Liburan tapi Bebas Stres? Ini 7 Rahasianya

Liburan tapi Bebas Stres? Ini 7 Rahasianya
Gedung Sate, Bandung (sumber : wikia.com)

Liburan sudah seharusnya menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan, jauh dari stres atau apa pun yang menekan pikiran. Meski demikian, selalu ada saja kejadian tidak terduga yang terjadi selama piknik berlangsung.

Ketinggalan kereta atau pesawat, barang-barang penting yang lupa dimasukkan ketika packing, sampai jatuh sakit, adalah hal-hal di luar rencana yang dapat membuat kesenangan liburan berkurang. Nah, bagi yang sedang menyusun agenda piknik dalam waktu dekat, tips berikut akan membuat suasana liburan makin seru.

1. Jangan Bawa Urusan Pekerjaan saat Liburan

Tips pertama yang wajib diterapkan jika ingin bebas stres saat berlibur adalah tidak membawa urusan pekerjaan. Ingat, tujuan berlibur adalah untuk melepas penat. Membawa urusan pekerjaan saat liburan hanya akan merusak suasana karena pikiran Anda akan terbelah antara piknik dan kerja.

2. Siapkan Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Menyiapkan tiket transportasi dari jauh-jauh hari, baik kereta maupun pesawat, akan sedikit meringankan beban sebelum berlibur, sebab Anda tidak direpotkan dengan kegiatan berburu tiket menjelang liburan tiba.
Selain itu, memesan tiket jauh-jauh hari merupakan solusi jitu agar terhindar dari kehabisan tiket, terutama jika sedang puncak masa liburan.

3. Buat Itinerary yang Fleksibel

Itinerary atau rencana perjalanan yang fleksibel akan membuat liburan makin menyenangkan karena Anda tidak dipusingkan dengan jadwal; hari pertama harus ke mana, hari kedua harus ke sini, dan sebagainya.
Sisi positifnya, Anda bisa menjelajahi tempat-tempat baru yang mungkin tidak terdapat dalam agenda liburan. Percayalah, liburan dengan cara seperti ini jauh lebih menyenangkan daripada liburan terstruktur.

4. Sepakati Rencana Sejak Awal

Berlibur dengan orang lain adalah salah satu penyebab stres. Setiap orang punya isi kepala yang berbeda, pun ketika beribur; bisa saja Anda ingin ke pantai, sementara teman ingin menikmati wisata pegunungan. Begitu juga saat mencari akomodasi untuk menginap, satu ingin bermalam di hotel, satu lagi ingin berhemat dengan menginap di hostel.

Karena itulah, solo-travelling merupakan jawaban paling jitu untuk hal ini. Jika Anda ingin berlibur bersama orang lain, sebaiknya buatlah kesepakatan sejak awal; tujuan mana saja yang akan dikunjungi, di mana akan menginap, berapa lama akan berlibur, dan lain-lain. Menyamakan pilihan dengan partner akan membuat kegiatan liburan makin mudah dan menyenangkan.

5. Lakukan Riset Kecil-Kecilan

Riset kecil-kecilan sebelum berlibur (harga tiket, transportasi menuju tempat tujuan, kuliner, sampai profil destinasi wisata yang akan dikunjungi) akan sangat membantu Anda selama liburan berlangsung.
Dengan begitu, Anda tidak akan direpotkan dengan pekerjaan remeh temeh seperti mencari informasi tertentu saat liburan berlangsung.

6. Packing Secukupnya

Terlalu banyak membawa barang yang tidak perlu hanya akan merepotkan diri Anda sendiri selama liburan. Oleh karenanya, berkemaslah seringkas dan seminimal mungkin. Bawa pakaian seperlunya. Jika memungkinkan, bawalah jenis pakaian yang bisa dipakai berkali-kali tanpa harus sering dicuci.

7. Tinggalkan Gadget Sejenak

Liburan adalah waktu paling pas untuk menjauh dari hiruk-pikuk lingkungan, termasuk media sosial sekalipun. Jadi, matikan gawai saat berlibur, ya!

Itu dia tips liburan bebas stres yang bisa Anda coba saat berlibur ke mana pun, terutama ke Kota Kembang. Jika masih bingung mencari akomodasi atau hotel murah di Bandung, manfaatkan saja aplikasi pesan hotel Airy Rooms dari ponsel Anda.



Airy Rooms merupakan jaringan hotel terbesar di Indonesia yang menawarkan kenyamanan dan kelengkapan fasilitas untuk para tamunya, mulai dari kamar tidur bersih dan ber-AC, TV layar datar, akses internet gratis, shower air hangat, perlengkapan mandi, serta air minum yang semuanya bisa dinikmati secara gratis.

Sudah siap menikmati keindahan Kota Bandung, kan?
http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

35 comments:

  1. Dari semua yang dibeberkan, jangan baww urusan pekerjaan saat liburan yang paling penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting banget! Harus bisa melupakan urusan kerja.

      Delete
    2. iya sih, bener banget kalau lagi liburan mah jangan bawa-bawa kerjaan, asal jangan nggak bawa pasangan ajah pas liburannya ya mang

      Delete
    3. Jangan pasangan orang juga yang dibawa mang

      Delete
  2. Untuk mematikan gadget ini yang terasa sulit, justru orang liburan pengen nantinya pamer di media sosial. Memberi kabar sama teman dan sanak-saudara, kalau dirinya lagi jalan-jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi yang kekinian. Pasti deh sibuk sama gadget pas liburan

      Delete
    2. Photo-photo buat bahan artikel.

      Delete
  3. Kegiatan apapun, termasuk liburan, memang harus disiapkan segala sesuatunya sejak awal agar kegiatan berjalan DG lancar. Dan yang lebih penting lagi adalah, tetap jaga kondisi tubuh supaya ketika hari H, tidak terjadi hal2 yg membuat rencana menjadi berantakan.

    Tetap semangat, kang... Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke kang Jaka! Tetap sehat tetap semangat supaya bisa tetap jalan-jalan dan makan-makan :D

      Delete
  4. catet :D tp gak tau untuk liburan kpn

    ReplyDelete
  5. Sepakaaaat bangeeeet mas apalagii buat no 1 sama no 7 yg perlu dan harus digarisbawahiii. . Biar liburannyaa bisa maksimal. Pikiran jugaa gak keganggu karena kerjaan dan lebih menikmati liburaan. . Heheheh

    ReplyDelete
  6. Sepakaaaat bangeeeet mas apalagii buat no 1 sama no 7 yg perlu dan harus digarisbawahiii. . Biar liburannyaa bisa maksimal. Pikiran jugaa gak keganggu karena kerjaan dan lebih menikmati liburaan. . Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo di catat mbak Lucy! Buat modal liburan nanti

      Delete
  7. saat liburan ke enam poin diatas mah gampang diikutinnya mang, ninggalin gadgetnya itu yang nggak nahan teh saya mah, gimana coba?

    ReplyDelete
  8. Sepakat sama semua poinnya mas. Mungkin akan susah untuk sebagian orang mematikan gadget. Banyak kan yang lagi liburan langsung cekrek, upload..hehe

    Kalau pribadi lebih ke untuk catatan selain buku sih mas itu gadget. Misal catet tempat yang dikunjungin. Tapi aku lebih ke buku sih, kalau buku bisa sekalian nulis diary..hehe

    ReplyDelete
  9. Setiap bepergian saya selalu kebanyakan bawa baju, hehehe...

    ReplyDelete
  10. Ada satu yang kurang mas, yaitu ajak saya kalau liburan ke Bandung, biar makin seru he..he

    ReplyDelete
  11. Kalau ketujuh cara diatas dilakukan,, pasti bakalan bebas streess,, mungkin yang kedelapan perlu ditambahani mang,,, jangan bawa anak tetangga tanpa izin,, entar emaknya nyariin.. heheh jadi stress deh kita... :D

    ReplyDelete
  12. liburan jangan mulu main gadget. karena bisa melewatkan momen kebersamaan dengan keluarga maupun kawan.. :D

    ReplyDelete
  13. Ya dengan riset lokasi terlebih dahulu jadi bisa membuat jadwal kegiatan liburan yang bagaimana disepakati hingga liburan jadi lebih asyik dan terhindar dari stress

    ReplyDelete
  14. wahhh gue susah tuh kalo yg soal nomer 7 , engga tahan beneran deh, rasanya anek gimanaa gitu, jdi malah engga tenang wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Apalah daya saya yang jarang liburan...

    ReplyDelete
  16. yah paling pertama dan emang utama sih mesti pisahin liburan sama pekerjaan dulu, sumpah gak enak banget tuh kalau liburan tapi di kejar deadline. Rasanya pengen pulang aja deh. Tambah satu lagi nih, jangan lupa bawa uang cadangan. kadang pas liburan ada aja sesuatu hal yang bikin kita ketar-ketir kalau kekurangan uang.

    ReplyDelete
  17. Pantesan jarang nongol rupanya mang admin habis liburan toh? Lain kali ajak saya ya mang kalo mau liburan, hehee...

    ReplyDelete
  18. shaaa! ngerencanain liburan tahun depan dan beli tiket dari sekarang! haha tapi kalau jauh dari gadget sedikit tidak mungkin mengingat foto2 sekarang kan lewat handphone kebanyakan :D

    ReplyDelete
  19. Kalau liburan tanpa Gadget rasanya justru ada yg kurang mas.. Malah gak seru... Ntar kalau nyungsep sambil selvi pake apaan coba...? Nah jadi kalau menurut saya saat liburan tetap ada gadget untuk persiapan selvi, karna libura sangat erat hubunganya sama yg selvi selvi

    ReplyDelete
  20. Aku gedeg kalau itinerary acara liburan yg kepadetan.. Serasa jadi kutu loncat, setuju dengan semua poin-poin di postingan ini, keren mas!

    ReplyDelete
  21. kalo liburan saya sring tidak merencanakan mas, kadang kalo pas lagi pingin tinggal berangkat langsung

    ReplyDelete
  22. Kalau gadget pasti bawa kang, kan buat selfie, potret sana dan sini biar eksis gitu loh

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !