Peraturan Baru Monetize Youtube, Minimal 10 Ribu Views

Peraturan Baru Monetize Youtube
Youtube saat ini tidak hanya wadah bagi mereka (youtuber) untuk mengeskpresikan diri dan berkreasi, tapi juga bisa dijadikan lahan penghasil uang. Beberapa youtuber bahkan bisa mendapatkan puluhan juta perbulan dari channel youtubenya.

Nah, baru-baru ini ada kabar kurang sedap dari Youtube, bahwa mulai tanggal 6 April akan ditetapkan peraturan baru bagi youtuber yang ingin memonetize akun youtubenya. Mulai tanggal tersebut channel youtube yang jumlah viewnya dibawah 10k (10ribu) tidak bisa mendaftar Youtube Partner Program.

Youtube Partner Program  adalah program yang memberi kesempatan bagi para pembuat konten di youtube untuk me-monetize channelnya dalam berbagai cara, termasuk iklan, langganan berbayar, dan merchandise.


Hal ini tentu membuat sebagian youtuber geleng-geleng. Apalagi mereka yang sudah terlanjur berinvestasi dengan membeli software mahal guna me-manage akun-akunnya.

Sebelumnya tidak ada peraturan seperti ini. Semua channel, bahkan untuk channel yang baru lahir-pun bisa mendaftar di Youtube Partner Program untuk bisa menghasilakan uang.

Peraturan baru yang diperketat ini muncul karena dampak dari banyaknya konten copas (copy-paste) yang beredar di situs youtube demi mendulang rupiah dari iklan. Seperti yang bisa kita lihat, dengan mengetikkan keyword yang sedang viral saja, kita bisa menemukan lebih dari 3 konten video yang (hampir) sama. Hanya mungkin dengan sedikit editan.

Dengan adanya peraturan baru ini, diharapkan bisa lebih menghargai orisinalitas dari konten yang di buat oleh creator. Selain harus memiliki 10k views, ada beberapa persyaratan terbaru yang harus dipenuhi jika ingin mendaftarkan channel youtubenya. Diantaranya sebagai berikut:

1. Program Youtube Partner harus tersedia di negara asal channel (bersyukur, Indonesia termasuk diantaranya)
2. Konten harus original (unik dan tidak ada yang menyamai)
3. Konten harus mengikuti syarat ketentuan yang berlaku (cek disini : Term of Service)
4. Tidak boleh melanggar hak cipta

Mari kita berusaha membuat video, tulisan, atau apapun itu dengan konten yang orisinil dan berkualitas. Karena dengan konten yang berkualitas kita juga akan mendapatkan viewer yang berkualitas pula.

Wahyu Putra Perdana

8 comments:

  1. Sudah blog ngga diterima2 GA, Eh sekarang youtube peraturannya jadi ketat. Makin susah perjuangannya, tapi tetep semangat dalam menulis.

    ReplyDelete
  2. iya karena sakingnya banyaknya yang reuploader sehingga kebijakan Youtube makin diperketat, imbasnya yang nyata-nyata mengunggah video original pun akhirnya kena imbasnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas. Sepertinya akan banyak youtuber yang pensiun nantinya :D

      Delete
  3. Peraturannya diperjetat, ya semoga tidak menghilangkan semangat para youtuber, selamat berkarya sahabat betikan yang terbaik semoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah. Semoga para youtuber tetap tegar ya.

      Delete
  4. Akibat ulah oknum banyak youtuber jujur kena imbas pahitnya. Tapi bisa jadi aturan ini membuat bisnis penjualan youtube viewers semakin marak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide bagus tuh mbak lina! Bisa dipertimbangankan juga :D

      Delete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !