Cara Memijat Bayi Yang Benar

Gambar : Zwitsal.co.id
Sebuah pijatan hangat dari tangan Anda untuk seorang bayi dapat memberikan banyak manfaat untuk si kecil. Untuk itu Anda perlu mempelajari cara memijat bayi yang benar agar Anda dapat memijat si kecil sewaktu-waktu. Karena tubuh seorang bayi masih terlalu lemah maka dari itu ketika hendak memijatnya sebaiknya harus memperhatikan berbagai hal agar nantinya tidak menyakiti tubuh mungilnya tersebut. Setiap pijatan yang Anda berikan kepada si kecil, mampu mendekatkan ikatan Anda dengan si kecil. Pijatan kepada si kecil dapat memberikan berbagai banyak manfaat yang dirasakan oleh sikecil diantaranya dapat membantu agar tidurnya lebih pulas, membuat bayi jarang menangis, dapat membuatnya merasa lebih rileks, meningkatkan sirkulasi darah, melancarkan pencernaan, dapat meningkatkan berat badan, mampu mendukung perkembangan fisik dan mental si kecil. Apabila bayi Anda menderita penyakit kuning sejak lahir, pijatan mampu membuatnya pulih lebih cepat.


Pastikan sebelum Anda memijat si kecil, terlebih dahulu Anda melakukan persiapan cara memijat bayi agar tidak terjadi kesalahan. Persiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan untuk memijat si kecil jangan sampai ada yang terlewatkan. Peralatan yang dibutuhkan hendaknya steril dan bersih, hal ini agar bayi merasa lebih nyaman mengingat bayi masih terbilang sensitif. Yang perlu Anda persiapkan ketika akan memijat si kecil adalah handuk sebagai alas yang lembut, minyak gosok untuk bayi disarankan menggunakan baby oil saja atau bisa juga minyak zaitun, popok dan pakaian bersih. Setelah semua persiapan sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah waktunya Anda untuk memijat si kecil.

Selanjutnya adalah cara memijat bayi yang benar dapat Anda lakukan dengan urutan sebagai berikut:

  • Anda dapat memulai pijatan pada bagian tungkai nya, tuang sedikit baby oil ditelapak tangan Anda kemudian gosokan, dan mulailah untuk memijat lembut area paha kebawah hingga betis.
  • Kemudian Anda bisa memijat bagian lengan dengan lembut hingga ke arah pergelangan tangannya, lakukan pijatan memutar dengan lembut hingga beberapa kali.
  • Setelah lengan kemudian ke arah dada si kecil, letakan kedua tangan Anda di dada sikecil kemudian pijatlah secara lembut kearah luar lakukan gerakan ini beberapa kali.
  • Berikutnya lakukan pijatan di area punggung si kecil, dengan memposisikannya secara tengkurap lalu pijat area tulang leher hingga ke bokongnya dengan ujung jari Anda. Akhiri pijatan dengan pijatan panjang pada sikecil, kemudian setelah selesai pakaikan popok dan juga baju pada si kecil. Peluklah agar ia dapat tidur dengan lelap.
http://www.blogputra.com/p/lik.html

Wahyu Putra Perdana

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !