Sambal Terasi, Pelengkap Santapan Lezat dengan Rasa Pedas yang Menggugah Selera

Gambar : Indonesia.travel

Masakan dengan rasa pedas adalah hal yang sangat disukai dari berbagai kalangan masyarakat. Atas dasar alasan apa sebenarnya hal ini bisa terjadi tidaklah penting. Karena memang sejak dulu budaya masyarakat terutama di Indonesia sangat menyukai sambal dengan rasa pedas ini. Pedas yang ditimbulkan berasal dari cabai yang diolah dengan berbagai resep sehingga menghasilkan sesuatu yang bernama sambal. Salah satu olahan sambal yang populer di masyarakat adalah sambal terasi. Meskipun banyak yang suka dengan sambal ini, tetapi ada pula yang tidak menyukainnya karena aroma yang dihasilkan dari terasi di dalam sambal ini. Di daerah seperti Jawa, sambal seperti ini digunakan menjadi olahan pelengkap dalam menyantap berbagai lauk seperti tempe ayam dan masih banyak lainnya. Apalagi dengan menambahkan lalapan sebagai penyegar yang akan menambah nikmat makanan yang disantap.

Anda mungkin membayangkan bagaimana nikmatnya sambal terasi bila disantap dengan berbagai masakan. Tetapi perlu Anda pahami, bahwa dalam pembuatannya ternyata tidak begitu mudah. Racikan yang dilakukan harus menghasilkan rasa pedas, asin dan manis yang dipadukan, sehingga membuat sambal terasi menjadi lebih nikmat disantap. Setiap daerah sebenarnya mempunyai perbedaan dari bahan atau cara dalam membuat sambal terasi ini. Kalau Anda melihat di Jawa Tengah, di sana untuk mengahasilkan sambal terasi ternyata sesuai dengan selera yang diinginkan. Anda bisa membuat sambal ini dengan bahan matang dan mentah. Perbedaanya sebenarnya dalam proses yang dilakukan untuk mendapatkan sambal tersebut. Masalah komposisi bahan, sebetulnya tidak mengalami perbedaan dan bisa dipastikan sama. Tetapi kebanyakan orang yang suka dengan pedas lebih memilih sambal terasi mentah. Hal ini karena rasa yang dihasilkan dari sambal tersebut bisa memberikan efek lebih pedas. Tetapi semuanya itu tetapi dikembalikan sesuai dengan selera penikmatnya.

Bagaimana cara terbaik untuk bisa menikmati sambal terasi ini? Jawaban dari pertanyaan ini memang tergantung dengan selera. Namun, kebanyakan orang yang merasa nikmat dengan sambal ini mempunyai cara yang tidak jauh berbeda. Di mana menikmati sambal ini dengan sayran-sayuran segar (lalapan). Kemudian ada nasi dengan lauk yang Anda inginkan seperti ayam misalnya. Hanya dengan menu yang sederhana itu saja, sambal terasi akan terasa nikmat dan menggugah selera Anda. Meskipun tidak semua orang suka menyantap sambal setiap hari, tetapi sebagai selingan patut Anda coba untuk menikmati sambal terasi.
http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !