Makanan Ringan yang Baik untuk Dikonsumsi dan Mudah Didapatkan


Makan cemilan merupakan kebiasaan banyak orang yang sering dilakukan sambil menemani aktivitas sehari-hari. Bahkan banyak orang yang mengaku tak bisa melakukan kegiatan dengan nyaman tanpa ditemani cemilan di sampingnya.

Hal ini biasanya kita rasakan saat menonton film, melihat pertandingan bola, atau membaca buku dan bersantai di rumah. Namun sayangnya, cemilan yang kerap menjadi makanan favorit umumnya adalah cemilan yang kurang sehat karena mengandung perasa, pewarna dan bahan pengawet.

Makanan ringan yang banyak dibeli dan dikonsumsi biasanya adalah cemilan buatan pabrik yang dikemas dengan menggunakan bahan pengawet agar mendapatkan tekstur yang crunchy.

Terlalu sering mengkonsumsicemilan yang mengandung bahan pengawet dan zat pewarna seperti ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan baik pada saluran pencernaan maupun gangguan kesehatan lain yang lebih serius.

Zat pengawet yang digunakan biasanya adalah bahankimia yang meski memang ditujukan untuk penggunaan pada makanan namun tetap saja tidak boleh terlalu sering dikonsumsi sehingga bisa menumpuk dan mengganggu kesehatan.

Agar Anda tidak mengalami gangguan kesehatan akibat bahan kimia tersebut, ada baiknya Anda mencoba membuat cemilan sendiri secara tradisional, yang bebas dari tambahan bahan kimia.

Cemilan apa saja yang baik dikonsumsi setiap hari dan bisa didapatkan atau dibuat dengan mudah? Berikut ini 3 diantaranya.

1.    Agar-Agar

Agar-agar dari dulu merupakan cemilan yang sering dibuat untuk menemani aktivitas karena cara pembuatannya yang mudah agar-agar dibuat dari gelatin yang alami dengan paduan rumput laut sehingga kaya akan serat yang juga baik untuk sistem pencernaan.

Untuk membuat agar-agar yang sehat, hindari menambahkan bahan pewarna kimia dan perasa kimia. Jika Anda ingin mengunakan pewarna, gunakan bahan pewarna alami seperti daun pandan atau bubuk coklat dan perasa alami dengan menambahkan potongan buah-buahan atau susu.

2.    Buah


Buah merupakan makanan ringan yang paling baik untuk dikonsumsi setiap hari. Bagi Anda yang menyukai buah, Anda bisa menjadikannya cemilan yang bervariasi dengan membuat salad buah.

Namun jangan menjadikan buah sebagai jus dengan penambahan gula yang banyak untuk dikonsumsi setiap harinya, karena hal tersebut justru buruk untuk kesehatan. Jus buah yang mengandung banyak gula akan meningkatkan kadar gula darah jika dijadikan cemilan setiap hari.

Makanlah buah secara alami atau buatlah rujak tanpa sambal gula dengan campuran beberapa jenis buah favorit.

3.    Kacang Hijau

Kacang hijau, selain sebagai menu makanan yang lezat juga merupakan jenis kacangan yang memiliki protein tinggi. Anda bisa membuat wedang kacang hijau atau bubur kacang hijau tanpa santan untuk mendapatkan proteinnya. Karena santan akan menambah asupan kolesterol yang harusnya bisa dihindari.

Buatlah sendiri bubur kacang hijau agar Anda bisa menakar gula yang ditambahkan sehingga menjadi makanan yang nyaman dan menyehatkan.

Itulah beberapa jenis makanan ringan yang mudah untuk dibuat sendiri dan menyehatkan. Cemilan untuk disantap sehari-hari tak harus membeli di supermarket atau di gerai mini market dengan harga yang mahal dan menggugah selera.

Lebih baik Anda membuat sendiri cemilan yang akan dikonsumsi beserta keluarga sehingga bisa dipastikan kesehatan dan kandungan nutrisinya.


Jika Anda tak memiliki waktu untuk membuat cemilan sehat sendiri, Anda juga bisa memanfaatkan toko online yang khusus menjual cemilan sehat dan organik yang saat ini sedang trend sebagai langganan penyedia makanan sehat untuk keluarga.

Pelajari komposisi makanan yang akan dibeli. Bila perlu lakukan chat dengan penjual untuk memastikan kandungan nutrisinya.


http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

1 comment:

  1. Diantara 3 makanan ringan yang tertera di atas kayaknya kurang cocok kalau kita buat cemilan saat nonton bola, yang paling cocok kacang garing kayaknya.., hahaha

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !