Mari Kenali Faktor Resiko Penyebab Hipertensi Untuk Tahap Pencegahan

Gambar : Tropicanaslim.com

Penyakit darah tinggi atau yang dikenal dengan hipertensi merupakan sebuah penyakit yang bisa diderita siapa saja. Penting bagi Anda yang belum pernah mengalami penyakit ini, sebaiknya Anda mengetahui beberapa faktor resiko penyebab hipertensi yang bisa Anda cegah untuk mengurangi resiko terkena penyakit hipertensi. Penyakit ini terlihat sepele memang, akan tetapi jika Anda tidak mencegah atau setidaknya tahu mengenai hal-hal yang bisa menyebabkan hipertensi, penyakit ini bisa berakibat fatal nantinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membaca beberapa hal penting terkait faktor resiko yang menyebabkan hipertensi dibawah ini.


Pola makan dan berat badan
Memperhatikan pola makan Anda sehari-hari untuk menghindari terjadinya penyakit hipertensi atau darah tinggi sangatlah penting. Ada beberapa makanan yang porsi atau kandungannya perlu dikontrol sehari-harinya terutama gula, lemak dan juga kalori. Selain itu, makanan yang bergaram juga perlu dikurangi agar tidak membuat cairan yang ada di dalam tubuh terikat atau tertahan sehingga bisa membuat tekanan dalam darah semakin tinggi. Berbicara mengenai berat badan, Anda juga perlu memperhatikan faktor yang satu ini. Apabila Anda memiliki berat badan yang berlebih, Anda perlu waspada akan penyakit darah tinggi. Perhatikan BMI Anda sebelumnya. apabila BMI mencapai angka 25 hingga 30, maka Anda beresiko terkenan hipertensi.

Stress berlebihan
Banyak yang tidak menyadari bahwa stress bisa menjadi salah satu resiko penyebab hipertensi yang perlu diwaspadai. Pada saat stress biasanya pilihan makanan yang dikonsumsi akan kurang baik. Misalnya saja banyak orang yang suka memakan camilan saat stress tanpa mempedulikan kesehatan. Hal ini berpengaruh ke tekanan darah. Selain itu, apabila stress datang, maka hormone adrenalin yang ada dalam tubuh juga semakin meningkat. Hal ini membuat jantung memompa darah lebih cepat dan menyebabkan tekanan darah meningkat.

Kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol
Minum alkohol juga bisa menjadi salah satu faktor yang memacu terjadinya darah tinggi dalam tubuh. Hal ini disebabkan alkohol akan meningkatkan kadar trigliserida yang merupakan kolestrol jahat yang bisa meningkatkan tekanan dalam darah meningkat.

Setelah membaca beberapa uraian di atas, semoga bisa menjadi perhatian bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengetahui beberapa faktor resiko penyebab hipertensi yang bisa saja menyerang Anda tanpa disadari. Untuk itu, tetaplah waspada dan tetap kontrol kesehatan secara berkala dengan dokter terdekat.

http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

No comments:

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !