UN, uhhhh


Dari judulnya sudah terlihat bagaimana raut wajah sang penulis ketika menulisnya. Agak "nyengir" sedikit. Ya, sepertinya UN tahun ini akan tetap berjalan, tak ada yang menghalangi. Padahal saya sudah sempat gembira mendengar bahwa ada kontroversi tentang pelaksanaan UN 2010 waktu itu. Tapi sepertinya kontroversi yang saya kira penting itu malah nggak terdengar lagi akhir akhir ini. Sekarang Negara ini lagi serius sama masalah yang lebih kompleks (katanya). Apa lagi kalau bukan Century.

Pak SBY bilang kalau UN akan tetap terlaksana, tapi dengan format baru. Yang menurut saya sendiri format itu lebih menyusahkan kami. Lebih membuat anak bangsa ini stress.

Nggak salah kalau banyak yang bilang UN itu tidak adil. JELAS ! Kami sekolah selama 3 tahun, susah payah, habis biaya banyak, mengorbankan waktu yang tidak sedikit. Tapi kelulusan hanya ditentukan oleh 3 hari. Kalau nggak lulus artinya semua PERCUMA. Untuk apa kita sekolah lama lama kalau gitu ..
Mending nggak usah sekolah, ntar pas hari UN, baru turun untuk melaksanakan UN. Itu kata teman saya.

ADa benernya juga sih. Kalau UN masih digunakan sebagai standar kelulusan, tujuan kita bersekolah ini seakan bukan untuk mencari ILMU, tapi hanya untuk LULUS.

Malah saya menemukan komentar pedas di sebuah forum yang membahas tentang pelaksanaan UN tahun ini. Kurang lebihnya begini.
"Hapus UN !! UN hanya menyusahkan siswa. Coba pejabat kita yang dikasih soal UN, gimana ??? Apa mereka juga bisa lulus ?"
Cukup panas bukan ?

Sekian dulu posting curhat kali ini. INi juga perwakilan dari seluruh siswa Indonesia yang tidak setuju dengan pelaksanaan UN. Semoga mereka mendengarnya. Tidak hanya dengar, tapi juga diresapi.
http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

5 comments:

  1. hahaha... semoga sukses UN nya putra...

    ReplyDelete
  2. untung q dah gk sekolah.. hehehehe

    ReplyDelete
  3. wah2 mas putra masih ikut UN ternyata?
    sukses yaa!
    menurut saya sih, adanya UN atau tidak, sudah tidak banyak berpengaruh, ada baiknya filter dari kependidikan kita di perkuat dengan pertimbagan kelulusan yang objektif dari sekolah sendiri, karena jelas, sekolah kita yang tau kan kualitas muridnya seperti apa?

    namun tentunya hal ini akan menimbulkan banyak masalah baru ya?
    seperti, kemungkinan ketidakobjektifan siswa, tapi bisa juga hal ini di akali dengan pengetatan sistem saat penerimaan mahasiswa baru atau SNMPTN mungkin dg begitu kontrol terhadap kualitas individu masih bisa dilakukan :)

    ReplyDelete
  4. WAh,..Smangat Teman,..SMOGA SUKSES,..!!! bdw,..nantu kalau ada waktu luang tlg berkunjung ke tempat saya,..ada sesuatu untukmu...:j:

    ReplyDelete
  5. Memang menurut saya UN itu tidak adil... seperti sudah bekerja selama bertahun-tahun, tapi tidak dihargai hasil kerja kita... dan hanya dihargai selama beberapa hari kerja saja...

    ReplyDelete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !