Bahaya Ngenet di Warnet

Bahaya Ngenet di Warnet

Ada beberapa hal kenapa saya katakan bahaya ngenet di warnet. Anda tidak hanya berpotensi kesal karena koneksi internet yang macet, atau beberapa fungsi dari komputer yang sulit digunakan, tapi lebih buruk, Anda bisa kehilangan informasi penting bahkan akun penting Anda. Tertutupnya ruangan bilik Anda tidak menjamin keamanan Anda sepenuhnya. Karena diluar sana banyak orang yang dengan berbagai tujuan ingin mendapatkan informasi penting dari Anda.

Misalnya jangan heran ketika ada orang lain yang bisa mengakses akun Anda (facebook umumnya) padahal Anda tidak pernah memberi tahu siapapun tentang informasi login dan password Anda. Hal ini pernah terjadi pada akun facebook saya. Karena keteledoran saya, seseorang login dan mengacak-acak akun facebook saya, diluar kendali.

Nah, untuk menghindari hal itu, pertimbangkan hal-hal berikut.

Jangan Menyimpan Informasi Login


Bahaya Ngenet di Warnet
Jangan pernah klik "keep me logged in" jika itu bukan komputer/gadget Anda. Karena jika itu Anda lakukan, maka, setelah Anda selesai dengan aktifitas Anda di warnet, kemudian Anda keluar, orang lain bisa dengan mudah masuk ke akun Anda tanpa harus repot-repot sign in. 

Juga jangan pernah lupa untuk log out (keluar) dari situs yang Anda gunakan. Jangan berpikir bahwa hanya dengan menutup browser saja bisa langsung log out secara otomatis. Karena tidak semua situs internet bisa memastikan Anda ter-log out setelah menutup browser. 

Clear History pada Browser 
 

Setelah selesai menggunakan komputer warnet, sebelum bernajak keluar, pastikan Anda sudah membersihkan history pada browser Anda. Hal ini mencegah orang lain untuk mengetahui apa saja yang sudah Anda lakukan di bilik tersebut.

# Jika Anda menggunakan browser Mozilla Firefox : klik OPEN MENU > OPTION > PRIVACY > CLEAR YOUR RECENT HISTORY

# Jika Anda menggunakan browser Chrome : klik OPEN MENU > HISTORY >  CLEAR BROWSING DATA.


Bila Perlu, Gunakan On-screen Keyboard

Ketika Anda sudah memastikan log out, kemudian membersihkan history pada browser, sebenarnya Anda masih bisa kecolongan. Seorang hacker, black hat, biasanya menggunakan aplikasi Keylogger. Aplikasi ini digunakan untuk merekam aktifitas keyboard. Jika komputer warnet tersebut telah dipasangi aplikasi ini, maka semua ketukan keyboard yang Anda lakukan akan terekam dalam bentuk notepad.exe, kemudian dikirim kepada hacker si pemasang aplikasi tersebut. Celakanya, dari rekaman ketukan keyboard tersebut, seorang hacker bisa mendapatkan informasi login Anda.

Bagaimana mengatasi bahaya keylogger di warnet? 
Anda bisa menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di komputer warnet yaitu On-screen keyboard. Anda bisa buka di START MENU > ALL PROGRAM > ASSECCORIES > ON-SCREEN KEYBOARD. Gunakan On-screen keyboard untuk mengetikkan informasi login Anda agar tidak terekam oleh aplikasi nakal Keylogger.



Gunakan Booting Alternatif

Jika Anda merasa akan melakukan hal yang penting dan privacy di warnet, ada baiknya Anda mengguakan booting alternatif untuk benar-benar memastikan keamanan Anda. Booting alternatif maksudnya menggunakan sistem operasi baru (bukan yang tersedia di komputer warnet). Umumnya komputer warnet dipasangi sistem operasi Windows. Pilih sistem operasi yang menurut Anda mudah digunakan. Kalau saya pribadi lebih suka sistem Ubuntu. Anda bisa download dan ikuti step by step cara pemasangannya di situs Ubuntu langsung.

Dengan begitu Anda 100% terbebas dari gangguan aplikasi-aplikasi nakal yang terpasang di komputer warnet tersebut.

Jaga Bilik Anda


Terakhir, meski semua hal diatas sudah Anda lakukan untuk menghindari bahaya ngenet di warnet, pastikan Anda tetap pada bilik Anda saat masih sedang menggunakannya. Tutup rapat bilik sehingga tidak ada seorangpun yang melihat layar monitor Anda, dan hindari meninggalkan bilik dengan kondisi komputer masih aktif.

Meski tidak semua warnet berbahaya, tidak ada salahnya kita tetap waspada. Karena penyesalan hanya ada di akhir cerita.

Wahyu Putra Perdana

42 comments:

  1. Patut di praktekkan nih tips ngenet di warnetnya, kebetulan saya sering banget ke warnet buat mbenerin hp android.. Karena belum ada pc untuk flash dirumah..

    Terimakasih buat tipsnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mas Ihsan! Kalau benerin hp ga pake log in kan? Aman aja berarti.

      Delete
  2. udahhh nggak pernah ke Warnet hahahaha

    ReplyDelete
  3. Udah lama ga ke warnet... Hrs hati2 ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau terpaksa ke warnet, harus waspada ya mbak

      Delete
  4. saya dah pernah kena tu mas saat buka facebook dan lupa log out

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kadang lupa logout. Makanya facebook sampai diobok-obok.

      Delete
  5. harus hapus semua jejaknya yah, tapi sekarang warnet udah jarang banget sih soalnya hp udah pada canggih, ketambah banyak juga laptop atau notebook bekas dengan harga murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas. Warnet yang ada sekarang didominasi sama warnet gaming.

      Delete
  6. Bahaya banget, ya mas, untungnya saya nggak pernah ngenet di warnet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngenet dirumah aja lebih aman dan geratis tentunya

      Delete
  7. iya ya betul juga nih.... yg sering ke warnet harus memperhatikan hal ini nih.... untungnya saya gak pernah ke warnet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga cuman warnet mbak. Komputer umum di kantor juga

      Delete
  8. Nah ini nih yang perlu diwaspadai bahaya buka internet di warnet, faktor yang paling membahayakan lagi jika kita melakukan transaksi atau pembayaran online yang melibatkan terbukanya login rekening bank kita mas, huuuu jangan sampai ya, ini dikhawatirkan jika tempat tersebut telah dipasang radio penyedap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agreed. Itu yang paling ditakutkan. Akun rekening bank atau paypal kalau diambil orang bisa ngilu dan nyut-nyut.

      Delete
  9. Betul banget mang, ngenet di warnet memang beresiko.. sebaiknya memperhatikan banyak hal seperti yang dipaparkan di atas supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan kita nantinya...

    ReplyDelete
  10. Penjelasannya sangat mendetail bingit nih mas, saya mah udah lama bgt gak maen ke warnet lagi. Kalo ingat waktu pertama ke warnet jadi suka pengen ketawa sendiri mas, maen ke warnet cuma bisa buka google trus donlot gambar-gambar doang, itu aja udah girang bgt bisa donlot trus disave di disket hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya ke warnet cuma buat ngintipin gamer cewe :D

      Delete
  11. sekarang mah warnet juga udah sepi mas gak laku, malah udah banyak yg pada tutup. Waktu jaman sekolah mah ampe sering bgt maen ke Binus buat bisa ngenet rada cepet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah deket Binus mas? Sekolah disana juga kah?

      Delete
  12. Informasi ini tentu sangat berguna buat kita semua agar lebih berhati-hati jika maen internet di warnet

    ReplyDelete
  13. ribet juga ya tapi kalo pake on screen keyboard

    -M.
    http://www.inklocita.com/2017/04/day-two-japan.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. On-screennya buat ngetik password aja mbak. Biar ga kerekam.
      Linknya ga muncul itu mbak. Pake href dung biar muncul

      Delete
  14. kebetulan tempat saya jarang sekali warnet,jadi ga pernah main ke warnet.tapi boleh juga tips ini di terapkan ketika pake komputer/laptop teman agr lebih berhati hati untuk keamanan akun kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap. Ga cuma di warnet. Di komputer umum atau yang bukan milik kita juga harus waspadah

      Delete
  15. maaf kalau oot saya ngga mau ngomentarin postingannya, cuma mau bilang kereen kang dengan template barunya, gini dong kan jadi mobile friendly, jadi kalau di buka pakai hp ga kudu di zoom dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Nyerah saya pake templet default. Ngeditnya zuzah hehe

      Delete
    2. Owh ya stu lagi mas putra, blog njenengan tidak bisa di buka kalau tanpa www

      Delete
    3. Iya bener. Itu belum dibaikin. Kemarin-kemarin pas mau baikin server yang punya domain lagi down. Jadi ga bisa login. Thanks udah ngingatin ya

      Delete
  16. Kalau memang udah niat, meskipun pake cara diatas tetap saja kecolongan mas,,, apalagi kalau yang punya warnetnya tidak punya etika, karena dibrowser bisa dipasangin plugin, yang bisa menangkap username dan pwd sebelum dikirim ke server... dan itu gak kedetek sebagai virus,,, mungkin yang perlu di perhatikan adalah muka pemilik warnetnya,, kalau mukanya kayak maling sebaiknya jangan jadi untuk ngenet... heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waha! Tips tambahan dari mas Ahmad: perhatikan wajah si empunya warnet. Nice one!

      Delete
  17. sip gan.
    makanya si pemilik warnet usahakn di beri deprez ja heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deepfreeze bisa menjamin aman. Tapi kita ga tau software apa yang diinstal sebelum deepfreeze (oleh si empunya warnet)

      Delete
  18. memang itu lah resiko memakai komputer publik (warnet) ya mas

    yg paling sering ya kebobolan akun,kudu perhatian ekstra kalau gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meding pakai gadget sendiri mas Yanto. Aman, murah, terkendali.

      Delete
  19. wah iya tuh facebookj saya sering dibajak orang, ternyata yang itu toh, terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  20. Semoga bermanfaat. Itu foto avatarnya keren mas!

    ReplyDelete
  21. udah lama ngga ke warnet, lebih sering jadi fakir wifi sih =D boleh juga nih, jaman sekolah dulu boro2 clear history. Thx tipsnya mas~

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !