Sulitnya Memilih Alamat domain (url) Blog Gratis di 2017

Kita sadari makin tahun makin banyak blog yang bermunculan. Entah nantinya akan terus dirawat dan diupdate atau ditinggalkan sampai berdebu. Blog-blog yang baru lahir ini secara tidak langsung membuat kompetisi url domain semakin sengit. Hal ini terbukti dari betapa sulitnya kita menentukan alamat domain blog/website saat ini. Apalagi untuk blog gratis (blogspot, wordpress, etc).

Sepertinya berharap menggunakan alamat blog gratis dengan url yang simple adalah hal yang mustahil saat ini. Seperti satu.blogspot.com, atau kamu.wordpress.com. Kecuali ditambah embel-embel beberapa huruf seperti satu2dantiga.blogspot.com. Namun url tersebut jelas tidak efisien dan sulit untuk dihapal, apalagi bagi pengunjung.

Blogger tidak menghapus blog usang


Saya ingat sewaktu sekolah di SMA dulu setiap siswa diwajibkan untuk bisa membuat blog gratis di hosting Blogger. Dan sepertinya membuat blog telah menjadi bagian dari kurikulum pada waktu itu. Bisa dibayangkan jika dalam satu sekolah saja ada 2000 siswa/tahun. Dikalikan dengan jumlah SMA 12.000 untuk di seluruh Indonesia (katadata.co.id, 2016). Maka bisa dipastikan telah tercipta lebih dari 20.000.000 blog setiap tahunnya. Dua puluh juta blog!
 
Dan Blogger tidak menghapus blog-blog itu walaupun telah lama tak terurus. Seperti blog dengan url yang saya incar dulu kala ini.

BACA JUGA : Bisakah Blogger Menghapus Blog Anda? 

putra.blogspot.co.id (dulunya putra.blogspot.com)
Blog itu sudah lama tidak terurus lagi. Terakhir postnya tercatat ada di bulan Agustus tahun 2002. Hampir 15 tahun silam! Saya masih duduk di bangku SD ketika sang empunya blog ini sedang mempublish post terakhirnya.

Menurut saya pribadi, akan lebih bermanfaat jika blog lama itu dihapus untuk kemudian urlnya bisa digunakan lagi untuk blog-blog yang baru lahir. Sayang juga kalau url blog simple seperti itu harus dibiarkan mangkrak tanpa perawatan.

Mungkin sepele untuk dibahas. Namun hal ini menurut saya harus jadi pertimbangan bagi Blogger, Wordpress, Weebly, dkk untuk menghapus blog-blog yang sudah usang lama ditinggal pemiliknya. Agar kedepannya penggunanya tidak kesulitan dalam menentukan alamat blognya.

Bagaimana menurut Anda?
http://www.blogputra.com/p/lik.html

Wahyu Putra Perdana

24 comments:

  1. ya mungkin sekarang agak sulit memilih blog dengan nama idaman, karena itu tadi, banyak blog yg sudah "tak bertuan".
    dan sebagai alternatif, kita bisa pakai domain TLD seperti nama blog ku dan blog ini :D

    ReplyDelete
  2. seumur-umur juga cuma punya 1 blog mas, untung e dulu masih inget email sama passwordnya jadi ngga usah bikin blog baru mas.

    bisa-bisa, dihapus bisa jadi alternatif tepat buat blog2 yang udah ngga update dan nggak aktif itu mas. jadi nama domainnya bisa dipakai sama orang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. la wong umurnya juga baru 15 tahun, ngblognya juga baru 3 bulan...pantes aja nyebutnya seumur-umur....hadeuh

      Delete
    2. jewer aja tuh kupingnya Mang..ha...ha,,,

      Delete
  3. coba aja diretas mas, blog lama itu. siapa tahu bisa. hehehehe. blog zaman dulu bagus bagus tapi kadang sudah jadi blog berhantu sayang nya

    ReplyDelete
  4. Kalau yang empunya blog is deathmmm tuh entar binjimana yah,,, kalau misalnya kebijakannya dirubah,,, menghapus blog yang lama ditinggalkan,,, padahal misal banyak artikel2 yang telah dibuatnya,,, kan sayang juga,,,, tapi saya yakin google pinterlah buat nyeleksi,, itu kalau peraturannya dirubah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau blog yang nggak pernah berkomentar di blog kita mah emang setuju dihapusin aja kalau emang udah ladu dan karatan mah, tapi kalau dulunya sring berkomentar diblog kita dan sekarang nggak aktif bahkan dihapus itu blog...maka jadi brokenlink komentar-komentarnya diblog kita....tauuuuuk

      contohnya blog mang zachflazz yang udah dihapus, jadi super brokenlink diblog saya hingga sekarang, padahal kolom komentarnya udah tak ganti dengan disqus....gituh coy

      Delete
    2. o ada msalah juga ternyata kalo begitu ya mangs.
      ya sudah jgn d hapus aja kalo begitu

      Delete
    3. Broken links di blog saya paling banyak berasal dari blog2 yang sudah dihapus :(

      Delete
  5. Waktu SMA di mata pelajaran apa disuruh membuat blog? Kok aku belum pernah dengar ya ada pelajaran tadi dalam kurikulum. Jangan-jangan itu inisiatif gurunya saja. Hebat dong.

    ReplyDelete
  6. iya, dulu masuk dikurikulum. pertama kali ngeblog karena ada pelajarannya di sekolah. Tapi jujur aja, sha lebih setuju kalau yang dulu-dulu gak di hapus. sha juga punya blog jaman sma yang ga bisa diakses lagi, tapi masih bisa di baca dan itu punhya arti tersendiri buat penulisnya :)

    ReplyDelete
  7. Bisa di hapus itu kalau pemiliknya masih ingat paswordnya mas, kalau lupa ya enggak bisa., atau mungkin pemiliknya sudah almarhum.

    ReplyDelete
  8. kalo sudah di hapus bisa digunakan lagi gitu mas.

    ReplyDelete
  9. yupsss..betul banget makin hari makin banyak blog blog baru bermunculan di seluruh dunia tanpa bisa di cegah. google sendiri tidak memberi batasan berapa jumlah blog yg ingin kita buat, namun apalah artinya bikin banyak blog tetapi hanya digeletakkan dipinggir jalan tanpa bertuan , sia siakan ?

    ReplyDelete
  10. Kalau aku sih setuju sob. Soalnya aku juga pernah ngincer domain blogspot. Tapi nggak berhasil bikin karena nggak dihapus sang pemilik pertama.

    ReplyDelete
  11. kalau dulu itu masih jarang yang punya blog makanya sesimple apapun biasanya masih bisa digunakan, beda dengan sekarang orang - orang malah banyak bikin banyak blog cuma buat carter nama biar gk keburu ada yang pake. Begitu mungkin kisah pengalaman saya juga kang.

    ReplyDelete
  12. Iya ya, banyak yg udah dipakai

    ReplyDelete
  13. kalau menut aku bisa di akalin juga sih, enggak harus pakai angka alamat blog yang akan kita buat., walau alamat itu sudah ada yang pakai.

    ReplyDelete
  14. Bener banget mas, milih nama domain semakin sulit karena udah duluan diambil sama pembuat blog yang lebih dulu, sekarang pun rada susah nyari domain satuu kata, tapi disini saya setuju sekali apabila blog yang misalkan sudah ditinggal 10tahun ato lebih dihapuss, dan domainnya bisaa dipakai blogger kalangan sekarang

    ReplyDelete
  15. lha, perasaan aku komen disini deh kemarin... tapi kok nggak muncul yak?

    ReplyDelete
  16. bener gan, terpaksa dash pun menumpuk sebagai pemisah. :D

    ReplyDelete
  17. beda sama kartu ponsel ya
    kadang sebulan hangus eh udah dijual aja ke orang lain nomornya

    ReplyDelete
  18. Bener banget mas, sulit sekarang nyari nama yg bagus. Solusinya ya kudu pake yang berbayar. Lagian domain TLD sekarang murah-murah :3

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !