Tentang Tata Cara Umroh Agar Sesuai Sunnah

Gambar: Abutours.com

Umroh merupakaan rangkaian ibadah yang dituntunkan ajaran Islam, secara teknis nyaris serupa dengan ibadah haji. Ibadah ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa rangkaian ibadah di kota Mekah, Khususnya di Majidil Haram. Secara teknis berdasarkan syariah, umroh berarti melaksanakan tawaf di Ka’bah dan Sa’i antara Shofa dan Marwah dengan menggunakan pakaian ihram yang di ambil dari Miqat, tata cara umroh agar sesuai sunnah yang dilakukan oleh jamaah harus sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Terdapat rukun rukun yang harus dipenuhi dalam melaksanakan ibadah umroh, dengan kewajiban yang harus dijalankan serta semua tata cara umroh yang harus Anda lakukan secara berurutan agar rangkaian ibadah umroh Anda sah dan mabrur.

Sebelum Anda melakukan tata cara umroh agar sesuai sunnah Anda perlu tahu syarat yang harus dipenuhi bagi seorang muslim, berakal, sudah Baligh ( laki – laki yang ditandai dengan mimpi basah, sedangkan untuk wanita ditandai dengan datang bulan atau menstruasi ), serta mampu dalam hal finansial, fisik serta mempunyai kesehatan yang baik pula. Rangkaian tata cara umroh yang pertama adalah ihram, ihram adalah pakaian wajib untuk memulai segala aktivitas saat berumroh pakaian ini identik dengan warna putih yang menutupi aurat ketika mengambil niat umroh di Miqot.Yang kedua yaitu Tawaf, tawaf adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang mengajarkan ibadah umroh, kegiatan tawaf ini mengitari Ka’bah sebanyak 7 kali putaran.

Tata cara umroh yang ketiga ialah sa’i, Sa’i termasuk dalam rukun umroh. Sa’i adalah melakukan perjalanan antara bukit Safa dan Marwah. Sa’i merupakain napak tilas agar Anda tahu dari mana sumber dari air zam – zam dan dimana dahulu ibu nabi Ismail AS harus berlari mencari air bagi putranya, dan sampai sekarang air zam – zam itu terus mengalir dan tidak pernah kering walaupun setiap harinya ada jutaan jamah yang meminumnya. Banyak riset yang menyatakan bahwa air zam – zam merupakan mata air paling bagus yang ada di dunia. Setalah melakukan Sa’i, selanjutnya Anda harus melakukan tahallul. Yaitu memotong atau mencukur helai rambut (boleh mencukur sebagian dan boleh juga mencukur semua) Demikian info tentang tata cara umroh agar sesuai sunnah nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Wahyu Putra Perdana

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !