Kenapa Tidak Menggunakan Domain Co.cc ?

Tautan
Ternyata masih ada pertanyaan di buku tamu saya. Yang disampaikan oleh Mas Bow. Saya ucapkan terima kasih kepada MAs Bow. Lagi lagi saya dapat ide posting dari buku tamu blog ini.

OK, pertanyaannya begini :
Kenapa blogger senior tidak menggunakan domain Co.cc ?

Sebenarnya, tidak juga sih. Masih ada kok blogger master yang menggunakan domain co.cc. Ada beberapa blogger (yang saya anggap MAster) yang menggunakan domain co.cc. Salah satunya adalah Mas Doyok. Ingat kan ? Yap, Mas Doyok menggunakan domain Co.cc pada blognya yang beralamat di http://www.masdoyok.co.cc.
Silahkan Anda mengunjungi blog beliau. Isinya saya yakin bermanfaat. Khususnya bagi para blogger, seperti saya.

Trus, kenapa domain Co.cc jarang dipakai ?
Kenapa jarang blogger yang menggunakan domain Co.cc ? Padahal kan domain ini gratis ?

Ok, kalau menurut saya, ada beberapa hal yang membuat blogger tidak menggunakan domain ini. Dari yang saya pernah dengar, alasannya adalah :

1. Domain ini memang gratis. Tapi baru baru ini, saya dengar bahwa akan ada penarikan sejumlah biaya jika kita ingin memperpanjang tenggang domain ini. Jadi ini membuat seorang blogger jadi agak ragu untuk menggunakan domain ini.

2. OK, kita anggap saja ini gratis. Tapi perlu kita ketahui bahwa domain Co.cc bukanlah second-level domain. Domain Co.cc masuk dalam kategori 3rd-level domain. Ini berarti, domain cO.cc adalah sama kedudukannya dengan domain blogspot.com. Sama sama 3rd-level domain.

3. Seorang blogger yang mengerti tentang SEO (search engine optimation) pernah bilang kalau domain ini kurang SEO friendly. Maksudnya, Google agak tidak suka dengan domain ini. Anda mungkin lebih tahu tentang SEO daripada saya.

Hal itulah yang membuat seorang blogger tidak menggunakan domain co.cc. Dulunya saya juga pernah membuat blog dengan domain co.cc.

Menurut saya, seorang blogger mungkin memilih domain co.cc karena untuk memperpendek domainnya saja. Misalkan blabla.blogspot.com menjadi blabla.co.cc, atau blabla.wordpress.com majadi blabla.co.cc, dan sebagainya.
Oya, satu hal yang menarik dari domain ini adalah mendukung CNAME. Dengan fasilitas CNAME, kita bisa membuat email dengan domain kita sendiri, misalnya admin@blabla.co.cc. Seperti email saya yang Alhamdulillah masih aktif di putra@tambak-rel.co.cc. Tapi sekarang domain itu sudah tidak saya urus lagi.

Mungkin itulah daya tarik domain Co.cc. Ok, sekian posting kali ini. Semoga bermanfaat.
http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

14 comments:

  1. Kemarin aku habis perpanjangan domain co.cc ternyata juga gratis kalau untuk blog pribadi, berbayar jika blog komersil.

    ReplyDelete
  2. saya juga punya blog dengan domain co.cc gak pernah keurus,gak tahu kenapa??mungkin udah kecanduan yang blogspot..ehehe

    ReplyDelete
  3. kl ane pikir sih mendingan .info drpd .co.cc..
    wong cuma 8000 perak kok..
    bang putra blog nya keren..
    ane suka yg gmbar orang pjk kiri bawah nii..
    keren idenya..

    ReplyDelete
  4. nice post mister, aku juga pengguna domain CO.CC dan ini ternyata hanya subdomain saja bukan domain, mungkin kapan nanti aku juga akan menggantinya, ternyata domain sendiri katanya lebih aman dan mudah terindeks oleh google jika kita rajin mengupdatenya.....

    regards,

    ReplyDelete
  5. ok, sama sama menerima dan merasakan manfaatnya.

    ReplyDelete
  6. Kalau menurutku sih co cc agak kurang kenceng larinya kawan

    ReplyDelete
  7. aku juga punya domain co.cc mudah-mudahan kalau diperpanjang gratis

    ReplyDelete
  8. kalau aq kalau g dot com sebaiknya enggak aja, ttp pakai blogspot ajah

    ReplyDelete
  9. menurut kabar kabur kan cuma setaun aja ya gratisnya...
    kalo gitu mending beli aja domain .com

    ReplyDelete
  10. siip banget infonya,,lanjutgan

    ReplyDelete
  11. hmmmm.... makasih buat infonya ya..
    ssukses terus...

    ReplyDelete
  12. co.cc dianggap sebagai situs scam oleh google, jadi yang punya domain co.cc jangan harap muncul di google pada mode pencarian yang biasa ..

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !