Promosi Blog di Facebook

Promosi Blog di Facebook
Bagi sebuah blog, traffic/visitor adalah hal utama. Apalagi jika blog tersebut terlahir untuk dimonetize. Ibarat darah dalam aliran tubuh manusia traffic membuat sang empunya blog berfikir keras bagaimana caranya agar bisa membawa traffic yang besar ke blognya.

Blog yang sudah memiliki pembaca setia/subscriber yang banyak tentu tidak perlu repot-repot memikirkan cara mendatangkan traffic. Tinggal merakit artikel yang relevan secara konsisten, pengunjungnya akan setia mengunjungi blog tersebut.

Bagi beberapa blog yang sepi pengunjung (seperti blog ini), yang tidak memiliki banyak subscriber, harus ada effort lebih untuk bisa mendapat traffic lebih. Nah, salah satu caranya adalah mempromosikan blog lewat facebook.

Facebook sebagai sosial media terbesar saat ini tentu menjadi peluang yang baik untuk kita mempromosikan blog kita kepada orang-orang baru. Dengan harapan, pengguna facebook yang tertarik dengan blog kita akan mengunjungi, membaca, memberikan komentar, bahkan mensubscribe artikel di blog kita.

Ada beberapa cara mempromosikan blog lewat facebook. Beberapa diantaranya sudah saya coba sendiri. Dan hasilnya lumayan signifikan. Traffic blog bisa meningkat sampai 300%!

1.    Link blog di profil facebook
Hal yang paling sederhana adalah dengan memberikan link di profil facebook Anda. Sederhana. Tapi hal simple ini seakan memberitahukan pada teman-teman Anda bahwa Anda memiliki blog, dan tidak ada salahnya mereka mencoba untuk membukanya.

2.    Memasang update status berupa postingan di blog

Daripada berkeluh kesah apalagi menulis kata-kata yang tidak penting di status facebook, akan lebih baik jika kita mengisi status terbaru kita dengan postingan yang ada di blog. Pilih artikel mana yang kira-kira dibutuhkan oleh teman-teman Anda, kemudian share untuk bisa dilihat mereka. Tidak menutup kemungkinan mereka bisa jadi pembaca setia Anda.

3.    Share di grub facebook yang relevan
Share posting blog di grub facebook adalah hal ajaib yang bisa meningkatkan traffic blog Anda lebih dari 100%. Namun sebaiknya kita tidak men-share posting bog di banyak grub sekaligus. Karena facebook bisa mencap Anda sebagai spammer. Yang berujung pada banned-nya akun facebook Anda. Berabunglah hanya di grub-grub yang relevan dengan tema blog Anda. Contohnya jika blog Anda bertema modifikasi motor, Anda bisa bergabung dan men-share postingan tersebut di “grub anak motor”, atau “perkumpulan pecinta modifikasi motor”, dan sebagainya yang kemungkinan besar tertarik dengan tema tulisan Anda.


     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-9076930071970846"
     data-ad-slot="8088063389"
     data-ad-format="link">


4.    Buat fanpage blog Anda
Dengan fanpage, Anda bisa menjaring pembaca setia baru untuk blog Anda. Karena orang yang me-like fanpage Anda kemungkinan besar memang tertarik dengan blog/artikel Anda. Kecuali dia tidak sengaja mengarahkan pointernya ke tombol like.

5.    Buat grub blog Anda sendiri
Ketika dirasa Anda sudah memiliki banyak fans, Anda bisa pertimbangkan untuk membuat grub untuk mereka. Dengan grub, Anda akan menciptakan sebuah komunitas pecinta blog Anda dimana segala aktifitas yang ada di grub tersebut berkaitan dengan blog Anda. Ini akan mendongkrak traffic blog Anda secara massif.

6.    Gunakan Facebook Ads
Jika Anda memiliki buget berlebih, Anda bisa gunakan fitur facebook ads untuk mendatangkan traffic blog Anda secara instan. Anda bisa mengatur target iklan untuk blog Anda agar bisa dilihat oleh orang-orang yang memiliki kecenderungan untuk membaca blog Anda.

Mempromosikan blog lewat facebook jelas bisa meningkatkan traffic blog. Kita tidak bisa menggantungkan traffic hanya pada facebook. Karena cara ini sebagian besar mendatangkan anorganic traffic. Anda harus lebih mengutamakan organic traffic sebagai pondasi traffic blog Anda, yakni dengan optimasi SEO.
http://www.blogputra.com/2017/07/blogputra-buka-jasa-like-fb-page.html

Wahyu Putra Perdana

20 comments:

  1. cara masukin artikel di facebook tuch gimana ya bro?

    ReplyDelete
  2. hamm... hmm.... hmm...
    lumayan ada ilmu yang bermanfaat, tanks sobat

    ReplyDelete
  3. To: ekads ,,
    Banyak caranya Om ,, kita bisa masukin alamat blog kita di profil ,, trus bisa juga masukin di status ,,

    To: taqin ,,,
    OK om,, thanks udah mampir ya ,,

    ReplyDelete
  4. Saya koq kurang sreg yah posting artikel di facebook (fb), kurang gregetnya.. rata-rata temen-temen fb itu kurang begitu suka blog atau blm tahu banyak tentang dunia blog, entahlah... lebih suka blogwalking..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malahan lebih suka promosi di twitter, kita tinggal mention ke akun komunitas blog dengan tambahan hastag tertentun, nanti bakalan di retweet, salah satu akun yang sering jadi sarana promosi yaitu @Warung_Blogger

      Delete
    2. Boleh juga tuh. Nanti saya coba twitin

      Delete
  5. Thanks atas Informasinya, sangat bermanfaat nih buat saya yg lagi berproses belajar ...

    ReplyDelete
  6. fans page udah punya,gabung grup jg sudah cuman share artikel ini cuman kadang2 saja saya lakukan mas soalnya nggak begitu aktif di fb sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Di fb banyak anak-anak alay. Makanya kita jadi males bukanya

      Delete
  7. Replies
    1. Itu jalan praktisnya mbak. Tapi ga geratis :)

      Delete
  8. baru praktekkin #1-3 aja, mau bikin fan page tapi rasanya belom pantes gimana gitu huehehe

    suika-lovers.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak. Blog ini belum terlalu bagus untuk dibuatin fanpage. Tapi kedepan insyaAllah lah yaa.

      Delete

You can comment in English or Bahasa Indonesia
No Spam !