Tuesday, February 28, 2017

Harga Sepeda Tidak Menentukan Keamanan, Pakai Tips Aman Bersepeda Ini!

Gambar: Bukalapak.com


Sepeda sudah menjadi olahraga rakyat yang banyak disukai. Selain karena menyehatkan, bersepeda juga bahkan bisa membakar ratusan kalori yang ada di tubuh sehingga bisa menjadi salah satu jalan diet untuk mereka dengan berat badan berlebih. Selain itu, penelitian juga menyebutkan bahwa olahraga bersepeda juga bisa menjadi media untuk menenangkan fikiran lantaran bisa melihat pemandangan di sekitar dan juga menghirup udara bebas kala bersepeda. Jenis dan harga sepeda berbeda-beda tergantung dengan fitur dan kegunaannya.

Namun untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, tentunya olahraga sepeda yang dilakukan harus aman. Cuaca ekstrim, jalanan terjal, polusi dan lain sebagainya bisa mengundang resiko tersendiri untuk Anda para pesepeda. Oleh karena itu sangat disarankan untuk bersepeda dengan aman dan nyaman lewat tips berikut ini:

Keamanan utama
Harga sepeda yang mahal tidak menjamin keselamatan pengendara. Namun dengan kepedulian yang lebih, maka keamanan diri bisa lebih terlindungi. Pastikan sebelum memulai bersepeda, Anda mengutamakan keamanan dengan mengecek tiga hal, yaitu udara pada ban sehingga ban tidak kempes dan pas untuk perjalanan, rem yang bisa bekerja dengan baik dan juga rantai sepeda yang tidak macet. Dengan ketiga pengecekan sederhana tersebut, tahapan keamanan bersepeda yang pertama telah terlewati.

Tata cara bersepeda

Selain itu Anda juga perlu mengetahui tata cara bersepeda yang tepat. Anda harus bisa mengendarai sepeda dengan baik terlebih dahulu untuk menghindari jatuh dan lainnya. Selain itu jika Anda mengendarai sepeda di jalanan atau di medan khusus, maka keterampilan dalam bersepeda juga tidak boleh hanya sembarangan. Jika di jalanan, pastikan untuk mematuhi rambu lalu lintas.

Helm sepeda

Tak hanya motor yang mewajibkan pengendaranya untuk memakai helm. Pengendara sepeda juga wajib memakai helm pengaman khusus sepeda yang berbeda desainnya dengan helm motor. Helm bisa sebagai pelindung kepala dari benturan yang tidak diinginkan jika nantinya Anda jatuh dari sepeda. Hal ini lantaran di dalam kepala terdapat organ penting yang mengatur seluruh tubuh yaitu otak sehingga wajib diberi perlindungan lebih.

Pilih sepatu yang cocok

Mengayuh pedal sepeda terus menerus tentu mudah menjadikan kaki Anda terasa pegal dan capek, apalagi jika Anda mengayuh nya hanya dengan sandal jepit, tentu semakin capek. Oleh karena itu, pastikan untuk memakai sepatu yang nyaman untuk olahraga bersepeda ini. Jangan lupa untuk menyimpulkan talinya terlebih dahulu jika sepatu Anda bertali. Dengan adanya sepatu yang khusus, maka bersepeda pun bisa menjadi semakin nyaman.

Pilih lokasi yang tepat
Bagi Anda pesepeda yang sudah handal, melewati medan yang terjal dan berbatu mungkin sudah biasa dan justru menantang. Namun untuk para pesepeda biasa atau pemula, tentunya medan seperti ini sangat berbahaya dilalui jika tidak didampingi oleh mereka yang ahli. Oleh karena itu, lokasi bersepeda juga bisa menjadi penentu alat keamanan tambahan yang akan dibawa nantinya. Anda bisa memilih lokasi yang terdekat dari rumah dengan medan jalanan biasa jika hanya ingin berolahraga.

Bersepeda ketika cuaca sedang cerah dan baik tentu lebih aman dibanding bersepeda ketika hujan dan berangin. Untuk itu cuaca juga bisa berpengaruh terhadap hal ini. Anda bisa memilih jenis sepeda yang bisa membuat Anda nyaman seperti sepeda MTB, BMX, fixie, dan sepeda lainnya dimana harga sepeda tersebut berbeda-beda di pasaran.

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !