Wayang Kulit Sebagai Bentuk Warisan Budaya Luhur



Jika membicarakan masalah budaya, Indonesia merupakan negara yang memiliki peninggalan budaya yang sangat banyak jumlahnya. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia terdiri dari beragam suku yang memiliki tradisi dan budayanya masing-masing. Seperti salah satunya Jawa Tengah, yang merupakan provinsi yang sangat kental sekali akan budaya Jawanya. Ada banyak sekali budaya atau tradisi yang dapat kita bahas dari Jawa Tengah. Salah satunya yang menarik adalah tentang wayang kulit pattern.

Wayang ini merupakan warisan budaya Jawa yang sudah sangat dikenal di dunia. Wayang ini berbeda dengan wayang-wayang lainnya, karena bahan yang digunakan adalah dari kulit. Berbeda dengan wayang yang berasal dari daerah di Jawa Barat maupun Jawa Timur yang lebih menggunakan bahan kayu atau lainnya.

Namun, yang tidak berbeda dengan wayang jenis lainnya, wayang kulit pattern ini tetap dimainkan di belakang layar. Dalang yang menjadi tokoh penting dalam memainkan wayang. Wayang biasanya dipentaskan dalam beragam acara, bahkan dalam tradisi Jawa dahulu saat ada pesta pernikahan, wayang dimainkan semalaman suntuk. Nah, lalu apa saja yang diceritakan dalam pentas wayang itu? Cerita wayang biasanya mengambil cerita-cerita dari kisah klasik Hindu Mahabharata dan juga Ramayana. Cerita-cerita yang dihadirkan tidak hanya difungsikan untuk menghibur orang yang menontonnya, tetapi juga untuk mengajarkan nilai-nilai luhur dan pemikiran filosofis yang mendalam dari cerita-cerita yang diangkat dalam pementasan wayang tersebut. Biasanya dalam pementasan wayang akan didampingi atau disertai dengan musik yang berasal dari alunan gamelan.

Cerita yang diangkat dalam pementasan wayang kulit pattern, disesuaikan dengan cerita yang diangkat dalam pesta atau acara tersebut. Cerita-cerita yang ada di dalam pementasan wayang biasanya melibatkan dilema etika dan moral yang dihadapi oleh karakter wayang itu sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa dari cerita wayang terdapat pelajaran yang dapat kita ambil sebagai penontonnya. Itulah yang menjadikan wayang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan. Salah satu wilayah di Jawa Tengah yang terkenal dengan wayangnya berada di Desa Wayang, di Kepuhsari, Kabupaten Wonogori, Jawa Tengah.

Wahyu Putra Perdana

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !