Bisakah Jualan Lewat Blog ?


Kemarin, ada sebuah pertanyaan yang ditulis oleh Mas Budi pada buku tamu blogputra. Isinya adalah sebuah pertanyaan "apakah bisa berjualan di blog?".

Saya ucapkan terima kasih pada Mas Budi. Karena saya kebetulan lagi bingung mau nulis apa. Alhamdulillah dapat bahan posting dari pertanyaan di buku tamu.
OK, Bisakah kita memanfaatkan blog sebagai media untuk menjual barang. Jawabannya tentu saja "BISA". Tapi setahu saya sih, agak sedikit ribet.

Sebuah blog, memang pada awalnya hanya dibuat untuk menulis cerita sehari hari, atau yang sering kita sebut dengan diary, yang ditulis oleh pemilik blog, dilihat oleh pemilik blog, dan dikunjungi oleh pemilik blog itu sendiri. Tapi itu dulu (sekali). Sekarang, sebuah blog tidak hanya digunakan untuk menulis diary, tapi lebih banyak digunakan sebagai media informasi dan bisnis, termasuk sebagai toko online.

Sudah banyak blog blog yang dibuat khusus oleh pemiliknya yang digunakan untuk menjual barang. Mulai, barang elektronik, perabotan, pakaian, makanan, sampai barang barang simple.

Hanya saja, cara berjualan di blog dengan di website sangat berbeda. Kalau di website, seperti joomla, akan lebih mudah. Karena semua sistem pembelian (order) dilakukan secara otomatis. Tinggal klik, klik dan klik.

Berbeda dengan cara kita berjualan di blog, seperti pada blogspot, proses pembelian (order) dilakukan agak sedikit ribet. Kira kira kronologisnya seperti ini :

jika ada pengunjung yang ingin membeli (order) barang di blog (blogspot), maka dia harus mengirimkan email secara manual berdasarkan komposisi tertentu ke sang pemilik blog.
Kemudian, pemilik blog membaca email order tadi. Kemudian sang pemilik blog membalas email tadi ke pembeli untuk memberi tahukan tata cara pembayaran (biasanya lewat bank).
Setelah pambeli mengirim uangnya, Ia akan konfirmasi kembali ke pemilik blog melalui email (lagi), bahwa Ia sudah mengirimkan uangnya. Tentunya dengan mencantumkan beberapa bukti pembayaran.
Nah, kemudian sang pemilik blog memeriksa emailnya, mencocokan data pembayaran, dll. Jika sang pemilik blog telah menerima uangnya, barulah pemilik blog mengirimkan barang ke tempat sang pembeli.

Ribet kan? Memang begitu. Meskipun agak ribet, tapi berjualan di blog (blogspot) bisa menjadi pilihan jika Anda kurang mengerti tentang website.

Tapi saya kurang tahu dengan cara berjualan di blog Wordpress. Apakah ada plugin tertentu yang khusus digunakan untuk jual beli atau sama saja. Karena saya sendiri masih belum mengerti tentang blog Wordpress. Mungkin sobat blogger yang menggunakan Wordpress bisa sharing disini.
Bagaimana cara berjualan di blog berbasis Wordpress.





Related Posts



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

9 Response to "Bisakah Jualan Lewat Blog ?"

  1. aan Says:
    April 13, 2010 at 9:51 PM

    klo jualan lewat blog itu bisa,,trs kalo jual beli blog bisa ngga yah??

  2. Rock Says:
    April 14, 2010 at 4:45 AM

    Kalau jualan di blogku gak laku putra...
    pengunjungnya aja masih sepi...
    kasih tips untuk memperbanyak pengunjung dong putra...

  3. aryadevi Says:
    April 14, 2010 at 8:27 AM

    :m:

  4. Bunglon Blog Says:
    April 14, 2010 at 11:14 AM

    halo sob..kalo memang di optimalkan blog bisaa menjadi sarana
    pemasaran tergantung dari manajemen marketingnya ya kan bisa aj ko jualan di blog...
    oh ya sxan konfirmasi link sudah saya pasang silahkan mampir untuk dikoreksi...
    Sukses slalu!

  5. angger Says:
    April 14, 2010 at 12:07 PM

    blog saya masih sepi,gimana mau jualan?

  6. nurrahman Says:
    April 15, 2010 at 10:02 AM

    pake e-commerce kyk cubeart lbh afdol utk jualan OL :D

  7. van Says:
    April 15, 2010 at 7:25 PM

    lebih mantep pake joomla lah mas,,
    lebih simple gak ribet kayak pake blogspot... :h:

  8. Neviola FC Jakarta Says:
    January 13, 2013 at 1:05 AM

    sekedar share aja ya, salah satu keistimewaan blog, sangat bagus untuk memuat artikel yang panjang (tidak seperti toko online yang terbatas sampai .... karakter). buat artikelnya dagangan agan yang menarik, letakan link toko online agan juga bisa,ini sudah ane praktekan dan hasilnya lumayan.

    silahkan mampir ke blog ane yang buat jualan
    http://deorexantibaubadan.blogspot.com/

  9. Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan Says:
    January 28, 2013 at 11:24 PM

    Memang pengguna internet semakin banyak,, dan banyak dari mereka memilih belanja atau membeli barang secara online, jadi peluang akan terbuka lebar..

Post a Comment

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !

Prev Prev Prev
RSS