Tips Mendapatkan Dapur Bersih dan Indah

Gambar: Sunlight.co.id
Bagi para ibu pastinya menjaga dapur untuk tetap bersih dan sehat dapat dilakukan secara rutin guna menjaga kebersihan dan keindahan ruangan favoritnya itu. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya dapur senantiasa selalu terjaga kebersihannya. Tips yang pertama untuk menjaga dapur bersih adalah memastikan dapur untuk bisa mendapat cahaya matahari yang cukup supaya dapur mendapatkan penerangan yang memadai. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan dapur dari serangga maupun binatang pengganggu lainnya. Sinar matahari ini memang kurang disukai oleh serangga seperti halnya kecoa, tikus, dan binatang pengganggu lainnya yang menyukai tempat yang gelap dan juga lembab. Selain itu, dapur pun juga harus memiliki jendela yang cukup sebagai salah satu sarana sirkulasi udara yang cukup. Dengan adanya jendela ini asap dan uap saat proses memasak akan langsung dapat dialirkan atau dibuang ke luar ruangan dari dapur ini. 

Sebaiknya rutinlah saat membersihkan dapur terutama dari noda minyak maupun remah-remah makanan setiap kali sesudah selesai memasak. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan dapur dari kuman dan juga bakteri yang memang menyukai sisa-sisa makanan yang telah berceceran tersebut. Dapur bersih memang membutuhkan perhatian yang ekstra karena ada banyak hal yang harus dilakukan. Tips yang berikutnya adalah menghindari penggunaan bahan-bahan yang mengandung plastik terutama peralatan makan di mana zat kimia yang berasal dari bahan plastik ini bisa menjadi racun bagi makanan yang baru selesai dimasak. Selain itu, buanglah sampah dapur secara rutin setiap hari serta jangan biarkan sampah menunggu menumpuk selama berhari-hari. Hal ini dapat menyebabkan bau tak sedap serta dapat pula mengundang kecoa dan tikus. Untuk memiliki dapur bersih dan selalu terjaga kerapihannya maka ada beberapa langkah-langkah yang dapat dilakukan.

Langkah pertama adalah dengan membersihkan lantai dapur terlebih dahulu yakni dengan menyapu dan mengepel lantai. Gunakanlah pembersih untuk keramik dapur yang memiliki daya bersih cukup kuat terutama untuk minyak yang menempel. Dengan begitu kotoran di sekitar dapur dapat dengan mudah dibersihkan dan tak terlanjur mengerak. Selalu biasakan untuk segera membersihkan peralatan dapur dan juga lantai serta keramik dapur hingga bersih. Untuk menjaga keindahannya dapat pula memasang beberapa lukisan di dinding dapur dan memiliki peralatan masak yang unik untuk memunculkan kesan dekoratif. Dapur yang bersih ini hanya dapat diwujudkan jika seluruh penghuni rumah memiliki tekad yang sama untuk senantiasa menjaga kebersihan setiap sudut rumah terutama dapur.
http://www.blogputra.com/p/lik.html

Wahyu Putra Perdana

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !