wanita. Sering kali kita merasa bingung apakah kedua minuman tersebut sama atau berbeda. Bukan hanya minuman, tetapi kedua rasa tersebut sering dikreasikan ke dalam makanan atau pun jenis lainnya. Sebenarnya, keduanya sangat berbeda. Matcha memang adalah bentuk lain dari teh hijau. Untuk itu, Anda harus mengetahui apa perbedaan dari kedua macam tersebut, berikut adalah perbedaan-perbedaannya:

Cara Mengonsumsi

Meskipun terlihat sama, namun ternyata keduanya memiliki perbedaan dari segi cara mengonsumsinya. Biasanya, teh hijau di seduh dalam sebuah gelas atau dengan menggunakan teko. Saat selesai menyeduh, daun tersebut akan dibuang. Berbeda dengan matcha, Anda dimungkinkan untuk mengonsumsi seluruh bagian dari daun tersebut. Biasanya daun sudah dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk yang halus. Baik matcha mau pun teh hijau bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai situs belanja online di Indonesia.




Tekstur

Ternyata matcha dan green tea memiliki tekstur yang berbeda. Matcha biasanya berbentuk dalam bubuk yang halus dan dapat digunakan untuk memasak dan membuat kue, cokelat rasa, pudding, minuman, es krim, dan lain sebagainya. Namun, teh hijau tidak bisa dibuat atau dikreasikan menjadi makanan-makanan tersebut atau menjadi bahan masakan. Teh hijau hanya bisa dijadikan minuman saja dalam bentuknya yang masih seperti daun dan tidak bisa diubah. Bagaimana pun bentuk matcha dan teh hijau, Anda masih bisa membelinya atau mendapatkannya di situs jual beli online terpercaya dan juga toko online yang sudah dipercaya kualitas dan pelayanannya.

Manfaat

Mereka juga memiliki perbedaan dalam segi manfaat yang diterima oleh yang meminumnya. Matcha lebih memiliki keuntungan yang banyak dan baik untuk tubuh dari pada teh hijau. Matcha memang lebih banyak mengandung kafein dan juga beberapa zat yang mampu menyehatkan dan berguna bagi tubuh. Selain itu, matcha juga berfungsi untuk membantu membakar lemak tubuh dan mencegah terjadinya kanker dan juga membuat mental seseorang lebih sehat. Selain itu, matcha juga berfungsi sebagai detoks tubuh yang lebih baik dari pada teh hijau. Teh hijau juga memiliki manfaat yang sama dengan macha, namun tidak lebih kuat daripada matcha.

Warna

Meski keduanya banyak dikenal dengan warna hijau yang khas, namun ternyata keduanya memiliki warna yang berbeda. Matcha biasanya lebih memiliki warna hijau yang lebih kental dari pada teh hijau. Selain itu, matcha juga warnanya lebih terang dan juga lebih pekat, terutama jika sudah diaduk berkali-kali. Sedangkan the hijau biasanya warnanya seperti kuning kehijauan dan juga lebih bening dari pada matcha. The hijau memang terlihat seperti the biasa yang memiliki keharuman yang khas dan juga rasa yang berbeda. Meski begitu, keduanya dipercaya sebagai minuman yang mampu membantu program diet seseorang.



Harga

Harga matcha dengan green tea  juga ternyata berbeda. Biasanya teh hijau harganya jauh lebih terjangkau dari pada matcha jika dibeli dalam bentuk sebuah minuman yang sudah jadi. Harga matcha tidak menentu, dapat disesuaikan dengan jenis minuman yang dibuat serta kreasi makanan yang dibuat juga. Namun, biasanya matcha yang dimasak memang memiliki harga yang lebih murah dari pada matcha yang berbentuk minuman dan kerap digunakan untuk beberapa upacara khusus di negeri sakura sana.


http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

3 comments:

  1. Dulu saya kira sama aja dan pas beli minuman baru tahu kalo matcha itu kayak susu bubuk warna ijo.. /ga gaul/

    ReplyDelete
  2. Semenjak ada matcha yang rasanya lebih enak, saya mulai jarang minum teh hijau seduh. Teh hijau pun biasanya diminum dengan campuran susu kental manis biar nggak pahit amat, haha...

    ReplyDelete
  3. baru tau ternyata beda ya green tea sama matcha, hehe,,tapi saya lebih suka green tea,,aromanya lebih harum

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !