Tips Memilih Domain yang Terbaik untuk Blog Anda



Inilah yang akan Anda pikirkan dengan sangat hati-hati ketika Anda memutuskan untuk memulai membuat blog/website, atau sekedar merubah domain gratis ke domain pribadi; memilih domain yang terbaik.

Apa itu Domain?

Buat yang belum kenal apa itu domain, domain adalah alamat sebuah blog yang biasa kita lihat di address bar aplikasi browser. Contohnya www.blogputra.com, domain blog ini.

Saya masih ingat ketika saya memutuskan untuk mengubah domain blogspot blog saya di tahun 2009 (waktu itu putratbr.blogspot.com), perlu waktu hampir 1 jam untuk bisa memilih domain apa yang terbaik yang bisa saya gunakan untuk jangka panjang blog saya ini. Dan makin kesini saya makin lebih teliti dalam memilih domain yang terbaik. Saya yakin Anda juga sama.

“Ah, semua domain sama aja. Kan yang penting kontennya.”

Memang benar, tapi domain adalah first impression untuk pengunjung blog Anda. Orang bisa saja berpaling karena kesan pertama yang buruk. Domainmu, harimaumu 

Jika Anda sedang mencari artikel di Google tentang “cara membuat nasi goreng”, kira-kira situs mana yang akan Anda klik?


See?

Dan, memilih domain di awal ngeblog terkadang bukan hal penting bagi kita. Namun penyesalan biasanya datang di 2-3 tahun kedepan seiring membesarnya blog yang kita rawat. Mengganti domain lama dengan domain baru pada blog yang sudah solid bukanlah sebuah pilihan menurut saya.

Untuk itu berikut saya jabarkan beberapa hal yang wajib untuk jadi pertimbangan Anda saat akan memilih sebuah domain dari hulu (semoga) sampai ke hilirnya. Semoga tidak ada penyesalan di kemudian harinya.


1. Brandable

Domain yang baik adalah domain yang mampu mewakili indentitas sebuah blog tersebut. Khususnya jika Anda berniat membuat blog pribadi dengan nama Anda. Sebuah domain haruslah secara tegas dan profesional mendeskripsikan sebuah blog yang diusungnya. Makin tegas makin baik.

Misalnya :

www.bimoaji.com
www.adittyaregas.com


2. Mudah Diucapkan, Mudah Diingat

Satu hal yang harus dihindari adalah ego dari seorang Blogger. Biasanya, seorang yang idealis akan cenderung memilih domain yang “terlihat keren” yang berisi kata-kata yang sulit diucapkan, apalagi diingat. Tidak peduli apakah orang lain bisa dengan mudah mengejanya atau tidak. Saya bilang ini kesalahan besar.

Sebisa mungkin pilihlah nama domain yang singkat, padat, dan jelas, sehingga mudah diucapkan dan diingat oleh pengunjung blog Anda nantinya. Ketika orang lain melupakan domain Anda, bisa jadi dia tidak akan kembali berkunjung ke blog Anda.

Contoh blog dengan domain simpel, padat, jelas, dan mudah diingat:

www.khairiah.com
www.wulan.info

Contoh domain yang harus dihindari karena sulit diucapkan juga sulit untuk diingat :

www.arlinadzgn.com (Tapi karena website Mbak Arlina ini sudah memiliki popularitas yang luar biasa hits, nama domain yang njelimet-pun saya yakin bukan lagi masalah besar buat dia)


3. Relevan
 
Penting untuk menggunakan domain yang relevan apalagi jika blog Anda adalah blog niche, bukan blog pribadi. Sebisa mungkin domain yang Anda gunakan tidak menyimpang terlalu jauh dari niche blog Anda. Jangan sampai nama domain Anda tentang makanan, tapi blog Anda penuh dengan konten servis komputer. Jangan buat pengunjung kecewa dengan ekspektasi yang disalahkan oleh realita.

Contoh domain niche yang baik :

www.natureveshop.com
www.cintateknologi.com
www.duniakecantikan.info
www.tanamanberkhasiat.com
www.desacilembu.com (Khusus domain ini isinya agak sedikit ngawur dari nichenya)

Dari nama-nama domain diatas kita tentu sudah bisa menebak konten apa yang ada di blog tersebut. Domain seperti ini menekankan niche dan konten blog yang diusungnya. Dan akan jauh lebih baik lagi jika nama domain yang Anda gunakan sama dengan judul blog Anda. Terlihat lebih profesional dan komitmen.


4. Jangan Memaksa Menggunakan dot Com

Anda tidak harus memaksakan kehendak Anda untuk menggunakan domain TLD seperti .com. Ada banyak ekstensi domain yang bisa Anda gunakan saat ini. Tengok saja domain blog cantik satu ini:

www.annisa.mom


5. Hindari Penggunaan Titik, Min, dan Angka

Pokoknya hindari saja. Domain seperti ini akan sedikit menyulitkan pengunjung Anda untuk mengingatnya.

Contohnya :

www.1sthappyfamily.com
www.suika-lovers.com
www.root93.co.id


6. Gunakan Satu Bahasa

Jangan menggabungkan dua apalagi tiga bahasa kedalam satu nama domain.

Misalnya :

www.marneskliker.com (Kalau memang maksud dari “kliker” ini adalah “clicker”, maka sebaiknya domain yang dipilih adalah “www.marnesclicker.com)
www.triknews.id (Akan lebih baik www.tricknews.id atau www.infotrik.id)
www.beritatrend.com (Sebaiknya www.beritatren.com atau www.trendnews.com)

Jenis domain seperti diatas bisa membuat pengunjung blog Anda typo saat mengetik url untuk mengunjungi blog Anda. Terlepas dari cache history yang tersimpan di browser mereka.


7. Ide Nama Domain

Apabila Anda kesulitan dalam menentukan nama domain untuk blog Anda, website berikut mungkin bisa membantu Anda.

www.leandomainsearch.com


Website ini adalah alat untuk menemukan daftar domain yang tersedia yang bisa Anda gunakan untuk blog Anda. Pada screenshot diatas, saya mencoba memasukkan query “blogger”, maka muncul 3.117 domain ekstensi .com tersedia yang mengandung kata “blogger” didalamnya.

Memang semua hasil pencarian yang ditampilkan adalah berbahasa Inggris. Namun dari sini Anda bisa mendapat banyak ide domain yang nantinya bisa Anda translate ke Bahasa Indonesia jika Anda ingin menggunakan domain berbahasa Indonesia.


8. Domain Provider

Jika Anda sudah berhasil menentukan domain yang terbaik untuk Blog Anda, hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan adalah provider domain Anda.

Ada banyak domain provider yang tersebar di seluruh penjuru internet. Mulai dari dalam negeri sampai internasional. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Umumnya, provider international jauh lebih unggul dibandingkan provider lokal. Namun bagi Anda yang tidak terlalu mahir berbahasa Inggris mungkin akan kesulitan jika ada sesuatu yang ingin Anda pertanyakan. Terutama saat melakukan setting DNS dan lainnya.

Sementara untuk provider lokal, bukannya saya tidak mendukung perkembangan teknologi dalam negeri. Tapi memang pelayanannya selalu saja kurang memuaskan. Sistem order yang tidak otomatis (harus chat atau nelpon untuk aktivasi), lambatnya respon costumer service, server down, dan sebagainya.

Namun ada satu provider yang sedari dulu jadi andalan saya dan kawan-kawan; hostinger. Hosting yang satu ini spesial menurut saya. Karena mereka merupakan perusahaan Internasional dan punya basis di Jogja, Indonesia. Pelayanannya berkelas internasional. Dan costumer servicenya berasal dari Indonesia. Lebih mudah bagi saya untuk konsultasi ini itu ketika menghadapi kesulitan.

Nah, jika Anda berniat untuk membeli domain baru, saat ini adalah saat yang paling tepat untuk mengunjungi hostinger karena ada diskon besar-besaran untuk paket Web Hosting Premium dan Web Hosting Bisnis. Dengan memesan paket hosting ini, Anda sudah bisa dapat domain gratis.



Tak perlu kawatir dikecewakan. Karena di hostinger ada kebijakan "Bebas Resiko 30 Hari".



Untuk info lebih lengkapnya Anda bisa kunjungi situsnya di:

www.hostinger.co.id

Saya kira cukup penjelasan saya tentang Tips Memilih Domain yang Terbaik untuk Blog Anda. Intinya adalah: pertimbangkan matang-matang dalam memilih sebuah domain. Jika Anda berniat ngeblog untuk jangka panjang, maka urusan domain bukanlah urusan sepele.
 
Semoga bermanfaat.
Salam!

Note: 

*Buat teman-teman blogger yang domain blognya saya sebutkan diatas; nothing personal ya. Artikel ini hanya sebagai pembelajaran untuk kita semua. Termasuk saya sendiri 
*Maaf juga karena tidak mencantumkan live link. Karena jika terlalu banyak link bisa mengundang teguran keras dari Google.
*Semua contoh domain yang saya gunakan diatas adalah domain blog real yang saya ambil dari blogroll akun blogger saya.


http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

25 comments:

  1. Kira-kira domain blog saya gimana itu, simple dan mudah diingat kagak ya? Saya sendiri kurang pede sebenarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, lupa di masukin ke list domain tersulit nih :D

      Delete
    2. blognya mang DB mah keren....adminnya doang yang jelekmaratanlangit

      Delete
  2. Blog aku paling susah di ingat.... Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahwah. Ini domain the best (susahnya) luput lagi dari pantauan lagi. Next saya masukka top 3 blognya mas Zainal

      Delete
  3. Wah, saya tersanjung dimasukkin mas Putra, tapi untuk info logaritma MOZ tidak (lebih tepatnya) belum bisa menghitung DA/PA ekstensi baru seperti (dot)mom, (dot)photography, dll. Harap menjadi pertimbangan saat akan membuat domain utk yg mengejar job review, dll karena mempengaruhi penilaian dari agency / brand

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya? Saya baru tau ini mbak. Apa mungkin memang belum ke-indeks aja mbak. Setau saya butuh waktu sampe 6 bulan setelah blog aktif untuk bisa keindeks

      Delete
  4. Ah masih mending mas domain saya ya.,trikbaru gitu loh... Yang penting gak pake tanda baca ataupun angka,,,apalagi bisa nyangkut di blog ini,,, wes pokonya mantap urainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Asnaji cepat-cepat ganti domain aja deh :D

      Terima kasih apresiasinya!

      Delete
  5. tadinya mau nyobain gratis selama 30 hari pertama milih domain terbaiknya, tapi pas ditengah tadi ada ini nih:

    www dotdesacilembu dotcom (Khusus domain ini isinya agak sedikit ngawur dari nichenya)

    apa maksudnya, coba?.....sebelah mananya yang ngawur sieh?...wong sukeren gituh jeh

    ReplyDelete
  6. blogku domainnya juga mudah di ingat tapi namanya gak sesuai dgn niche blogku.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm. Baiknya diganti aja mas Indra. Biar serasi

      Delete
  7. Blogku jg lumyan susah di ingat, niche jg kurang sesuai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam hormat mas Idris. Satu lagi blogger (yang benar-benar blogger) singgah di blog sederhana saya. Selamat datang.

      Tapi memang domainnya agak sulit sih. Tapi pas aja sama kontennya yang sarat sama diski-diksi premium. Saya suka blognya.

      Delete
  8. apalagi blog saya, udah domain pake nama sendiri isinya pendidikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blognya mas Ifrod ini yang mana ya? Saya buka G+ nya tapi ga nemu.

      Delete
  9. domain yang tak terikat dengan niche juga bisa. misal info,com isinya bisa apa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap. Domain universal bisa juga digunakan, tapi kurang greget kalau tidak spesifik

      Delete
  10. O... gitu toh milih domain yang tepat. Coba ah

    ReplyDelete
  11. Daan... cara saya milih domain salah semua xD /tersedu sambilh nyeduh teh/

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !