Cara Mengatasi Pilek Pada Anak Dengan Mudah Tanpa Menggunakan Obat

Gambar: Lifebuoy.co.id

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena pilek. Penyakit ini memang tergolong ke dalam penyakit ringan. Namun jika anak terserang penyakit ini akan sangat tidak nyaman. Maka sebagai Ibu yang tanggap sebaiknya segera obati apabila anak mengalami gejala pilek. Cara mengatasi pilek pada anak bisa dengan tidak menggunakan obat-obatan. Meskipun memang langkah cepat dalam mengobati penyakit ini dengan menggunakan obat pilek khusus anak. Mengobati pilek dengan tanpa obat ditujukan agar tubuh anak tidak terbiasa menerima obat. Hal ini untuk menghindarkan anak mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Pilek merupakan penyakit ringan yang terjadi dikarenakan infeksi virus. Penyakit ini menular dengan dua cara yakni secara langsung dan secara tidak langsung. Secara langsung pilek menginfeksi tubuh anak. Sedangkan secara tidak langsung pilek menyerang anak melalui udara. Biasanya tertular oleh orang dewasa yang sedang mengalami pilek. Jika sudah terinfeksi maka anak akan dengan mudah terkena pilek. Dalam 1 tahun anak bisa mengalami penyakit ini 10 hingga 12 kali. Penyakit pilek ditandai dengan keluarnya lender pada hidung, tenggorokan yang tidak nyaman hingga sakit, serta suara yang menjadi serak. Tak hanya itu, penyakit ini juga diikuti dengan gejala-gejala lain seperti demam, mudah lelah, menurunnya kinerja indera pengecap dan penciuman, mata berair, dan sakit kepala. Bagi orang dewasa gejala pilek yang kompleks ini membuatnya susah untuk bangun, apalagi anak-anak. Oleh karena itu dibutuhkan cara mengatasi pilek pada anak yang tepat agar tidak terus menyiksa anak.

Bagi ibu yang sudah mengetahui gejala pilek pada anak maka bisa diobati dengan beberapa cara mengatasi pilek pada anak berikut ini:

Istirahat

Bagi penderita pilek kebanyakan akan diminta untuk istirahat yang cukup. Buatlah anak beristirahat dengan merebahkan kepala lebih tinggi dibandingkan bagian tubuh lain. Selanjutnya gunakan selimut yang tebal agar anak nyaman.

Minum air putih
Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang lewat lender maka dibutuhkan minum air putih yang cukup. Dengan demikian tubuh anak tidak akan mudah lelah.

Minum Madu
Madu mampu membantu dalam melegakan tenggorokan dan sakit kepala. Mengkonsumsi madu bisa menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Selain itu bisa membantu mengembalikan kekebalan tubuh sehingga virus akan cepat hilang. Larutkan satu sendok madu pada minuman anak agar tubuh cepat membaik.

Dengan 3 cara sederhana diatas ibu bisa digunakan sebagai cara alternative untuk mengobati pilek pada anak.
http://www.blogputra.com/p/lik.html

Wahyu Putra Perdana

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !