Monday, December 1, 2014

Jalan Raya Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Satu lagi terobosan yang menurut saya sangat cerdas yang dibuat manusia. Ini adalah jalan pertama yang bisa mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Jalan ini adalah sebuah jalur sepeda yang panjangnya sekitar 70 m yang terletak di kota Krommenie, Belanda. 

http://i2.cdn.turner.com/cnn/dam/assets/141112211914-01-solar-road-horizontal-gallery.jpg
Jalan ini terbuat dari beton dengan panel surya yang dilapisi kaca diatasnya. Energi yang dihasilkan dari jalan ini akan dimanfaatkan untuk menghidupkan lampu jalan dan bahkan bisa digunakan untuk rumah tangga. Luar biasa. Suatu ide yang sebenarnya tidak terlalu "baru" tapi dikombinasikan dengan cara yang cerdas menghasilkan teknologi ramah lingkungan dan gratis. 
http://i2.cdn.turner.com/cnn/dam/assets/141112211924-04-solar-road-horizontal-gallery.jpg
http://i2.cdn.turner.com/cnn/dam/assets/141112211914-01-solar-road-horizontal-gallery.jpg

Semoga Indonesia bisa menyusul ya.

15 comments:

  1. Kapan indonesia bisa membuat jalan sebagai media pembangkit listrik, boro2 pembangkit listrik jalan dikita untuk dilewati kendaraan juga banyak yang bolong tidak terurus..

    ReplyDelete
  2. Keren banget neh infonya, kalo ada di daerah saya pasti semua semaki murah hehe

    ReplyDelete
  3. Keren ya. Pasti mahal tuh biayanya. Wkwkwk :D

    ReplyDelete
  4. wow, keren jalanannya, bisa menghasilkan energi

    ReplyDelete
  5. Kita doakan Indonesia bisa bikin juga yaa. Kalau bisa motor jalannya ga pake bensin lah hohohoo

    ReplyDelete
  6. Wih trobosan baru nih... gan.. Indonesia tidak boleh kalah nih

    ReplyDelete
  7. yakin indonesia sanggup menyusulnya, hehe..!!!

    tetapi luar biasa, jalanan saja sangat memberikan manfaat, emang orang luar, apa saja bisa diciptakan ya mas, mantaf..

    ReplyDelete
  8. M. Nuhan; Yoi gan. Jalan aspal kita leih panjang dari Belanda Hoooho

    Devy; Amin amin aminnn :))

    ReplyDelete
  9. coba di Indonesia ada yang seperti itu yah,,pasti semua jalan raya jadi terang benderang dimalam hari.....

    ReplyDelete
  10. amiiien semoga bener2 bisa menyusul ya mas...

    ReplyDelete
  11. Dede; Dwiex; mari sama-sama berharap hohohoh

    ReplyDelete
  12. Ide yang sangat bagus mas.... sangat cerdas sekali pencipta pertamanya....

    ReplyDelete
  13. Mahruz; very smart, right hehee

    ReplyDelete
  14. makin modern aja ya teknologi jaman sekarang, jalan raya aja bisa dimanfaatkan untuk tenaga surya :D

    ReplyDelete
  15. Sayangnya Di Indonesia Belum Ada :D

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !